SEMUA ARTIKEL

SEMUA ARTIKEL

ARK INVEST RAMALKAN POTENSI LONJAKAN HARGA BTC !

Story by : satrio
Category at: Berita
Published : February 01, 2024
Dilihat: 173 kali

Konsultan Perdagangan yang sudah berkiprah di dunia trading selama lebih dari 5 tahun di Pasar Modal yang membantu Trader dan Investor professional mendapatkan layanan, rekomendasi, dan strategi handal. Ia lulus dari Universitas Brawijaya dan memperoleh gelar Sarjana Ekonomi di bidang Manajemen Bisnis. Selain itu, juga memiliki pengetahuan dalam pasar forex dan cryptocurrency..


zoom

Sumber: Coindesk

       Dalam dunia mata uang kripto yang sudah terpercaya oleh para investor besar dan venture capital seperti Ark Invest, dalam laporannya institusi ini membahas potensi dari investasi Bitcoin. Laporan ini diungkap melalui akun X jurnalis kripto dari Tiongkok bernama Wu Blockchain, menawarkan prediksi berani tentang posisi Bitcoin dalam portofolio investasi masa depan. Pada tahun 2023, diperkirakan proporsi alokasi optimal Bitcoin sebesar 19,4 persen, meningkat secara signifikan dari yang hanya 0,5% pada tahun 2015. Perubahan drastis ini tidak hanya karena penerimaan yang sah oleh masyarakat global dan institusi keuangan tetapi juga potensinya dalam menghasilkan keuntungan yang tinggi. Dalam laporan ini, Ark Invest menyarankan korelasi langsung (positif) antara alokasi Bitcoin dan potensi harganya ke depan. Jika secara global, 1 persen dari portofolio investasi dialokasikan ke Bitcoin, potensi harganya bisa melonjak menjadi US$120,000 yang luar biasa. Namun jika alokasi ini mencapai 19,4 persen, seperti saran optimal ARK Invest, potensi harga Bitcoin (BTC) bisa melambung tinggi hingga US$2,3 juta. Angka-angka ini menunjukan kepercayaan besar ARK Invest pada kinerja masa depan Bitcoin. Sikap Bullish terhadap Bitcoin oleh Ark Invest sejalan dengan tren peningkatan minat institusional terhadap kripto seperti disetujuinya ETF Bitcoin dan adopsi kripto oleh nama-nama besar seperti Blackrock, Grayscale, JP Morgan, dan lainnya. Untuk dapat melihat outlook Bitcoin ke depan terdapat sebuah metode yang dinamakan analisis on-chain.

 

TENTANG ARK INVEST

Foto: Cathie Wood, Founder dan CEO Ark Invest

Sumber: Forbes

       ARK adalah manajer aset global yang berspesialisasi dalam investasi tematik dalam inovasi disruptif. Perusahaan ini memiliki pengalaman lebih dari 40 tahun dalam berinvestasi pada teknologi yang bertujuan untuk menghasilkan pertumbuhan besar seiring dengan transformasi industri. Melalui proses penelitian terbuka, ARK berupaya mengidentifikasi perusahaan-perusahaan yang memimpin dan memperoleh manfaat dari inovasi lintas sektor seperti kecerdasan buatan, robotika, penyimpanan energi, pengurutan DNA, dan teknologi blockchain. Dalam meramal harga Bitcoin, tentunya perusahaan ini menggunakan teknik analisa on-chain dalam aktivitasnya. Analisis on-chain mengambil data kegiatan perdagangan cryptocurrency dari buku besar publik (public ledger). Pengumpulan data ini sangat penting karena mengambil data dari blockchain yang terbuka sehingga membantu para trader membuat keputusan dalam trading kripto.

 

Analisis On-Chain menggunakan aSOPR

Foto: Indikator Rasio Untung-Rugi yang Tercapai Bitcoin (aSOPR)

Sumber: CryptoQuant

       Rasio Keuntungan Output yang Disesuaikan (aSOPR) adalah rasio output yang dibelanjakan (bertahan lebih dari satu jam) dalam keuntungan pada saat jendela tersebut. Ini dihitung sebagai nilai USD dari output yang dikeluarkan pada waktu yang dihabiskan (nilai realisasi) dibagi dengan nilai USD dari output yang dikeluarkan pada waktu yang dibuat (nilai pada saat pembuatan). Penyesuaian dilakukan pada SOPR dengan tidak memperhitungkan pergerakan koin yang umurnya lebih sedikit. Jika nilai aSOPR lebih besar dari 1 ( aSOPR > 1) artinya, koin yang dipindahkan dalam jangka waktu tertentu rata-rata dijual dengan untung. Jika nilai aSOPR tepat 1 ( SOPR =1 ) artinya, koin yang dipindahkan dalam skala waktu tertentu rata-rata menjual koin pada titik impas. Jika nilai aSOPR kurang dari 1 ( SOPR < 1) artinya, koin yang dipindahkan dalam jangka waktu tertentu rata-rata dijual dengan kerugian. Dengan memeriksa tren-tren aSOPR yang lebih tinggi menyiratkan keuntungan yang direalisasikan dengan potensi pasokan yang sebelumnya tidak likuid dikembalikan ke sirkulasi likuid. Tren aSOPR yang lebih rendah menyiratkan kerugian sedang terjadi dan/atau koin yang menguntungkan tidak dibelanjakan. Skenarionya secara historis, di tengah sentimen bullish, koreksi pasar dimulai tepat sebelum pergerakan bullish dimulai dan membuat SOPR turun di bawah '1'. Ini bisa menjadi waktu yang tepat untuk membeli sebelum kenaikan dimulai. Di tengah sentimen bearish, koreksi pasar dimulai tepat sebelum pasar bearish mulai membuat SOPR naik ke atas '1'. Ini mungkin waktu yang tepat untuk menjual sebelum pasar bearish dimulai. Berdasarkan nilai aSOPR saat ini, nilainya sudah berada di atas ‘1’ yang berarti rata-rata investor sedang melakukan penjualan atas perdagangan Bitcoin mereka dalam 24 jam terakhir sehingga saat ini Bitcoin dalam tekanan yang kuat yang menyebabkan tertahan lajunya untuk memulai fase Bullish.

 

Peran Fund Market Premium dalam Performa Bitcoin

Foto: Fund Market Premium Sentiment Analysis Tools

Sumber: CryptoQuant

       Premium Pasar Dana (Fund Market Premiu mencerminkan perbedaan antara harga pasar suatu aset keuangan (market coin price), seperti Grayscale Bitcoin Trust (GBTC), dan Nilai Aset Bersih (NAV). Premi positif (1.3358) menunjukkan optimisme dan permintaan investor, sedangkan premi negatif menunjukkan sebaliknya. Karena harga Bitcoin berada di kisaran $42.000, Fund Market Premium berada pada lintasan yang meningkat. Tren naik yang konsisten ini menandakan meningkatnya minat investor untuk mengakumulasi Bitcoin secara tidak langsung melalui instrumen keuangan seperti GBTC (Grayscale). Pada saat yang sama, terjadi peningkatan signifikan dalam aktivitas penjualan dari pemegang saham jangka pendek. Pergeseran ini menunjukkan adanya perpindahan kepemilikan dari pedagang jangka pendek ke investor jangka panjang, sebuah fenomena yang sering dikaitkan dengan kenaikan harga. Kenaikan berkelanjutan dalam Fund Market Premium dan masuknya pemegang jangka panjang yang mengumpulkan Bitcoin menunjukkan sentimen pasar yang kuat yang mendukung mata uang kripto tersebut. Kesediaan investor jangka panjang untuk memperoleh aset dari pedagang jangka pendek menyiratkan keyakinan terhadap nilai Bitcoin di masa depan, sehingga meningkatkan permintaan. Skenario saat ini menunjukkan prospek positif terhadap harga Bitcoin. Agar pasar dapat menyaksikan momentum kenaikan lebih lanjut, penting bagi Fund Market Premium untuk melanjutkan kenaikannya. Jika metrik ini terus berada dalam tren kenaikannya dan harga Bitcoin melampaui level kritis $49,000, hal ini dapat memicu lonjakan harga yang besar. Ketika pemegang jangka panjang terus terakumulasi, pasokan berkurang, sehingga meningkatkan potensi apresiasi harga. Menganalisis metrik ini dapat memberikan wawasan berharga mengenai sentimen pasar dan potensi pergerakan harga Bitcoin. Sebenarnya masih ada banyak alat yang dapat digunakan untuk menganalisa dan memprediksi arah dari harga Bitcoin ke depan seperti Stock-to-Flow Ratio (S/F), Stablecoin supply ration (SSR), dan Market Value to Realized Value (MVRV). Namun kali ini pembahasannya adalah aSOPR dan Fund Market Premium. Jadi, kamu bisa memiliki kesempatan profit dengan trading futures Bitcoin (BTC/USD) di Orbi Trade. Yuk! Trading bersama Orbi Trade. Orbi Trade “Trading with Guarantee”.

 

REKOMENDASI TRADING

Gambar BTCUSD H4 Chart

Sumber: Orbi Trade

       Halo traders! Price Action BTCUSD pada timeframe H4 hari ini terlihat telah berpotensi membentuk Bullish Reversal, yang didukung dengan adanya rejection pada area resistance dan breakout middle band dari indikator Bollinger Band serta histogram MACD yang mengarah ke bawah, karenanya harga berpotensi melemah sampai area Classic Support. Maka peluang untuk melakukan order entry Sell bisa dilakukan.

Trading yang disarankan bisa mencari entry saat breakout atau pullback pada timeframe yang lebih kecil.

 

KESIMPULAN:

       Melihat dari potensi besar harga Bitcoin ke depannya, traders dapat memanfaatkan peluang ini untuk melakukan perdagangan di pair BTC/USD dan bisa menggunakan indikator aSOPR dan Fund Market Premium untuk analisis on-chain Bitcoin. Perlu diperhatikan bahwa indikator ini bukan merupakan satu-satunya alat yang harus digunakan oleh traders. Indikator ini hanya alat pelengkap dalam mempertimbangkan keputusan beli dan jual aset BTC dalam Orbi Trade. Traders juga harus menggunakan analisa teknikal dan strategi yang tepat dan sesuai dengan gaya trading masing-masing. Selalu atur money management dengan baik untuk menghindari kerugian yang besar dalam trading market CFD.

 

DISCLAIMER

       Pendapat, penelitian, analisis, atau informasi lain apa pun yang diberikan hanya untuk tujuan pendidikan dan bukan merupakan nasihat investasi atau keuangan, dan tidak dapat ditafsirkan sebagai rekomendasi untuk tindakan tertentu. Tidak ada pernyataan yang dibuat bahwa siapa pun yang menggunakan layanan ORBI TRADE akan mendapat untung atau tidak akan mengalami kerugian. ORBI TRADE tidak menjanjikan atau menjamin pendapatan atau hasil tertentu apa pun dari penggunaan Anda atas informasi yang terkandung di sini. Kinerja masa lalu belum tentu menunjukkan hasil di masa depan. Perdagangan dan investasi pada dasarnya adalah aktivitas yang berisiko dan hanya boleh dilakukan oleh orang-orang yang mampu menerima risiko tersebut dan kemungkinan kehilangan seluruh modal yang mereka investasikan untuk aktivitas tersebut, dan dalam beberapa kasus bahkan lebih besar lagi. Jangan berdagang dengan uang yang Anda tidak mampu kehilangannya. Anda bertanggung jawab penuh atas setiap keputusan investasi yang Anda buat, dan keputusan tersebut akan didasarkan sepenuhnya pada evaluasi Anda terhadap keadaan keuangan Anda, tujuan investasi, toleransi risiko, dan kebutuhan likuiditas.

 


Artikel Terkait