SEMUA ARTIKEL

SEMUA ARTIKEL

ATURAN PENTING DALAM DAY TRADING

Story by : Debby Lukito Goeyardi
Category at: SEPUTAR FOREX
Published : August 26, 2020
Dilihat: 2753 kali

Debby Lukito Goeyardi adalah seorang penulis yang sudah menerbitkan belasan buku. Dengan bekal ilmu dari jurusan Business Administration di Kennedy-Western University, Debby siap memasuki dunia pasar keuangan bersama PT. Astronacci International.


zoom

Satu fakta yang harus dipahami oleh para trader, yaitu bahwa day trading merupakan salah satu dari gaya perdagangan yang memiliki risiko. Namun, jika Anda tetap memutuskan untuk menjalankan day trading, ada banyak aturan penting yang lebih aman bagi Anda dalam menghasilkan keuntungan. 

Banyak yang mengatakan bahwa sebagian orang ada  yang memilih day trading karena mereka menikmati sensasi dalam membuat perdagangan yang menguntungkan serta perasaan yang meluap-luap saat berhasil melakukan banyak perdagangan pada hari tertentu. Jika Anda merupakan salah satu dari orang-orang seperti ini, berarti Anda pun sudah siap dengan segala risiko yang mungkin muncul.  

Pada akhirnya, alasan utama mengapa kebanyakan orang mengalami kebangkrutan adalah karena mereka terlalu mengambil risiko dalam perdagangan yang akhirnya malah membuat kesalahan bodoh. Berita bagusnya: ada beberapa cara untuk mengurangi jumlah risiko yang mungkin Anda hadapi dalam melakukan day trading.

 

Entry level

Menentukan level entri yang tepat ering kali dapat berarti perbedaan antara menghasilkan profit (untung) atau malah loss (rugi). Ketika Anda memutuskan bahwa satu perdagangan ini sudah siap untuk masuk, maka Anda harus bertindak cepat dan tidak menunda keputusan Anda karena banyak hal bisa berubah dengan begitu cepat dalam dunia day trading. Kegagalan untuk memanfaatkan peluang berarti Anda kehilangan kesempatan. 

 

Sumber: analyticsinsight.net

 

Target keuntungan

Putuskan  target keuntungan Anda untuk setiap perdagangan yang Anda lakukan. Miliki angka tertentu agar Anda dapat mengukur kemajuan Anda secara akurat. Setiap trader handal memiliki strategi jangka panjang untuk menghasilkan keuntungan yang konsisten. Anda pun dapat mencapai keuntungan ini dengan menetapkan target keuntungan Anda pada setiap perdagangan yang Anda lakukan.   

 

Stop loss

Tujuan utama dari day trading adalah untuk menghasilkan profit yang konsisten sekaligus meminimalkan loss atau kerugian Anda. Dengan pandangan ini, Anda sebaiknya menetapkan stop loss pada setiap perdagangan yang Anda lakukan. Dalam hidup, segala sesuatu bisa saja terjadi di luar rencana kita. Hal ini juga berlaku untuk day trading. Pasar bisa tiba-tiba berubah di saat terbaik dan banyak hal bisa terjadi dalam sekejap mata. Penting bagi Anda untuk menentukan seberapa banyak Anda bersedia kehilangan sejumlah uang dalam trading. Hal ini akan bermanfaat jika ada yang salah, sehingga Anda tidak akan mengganggu saldo tabungan Anda. 

 

Overtrading

Trader selalu menghadapi godaan untuk melakukan perdagangan secara berlebihan. Masalah utama dengan overtrading adalah Anda tidak dapat menganalisis setiap perdagangan dengan benar. Jika ini terjadi, lebih baik Anda hanya memilih beberapa perdagangan dalam sehari berdasarkan pasar yang paling Anda kenal dan tetap berpegang pada strategi day trading yang sudah Anda tetapkan.  

 

sumber: contracts-for-difference.com

 

Hindari sikap reaktif, tapi miliki sikap proaktif

Pastikan fokus utama Anda harus selalu pada rencana day trading yang sudah Anda tetapkan sehingga Anda tetap memegang kendali setiap saat secara proaktif. Masalah akan muncul saat Anda tidak mengikuti rencana Anda dan mulai menjadi reaktif terhadap hal-hal  yang terjadi di pasar.   

 

2 persen dari modal perdagangan Anda

Ketika Anda memulai day trading, pastikan Anda tidak mengambil risiko lebih dari 2 persen dari modal perdagangan Anda pada satu trading.


Artikel Terkait