SEMUA ARTIKEL

SEMUA ARTIKEL

BITCOIN AMBRUK, KESEMPATAN EMAS UNTUK BELI!

Story by : satrio
Category at: Berita
Published : January 05, 2024
Dilihat: 221 kali

Konsultan Perdagangan yang sudah berkiprah di dunia trading selama lebih dari 5 tahun di Pasar Modal yang membantu Trader dan Investor professional mendapatkan layanan, rekomendasi, dan strategi handal. Ia lulus dari Universitas Brawijaya dan memperoleh gelar Sarjana Ekonomi di bidang Manajemen Bisnis. Selain itu, juga memiliki pengetahuan dalam pasar forex dan cryptocurrency..


zoom

       2 hari lalu, sebuah kejadian mengejutkan terjadi pada pasar cryptocurrency, yakni Bitcoin. Pasca mencapai lebih dari US$45000, secara tiba-tiba hanya dalam hitungan jam harga Bitcoin ambles hingga 25% dari US$45961 ke US$36632. Hal ini tentu bukanlah hal yang wajar karena di saat mendekati Bitcoin Halving investor seharusnya sedang ramai berbelanja Bitcoin yang menaikkan nilai pasar dari koin tersebut. Tetapi justru harga Bitcoin ambruk dengan cepat bahkan sampai membuat ekor candlestick yang sangat dalam. Kemudian rebound lagi akibat banyaknya investor yang peka akan kesempatan emas ini sehingga membuat pemompaan harga kembali terjadi hingga saat ini. Setelah tim kami melakukan riset. Dari berbagai kemungkinan kenapa hal ini bisa terjadi adalah karena ada rumor negatif atau bisa dikatakan FUD tentang masa depan pengajuan Bitcoin Spot ETF bahwa akan ditolak oleh SEC (S bulan ini. Pada tahun 2023, lalu telah diajukan proposal mengenai Bitcoin ETF oleh perusahaan manajemen aset terbesar di dunia, Blackrock.

 

APA ITU ETF BITCOIN?

Sumber: Pintu

       ETF atau kepanjangannya Exchange-traded Fund atau ETF adalah sarana investasi yang bergerak dengan nilai aset dasar mereka. Dengan ETF, memungkinkan seorang investor untuk mencoba memasuki suatu pasar tanpa adanya risiko membeli aset itu sendiri. Aset dasar ETF dapat berupa komoditas, saham, obligasi atau bahkan kombinasi dari aset-aset ini. ETF sangatlah berguna untuk mitigasi risiko dan sebagai alat untuk investor kripto baru. ETF Bitcoin adalah instrument investasi yang akan bergerak sesuai dengan harga Bitcoin. ETF Bitcoin memiliki potensi untuk menghilangkan masalah-masalah keamanan  dan instabilitas pasar Bitcoin.     

 

BAGAIMANA CARA KERJA BITCOIN ETF?

Gambar: Skema Bitcoin ETF

Sumber: Pintu

       ETF terikat dengan sebuah indeks dan kinerja ETF melacak kinerja indeks yang mendasarinya. Maka ETF Bitcoin aset dasarnya adalah Bitcoin. Seperti pada gambar di atas, ETF ini cara kerjanya mirip dengan kontrak berjangka, dimana harga akan mengikuti pergerakan aset tanpa harus memiliki aset fisiknya secara langsung. Jika Bitcoin meningkat nilainya, begitu pula ETF, dan sebaliknya. Memiliki ETF Bitcoin dan memiliki Bitcoin adalah dua hal yang berbeda. ETF menambahkan lapisan insulasi dan keamanan karena uang investor terikat pada harga bukan pada aset digital tersebut. ETF nanti aka nada dua, yaitu Bitcoin ETF Futures dan Spot. ETF Bitcoin Futures adalah sebuah dana yang mewakili nilai dari BTC yang bisa dibeli atau jual berdasarkan kondisi kontrak. Bitcoin spot ETF adalah jenis dana investasi yang secara langsung memegang Bitcoin sebagai aset dasarnya.
 

KEUNTUNGAN ADANYA BITCOIN ETF

Sumber: Pintu

       Ada dua keuntungan dari hadirnya Bitcoin ETF di pasar cryptocurrency. Pertama praktis, berinvestasi dalam ETF Bitcoin cukup praktis bagi yang tidak ingin memiliki wallet aset kripto, beli dan jual, dan lain-lain secara langsung. Kedua, diversifikasi, ETF dapat menampung lebih dari satu aset. Misalnya dapat menampung ETF Bitcoin, saham Apple, saham Facebook sehingga mengurangi risiko yang akan timbul kepada portofolio investor tersebut. ETF tentu ada kekurangannya. Pertama dari sisi biaya manajemennya. ETF biasanya membebankan biaya manajemen untuk kenyamanan yang diberikan, oleh karena itu memiliki ETF Bitcoin dapat mengakibatkan biaya manajemen yang tinggi dari waktu ke waktu. Kedua, sisi ketidaktepatan ETF. Kenaikan harga Bitcoin sebesar 50% mungkin tidak tercermin secara akurat dalam nilai dana yang diperdagangkan di bursa karena kepemilikan lain. Ketiga, tidak memiliki langsung Bitcoin. Dengan ETF, investor tidak perlu memiliki Bitcoin ke dalam walletnya. Ini membuat investor kurang mendapatkan eksposur pada Bitcoin.

       Tentunya belum ada berita resmi dari SEC (Securities and Exchange Commision) bahwa adanya penolakan pengajuan Bitcoin ETF. Yuk! Trading bersama Orbi Trade supaya kamu berpotensi mendapatkan penghasilan tambahan sehari-hari. Orbi Trade “Trading with Guarantee”.

 

REKOMENDASI TRADING

Gambar BTC/USD H4 Chart

Sumber: Meta Trader 5 Orbi Trade

       Halo traders! Price Action BTC/USD pada timeframe H4 hari ini sedang berpotensi membentuk Bullish Continuation, yang didukung oleh rejection pada area support namun pergerakan indikator momentum mengarah ke bawah pada area netral, karenanya harga berpotensi melemah dahulu sebelum menguat sampai dengan area harmonic resistance, maka peluang untuk melakukan order entry Buy bisa dilakukan.

Trading yang disarankan Bisa mencari entry saat breakout atau pullback pada timeframe yang lebih kecil.

 

KESIMPULAN:

       Melihat dari posisi bitcoin sekarang, memang Bitcoin ETF menjadi penentu masa depan Bitcoin, tetapi bukanlah akhir dari segalanya jika Bitcoin ETF tidak disetujui. Mengapa demikian? Karena Bitcoin sejak awal diciptakan sudah terkomputerisasi dan secara otomatis memangkas supplynya setiap 4 tahun sekali dan tidak akan berhenti selama internet masih eksis di dunia. Bitcoin ETF hanya sebagai pendukung dari pasar cryptocurrency. Jadi bagi yang ingin berinvestasi maupun trading di market crypto tidak usah khawatir akan ditolak atau rumor negatif tentang Bitcoin ETF.

 

DISCLAIMER

       Pendapat, penelitian, analisis, atau informasi lain apa pun yang diberikan hanya untuk tujuan pendidikan dan bukan merupakan nasihat investasi atau keuangan, dan tidak dapat ditafsirkan sebagai rekomendasi untuk tindakan tertentu. Tidak ada pernyataan yang dibuat bahwa siapa pun yang menggunakan layanan ORBI TRADE akan mendapat untung atau tidak akan mengalami kerugian. ORBI TRADE tidak menjanjikan atau menjamin pendapatan atau hasil tertentu apa pun dari penggunaan Anda atas informasi yang terkandung di sini. Kinerja masa lalu belum tentu menunjukkan hasil di masa depan. Perdagangan dan investasi pada dasarnya adalah aktivitas yang berisiko dan hanya boleh dilakukan oleh orang-orang yang mampu menerima risiko tersebut dan kemungkinan kehilangan seluruh modal yang mereka investasikan untuk aktivitas tersebut, dan dalam beberapa kasus bahkan lebih besar lagi. Jangan berdagang dengan uang yang Anda tidak mampu kehilangannya. Anda bertanggung jawab penuh atas setiap keputusan investasi yang Anda buat, dan keputusan tersebut akan didasarkan sepenuhnya pada evaluasi Anda terhadap keadaan keuangan Anda, tujuan investasi, toleransi risiko, dan kebutuhan likuiditas.

 

 

 


Artikel Terkait