SEMUA ARTIKEL

SEMUA ARTIKEL

BITCOIN ETF DISETUJUI! POTENSI LONG DI FUTURES

Story by : satrio
Category at: Berita
Published : January 11, 2024
Dilihat: 174 kali

Konsultan Perdagangan yang sudah berkiprah di dunia trading selama lebih dari 5 tahun di Pasar Modal yang membantu Trader dan Investor professional mendapatkan layanan, rekomendasi, dan strategi handal. Ia lulus dari Universitas Brawijaya dan memperoleh gelar Sarjana Ekonomi di bidang Manajemen Bisnis. Selain itu, juga memiliki pengetahuan dalam pasar forex dan cryptocurrency..


zoom

       Hari ini, menjadi sejarah dalam industri aset kripto. Akhirnya, setelah 11 tahun penolakan atas pengajuan Bitcoin ETF tepat hari ini 11 Januari 2024 telah disetujui secara resmi. Merupakan perjalanan panjang untuk menyetujui Bitcoin ETF Spot di Amerika Serikat. Pengajuan ini dimulai dari sebuah entitas yang berafiliasi dengan Winklevoss bersaudara pada tahun 2013 mengirimkan aplikasi pertama untuk produk keuangan ini ke SEC. Walaupun persetujuan tersebut akhirnya ditolak, ETF Bitcoin berdasarkan produk berjangka akhirnya disetujui oleh SEC mulai 2021. Namun sejumlah besar Bitcoin ETF berbasis spot telah ditolak beberapa kali dengan alasan bahwa sifat bitcoin yang tidak diatur menciptakan terlalu banyak risiko serta kerugian bagi investor dan terdapat potensi manipulasi pasar di pasar spot. Namun permohonan Blackrock untuk produk bitcoin pada bulan juni 2023 tahun lalulah yang mengumpulkan momentum dibalik gagasan tersebut. Melalui situs resminya, SEC mengumumkan bahwa SEC menyetujui sejumlah berkas Bitcoin ETF Spot.

 

DAFTAR ETF YANG DISETUJUI

Foto: Dokumen persetujuan Bitcoin ETF oleh SEC

Sumber: Watcher Guru (akun X)

       Sebenarnya ada 13 pengajuan Bitcoin ETF, namun yang baru disetujui hanya 11 pemohon. Nama-nama tersebut yaitu Blackrock, Ark 21 Shares, WisdomTree, Invesco Galaxy, Bitwise, VanEck, Franklin, Fidelity, Valkyrie, Grayscale, dan Hashdex. Walaupun telah disetujui, namun Gary Gensler selaku pemimpin dalam institusi SEC tetap berpandangan bahwa Bitcoin dan crypto adalah aset berisiko dan mudah berubah sehingga persetujuan ini bukanlah merupakan bentuk dukungan terhadap Bitcoin atau industry kripto secara umum. Penandatanganan ini bertujuan untuk persetujuan peraturan yang kemungkinan mengurangi ketakutan investor kripto untuk berinvestasi pada perusahaan keuangan yang sudah mapan.

 

DAMPAK DAN MANFAAT PERSETUJUAN ETF

Sumber: Medium

       Apabila kilas balik pada saat sebelum ETF Gold disetujui, pergerakan harga emas di pasar tidak begitu mengalami kenaikan yang berarti. Lalu, setelah ETF emas disetujui, peningkatan emas selama tahun-tahun berikutnya mengalami kenaikan drastis yang berkepanjangan. Bitcoin ETF adalah dana yang diperdagangkan di bursa yang secara khusus melacak harga kripto dan memungkinkan para trader untuk mencoba memasuki pasar kripto tanpa secara langsung memiliki aset kripto. Produk keuangan yang baru disetujui ini memungkinkan investor, terutama investor retail, untuk mendapatkan akses ke Bitcoin tanpa perlu menyimpan investasi mereka di dompet Bitcoin. Sebaliknya, mereka hanya menyimpan ETF di akun pialang mereka. Persetujuan ini dengan optimisme akan menarik perhatian para investor besar untuk menginvestasikan uangnya ke Bitcoin ETF Spot. Dan karena harga Bitcoin di pasar kripto dengan Bitcoin ETF itu tidak ada bedanya, maka secara langsung juga akan meningkatkan valuasi dari Bitcoin dan mengurangi supply dari Bitcoin tersebut sehingga membantu menaikkan harga Bitcoin secara substansial dalam beberapa bulan ke depan hingga mencapai harga tertinggi baru di tahun 2025 (new ath). Dari histori persetujuan ETF emas pada 2004 lalu, investor dapat berekspektasi akan terjadi peningkatan harga yang sangat tinggi dalam harga Bitcoin, seperti ETF emas dahulu.

 

RESPON KITA SEBAGAI TRADERS DAN INVESTOR

Sumber: Reuters

       Yang perlu kamu traders dan investor tahu adalah Bitcoin adalah aset baru yang disetujui ETFnya oleh SEC. Umur Bitcoin juga masih tidak selama umur aset lain seperti emas. Sehingga kamu traders spot, futures, dan investor perlu memahami bahwa Bitcoin merupakan aset yang memiliki risiko tinggi karena volatilitasnya. Oleh karena itu dihimbau untuk berhati-hati baik dalam mengambil posisi beli maupun jual. Jika kamu adalah seorang investor jangka panjang baik itu di Bitcoin maupun aset kripto lainnya, maka kamu perlu melakukan analisa fundamental secara mendalam terhadap masa depan Bitcoin maupun projek kripto dari koin alternatif lainnya. Dan jika kamu adalah seorang traders, perlu kamu ketahui, bahwa kemampuan analisa teknikal saja tidak cukup. Karena pergerakan harga Bitcoin mengikuti aliran dana yang masuk ke dalam jaringan blockchain dari Bitcoin sendiri, atau disebut dengan analisis on-chain. Sehingga perlu digarisbawahi bahwa perlu pertimbangan yang sangat matang dalam pengambilan keputusan. Memang jika dilihat dari analisa berdasarkan 4 siklus dalam teori 28 November, terbukti bahwa Bitcoin memang memiliki fase setiap tahun dan itu bisa kamu jadikan patokan untuk menentukan titik entry dan exit dari Bitcoin atau aset kripto lain jika kamu memilih untuk hit and run dalam pasar kripto. Nah, jadi manfaatkan peluang dari persetujuan Bitcoin ETF ini untuk kamu dapat profit dari trading futures di Orbi Trade. Yuk! Trading bersama Orbi Trade “Trading with Guarantee”.

 

REKOMENDASI TRADING

Gambar BTC/USD H4 Chart

Sumber: Orbi Trade

       Halo traders! Price Action BTC/USD pada timeframe H4 hari ini sedang berpotensi mengembangkan pola Bullish Correction, yang didukung dengan adanya rejection pada area resistance dan rejection dari upper band dari indikator Bollinger Band, karenanya harga berpotensi melemah dahulu sebelum menguat sampai dengan area Harmonic Resistance. Maka peluang untuk melakukan order entry Buy bisa dilakukan.

Trading yang disarankan bisa mencari entry saat breakout atau pullback pada timeframe yang lebih kecil.

 

KESIMPULAN:

        Melihat dari berita persetujuan Bitcoin ETF ini, ada dampak jangka panjang untuk harga Bitcoin itu sendiri. Dampaknya terletak dari potensi meluasnya adopsi Bitcoin ke seluruh investor besar di seluruh dunia. Sehingga secara jangka panjang berpotensi untuk mengalami kenaikan harga yang sangat tinggi. Sehingga masa depan Bitcoin dari adanya Bitcoin ETF ini dapat dikatakan cerah. Baik investor dan traders wajib memahami risiko sebelum masuk ke pasar kripto, khususnya Bitcoin.

 

DISCLAIMER

       Pendapat, penelitian, analisis, atau informasi lain apa pun yang diberikan hanya untuk tujuan pendidikan dan bukan merupakan nasihat investasi atau keuangan, dan tidak dapat ditafsirkan sebagai rekomendasi untuk tindakan tertentu. Tidak ada pernyataan yang dibuat bahwa siapa pun yang menggunakan layanan ORBI TRADE akan mendapat untung atau tidak akan mengalami kerugian. ORBI TRADE tidak menjanjikan atau menjamin pendapatan atau hasil tertentu apa pun dari penggunaan Anda atas informasi yang terkandung di sini. Kinerja masa lalu belum tentu menunjukkan hasil di masa depan. Perdagangan dan investasi pada dasarnya adalah aktivitas yang berisiko dan hanya boleh dilakukan oleh orang-orang yang mampu menerima risiko tersebut dan kemungkinan kehilangan seluruh modal yang mereka investasikan untuk aktivitas tersebut, dan dalam beberapa kasus bahkan lebih besar lagi. Jangan berdagang dengan uang yang Anda tidak mampu kehilangannya. Anda bertanggung jawab penuh atas setiap keputusan investasi yang Anda buat, dan keputusan tersebut akan didasarkan sepenuhnya pada evaluasi Anda terhadap keadaan keuangan Anda, tujuan investasi, toleransi risiko, dan kebutuhan likuiditas.

 

 


Artikel Terkait