SEMUA ARTIKEL

SEMUA ARTIKEL

BITCOIN MEMBUAT ATH BARU SEBELUM HALVING, CATAT PREDIKSI INI!

Story by : satrio
Category at: Berita
Published : March 14, 2024
Dilihat: 221 kali

Konsultan Perdagangan yang sudah berkiprah di dunia trading selama lebih dari 5 tahun di Pasar Modal yang membantu Trader dan Investor professional mendapatkan layanan, rekomendasi, dan strategi handal. Ia lulus dari Universitas Brawijaya dan memperoleh gelar Sarjana Ekonomi di bidang Manajemen Bisnis. Selain itu, juga memiliki pengetahuan dalam pasar forex dan cryptocurrency..


zoom

Sumber: Coinmarketcap

       Untuk pertama kalinya dalam sejarah selama 3 siklus, Bitcoin mencetak titik tertinggi baru (new ATH) sebelum Halving terjadi. Hal ini merupakan sebuah anomali. Hal ini dikarenakan pada siklus 4 tahunan Bitcoin sebelumnya, Bitcoin mencapai ATH dan bahkan harga tertinggi baru (new ATH) setelah Halving terjadi. Pada halving pertama 28 November 2012, Bitcoin membuat ATH baru pada 28 Februari 13. Lalu halving kedua di 9 Juli 2016, Bitcoin membuat ATH baru pada 17 Desember 2016. Halving ketiga di 11 Mei 2020, Bitcoin membuat ATH baru pada 31 Oktober 2020. Namun pada siklus sekarang, Bitcoin berhasil membuat ATH baru pada 8 Maret 2024 kemarin. Padahal Halving baru akan terjadi pada bulan April 2024. Ini merupakan anomali pasar dan merupakan kejutan bagi penggiat kripto. Hal ini terjadi lantaran pada bull-run tahunan kali ini, Bitcoin tidak lagi didominasi oleh investor retail, namun institusi yang memiliki dana jumbo hingga miliaran dollar. Tentu saja ini berdampak pada perputaran dan volume transaksi di dalam jaringan Bitcoin.

 

BLOCK TIME SEMAKIN CEPAT, SINYAL POSITIF

Foto: Waktu rata-rata yang dibutuhkan untuk membuat 1 blok Bitcoin (Blocktime)

Sumber: Bit Info Charts

       Bitcoin Halving adalah sebuah peristiwa di mana secara otomatis, sistem jaringan Bitcoin akan memangkas bonus reward Bitcoin menjadi 2 bagian kepada para penambang Bitcoin setiap 210,000 blok berhasil terbentuk. Setiap transaksi (transfer antar wallet) antar pengguna kripto membutuhkan validasi dan verifikasi yang dilakukan oleh sistem komputasi penambang melalui hardware (komputer dengan spesifikasi tinggi). Satu transaksi yang terjadi ketika sudah berhasil akan menjadi 1 blok utuh. Pembentukan 1 blok sampai jadi, rata-rata membutuhkan 10 menit. Namun, pada hari ini blocktime Bitcoin berkurang menjadi hanya 9 menit. Bahkan block time terendah selama 3 tahun terakhir terjadi pada 23 Agustus 2021 dengan block time 7.31 menit. Hal ini tentunya diakibatkan oleh semakin luasnya adopsi Bitcoin secara global. Dengan banyaknya masyarakat yang aktif bertransaksi di Bitcoin, maka akan semakin cepat blok yang terbentuk karena banyaknya transaksi setiap harinya. Oleh karena itu, bukan merupakan hal yang mustahil jika semakin luas adopsi Bitcoin maka Halving akan berpotensi lebih cepat di luar perkiraan ahli blockchain.

 

PREDIKSI TANGGAL BITCOIN HALVING

Sumber: Asia Crypto Today

       Untuk dapat memprediksi tanggal halving, yang perlu dilakukan hanyalah dengan menghitung sisa blok yang belum terbentuk (5379) dikalikan dengan blocktime hari ini (9 menit). Kemudian jika dalam 1 jam ada 60 menit, maka bagi dengan 9 menit tadi. Hasilnya adalah 6,6 blok. Jadi dalam 1 jam terbentuk 7 blok jika dibulatkan. Jadi dalam 1 hari akan terbentuk 168 blok BTC. Maka untuk menentukan berapa hari lagi akan terjadi Bitcoin Halving, hanya dengan membagi antara blok yang belum terbentuk (5379 blok) dengan blok yang dapat terbentuk dalam 1 hari (168 blok). Maka akan didapat sekitar 32 hari lagi menuju Bitcoin Halving. Jika dihitung dari tanggal hari ini (14/03), maka Bitcoin Halving akan jatuh pada tanggal 15 April 2024. Namun, jika rata2 blocktime adalah 10 menit, maka Bitcoin halving akan jatuh pada tanggal 21 April 2024. Jadi, jika range blocktime BTC antara 9 sampai 10 menit maka Bitcoin Halving akan terjadi di antara tanggal 15 hingga 21 April 2024. Semua kembali lagi pada seberapa cepat pembentukan blok dan banyaknya aliran dana yang masuk ke jaringan Bitcoin.

 

PREDIKSI HARGA SAAT HALVING

Foto: Prediksi harga dan tanggal Bitcoin Halving

Sumber: Orbi Trade Analyst

          Jika mengacu pada tanggal dan harga historis dari pergerakan harga Bitcoin pada siklus Halving sebelumnya, analis Orbi memprediksi harga Bitcoin pada saat Halving Day, akan berkisar di range harga US$80,000 hingga US$90,000. Hal ini didasari dari harga close price halving sebulan sebelum Halving terjadi. Sebelum Halving 2012, harga Bitcoin menyentuh US$10,70 dan naik 13,36% saat Halving. Sebelum Halving 2016, harga Bitcoin menyentuh US$575,52 dan naik 11,81% saat Halving. Sebelum Halving 2020, harga Bitcoin menyentuh US$6888.70 dan naik 19,63% saat Halving. Maka kita akan mengambil rata-rata kenaikan sebelum halvingnya di angka 14,93%. Saat berita ini dibuat, Bitcoin berada pada harga US$73,549. Maka dengan mengacu pada harga sekarang, harga Bitcoin saat Halving akan berada di level US$84,530. Prediksi ini bisa saja meleset dan bukan merupakan ajakan untuk melakukan aksi trading atau investasi di Bitcoin market spot maupun CFD. Namun jika meleset pun, pada saat Bitcoin Halving, harga berada pada range US$80,000 hingga US$90,000.

 

PREDIKSI HARGA 1 BULAN SETELAH HALVING

Foto: Prediksi harga 1 bulan setelah Bitcoin Halving

Sumber: Orbi Trade Analyst

       Jika berpatokan pada prediksi harga saat Halving di US$84,530 maka harga 1 bulan setelah Halving 4 tahunan, Bitcoin akan jatuh sebanyak 9,80% dari harga saat Halving. Hal ini didasari jika kenaikan dan penurunan persentase harga Bitcoin berpola. Data di atas memprediksi Bitcoin akan berada pada harga US$76,247 1 bulan setelah Halving. Tentunya prediksi ini bisa saja meleset. Tapi jika meleset pun, diharapkan margin of errornya tidak besar. Jadi bisa diasumsikan bahwa 1 bulan setelah halving, Bitcoin akan berada pada range harga US$75,000an hingga US$80,000an. Maka ada potensi Bitcoin akan mengalami koreksi terlebih dulu sebelum lanjut reli kembali menemui harga All Time High terakhirnya di siklus kali ini. Jadi saat ini, trader dapat memanfaatkan momen bull-run market Bitcoin dengan trading di Orbi Trade dengan melakukan perdagangan di pair BTC/USD. Yuk! Trading bersama Orbi Trade. Orbi Trade “Trading with Guarantee”.

 

REKOMENDASI TRADING

Gambar BTC/USD H4 Chart

Sumber: Orbi Trade

       Halo traders! Price Action BTC/USD pada timeframe H4 hari ini terlihat telah membentuk Bullish Continuation, yang didukung dengan adanya rejection pada area support dan breakout middle band dari indikator Bollinger Band, karenanya harga berpotensi menguat sampai area Harmonic Resistance. Maka peluang untuk melakukan order entry Buy bisa dilakukan.

Trading yang disarankan bisa mencari entry saat breakout atau pullback pada timeframe yang lebih kecil.

 

KESIMPULAN:

      Melihat dari tren Bitcoin yang akan naik dalam beberapa hari ke depan, trader dihimbau untuk memanfaatkan momen emas saat ini. Analisa dengan hati-hati pergerakan Bitcoin, karena range kenaikan dan penurunan Bitcoin terkenal cukup tajam. Sehingga jika trader berdagang di pair BTC/USD walaupun dapat menghasilkan profit hingga ratusan pips, namun juga dapat menyebabkan kerugian yang besar jika tidak dianalisa secara mendalam dan bijak. Atur risk dan money management yang baik agar terhindar dari kerugian besar. Gunakan teknik dan strategi yang terbukti menghasilkan profit konsisten.

 

DISCLAIMER

       Pendapat, penelitian, analisis, atau informasi lain apa pun yang diberikan hanya untuk tujuan pendidikan dan bukan merupakan nasihat investasi atau keuangan, dan tidak dapat ditafsirkan sebagai rekomendasi untuk tindakan tertentu. Tidak ada pernyataan yang dibuat bahwa siapa pun yang menggunakan layanan ORBI TRADE akan mendapat untung atau tidak akan mengalami kerugian. ORBI TRADE tidak menjanjikan atau menjamin pendapatan atau hasil tertentu apa pun dari penggunaan Anda atas informasi yang terkandung di sini. Kinerja masa lalu belum tentu menunjukkan hasil di masa depan. Perdagangan dan investasi pada dasarnya adalah aktivitas yang berisiko dan hanya boleh dilakukan oleh orang-orang yang mampu menerima risiko tersebut dan kemungkinan kehilangan seluruh modal yang mereka investasikan untuk aktivitas tersebut, dan dalam beberapa kasus bahkan lebih besar lagi. Jangan berdagang dengan uang yang Anda tidak mampu kehilangannya. Anda bertanggung jawab penuh atas setiap keputusan investasi yang Anda buat, dan keputusan tersebut akan didasarkan sepenuhnya pada evaluasi Anda terhadap keadaan keuangan Anda, tujuan investasi, toleransi risiko, dan kebutuhan likuiditas.

 

 

 

 

 

 

 


Artikel Terkait