SEMUA ARTIKEL

SEMUA ARTIKEL

BITCOIN TINGGAL HITUNGAN HARI, INI TIPS SUPAYA CUANMU MAKSIMAL!

Story by : satrio
Category at: Berita
Published : April 10, 2024
Dilihat: 123 kali

Konsultan Perdagangan yang sudah berkiprah di dunia trading selama lebih dari 5 tahun di Pasar Modal yang membantu Trader dan Investor professional mendapatkan layanan, rekomendasi, dan strategi handal. Ia lulus dari Universitas Brawijaya dan memperoleh gelar Sarjana Ekonomi di bidang Manajemen Bisnis. Selain itu, juga memiliki pengetahuan dalam pasar forex dan cryptocurrency..


zoom

Gambar: Road to Bitcoin Halving 2024

Sumber: Xcoins

       Bitcoin halving, momen yang terjadi sekali dalam empat tahun kini hanya hitungan hari. Popularitas Bitcoin di seluruh dunia semakin meningkat dengan kehadiran sosial media. Banyak yang berantusias, namun tidak sedikit juga yang masih skeptis akan harga Bitcoin pasca halving. Bagi orang yang baru mengenal dunia kripto pasti mengira bahwa saat halving terjadi, disitulah saat yang tepat untuk menjual aset kripto. Padahal nyatanya, Halving adalah permulaan dari kenaikan signifikan yang akan terjadi selama minimal 1 tahun ke depan. Ibaratnya halving adalah “The beginning of the game”. Permainan dari bandar-bandar institusi yang memanipulasi pasar kripto dengan suntikan dana jumbo agar terjadi reli yang sangat masif. Bahkan masih tersebar juga isu-isu bahwa Bitcoin tidak akan mungkin akan naik lagi karena dinilai sudah terlalu mahal dan berpotensi jatuh ke harga nol. Nyatanya setelah melakukan riset mendalam terhadap isi codingan dari algoritma Bitcoin yang diciptakan oleh Satoshi Nakamoto, menyatakan sebaliknya. Bitcoin akan selalu naik karena nilainya yang terus meningkat dipicu oleh kelangkaan pasokan yang semakin terbatas. Jadi inilah tips-tips yang dapat meningkatkan performa portofoliomu dalam perdagangan pasca Bitcoin Halving.

 

PERDALAM ILMU TEKNIKAL

Gambar: Ilustrasi analisa teknikal

Sumber: Investopaper

       Tidak hanya Bitcoin, dalam pasar keuangan derivatif apapun, selalu ada harga jual dan harga beli yang dikonversikan ke dalam bentuk candlestick di dalam sebuah charting platform. Pergerakan harga di dalam grafik memiliki pola-pola khusus yang dapat digunakan untuk membantu trader atau investor dalam memprediksi arah harga di masa depan. Teknik atau ilmu ini disebut dengan analisa teknikal. Dalam memprediksi harga di masa depan ada beberapa teknik yang kamu dapat perdalam agar semakin peka dan lihai dalam menghadapi pergerakan harga yang fluktuatif. Yang penting untuk kamu perdalam diantaranya adalah SnR (Support and Resistance), SnD (Supply and Demand), Indikator harga (Stochastic, Moving Average, RSI, dll), serta alat pendukung lain seperti Fibonacci dan Time Analysis serta Astrology Trading yang bisa kamu dapatkan dari pembelian produk di Astronacci. Semua teknik ini dapat mendukung kamu meraih profit yang melimpah dalam menyongsong Bitcoin Halving 2024.

 

PENGELOLAAN RISIKO DAN UANG YANG BAIK

Gambar: Ilustrasi manajemen risiko dan keuangan

Sumber: Google

       Sehebat-hebatnya ilmu teknikal yang dikuasai oleh seorang trader akan sia-sia jika tidak diimbangi dengan pengelolaan risiko dan keuangan yang baik. Hal ini lantaran, industri ini (Contract for Difference) adalah bisnis yang memiliki risiko tinggi, walaupun uang yang didapatkan juga tinggi (high risk, high return). Beberapa dasar pengelolaan keuangan dan risiko yang patut untuk dipelajari adalah lot sizing, risk-to-reward ratio profiling, psychology trading, membuat jurnal trading, dan lain-lain. Semua ini bisa kamu dapatkan ilmunya hanya di Astronacci. Tanpa ilmu ini, kamu ibaratnya membangun rumah di atas bukit berpasir, mudah sewaktu-waktu rubuh karena pondasi yang tidak kuat. Untuk itu jangan meremehkan ilmu ini.

 

PELAJARI TEKNIK ANALISA ON-CHAIN

Sumber: Google

          Bitcoin tidak seperti aset-aset derivatif lain seperti saham, indeks, dan komoditas. Bitcoin juga bergerak 24 jam non-stop. Di dalam pasar kripto, semua aktivitas transaksi dicatat di dalam jaringan blockchain atau disebut dengan on-chain network. Sehingga semua aktivitas perdagangan Bitcoin dan semua kripto lain adalah transparan. Akibat transaparansi ini, kamu dapat menggunakan ini sebagai salah satu teknik tambahan untuk mengetahui potensi yang akan terjadi ke depan ketika ada transaksi whale (investor dengan dana raksasa). Analisa ini dapat secara ilmiah mendukung kamu dalam memprediksi apakah harga akan jatuh atau naik. Jika terdapat banyak alamat dompet kripto yang melakukan pembelian Bitcoin dalam jumlah besar (di atas 5000 Bitcoin) dalam hari itu atau dalam rentang waktu tertentu, maka artinya whale sedang mengakumulasi Bitcoin dan berpotensi untuk naik harganya dalam beberapa hari ke depan. Begitu pula sebaliknya, jika ada banyak whale yang menjual Bitcoin dalam jumlah besar (di atas 5000 Bitcoin) dalam sehari atau beberapa hari berturut-turut, maka berpotensi harga Bitcoin akan turun. Hal ini terbukti ketika saat Bitcoin jatuh sebanyak dua kali dalam sebulan yang diakibatkan oleh aksi jual Grayscale dan beberapa penerbit ETF lain. Website-website yang dapat kamu pergunakan untuk on-chain analysis seperti blockchair dan cryptoquant. Jadi, kamu dapat memanfaatkan tips-tips ini ini dengan trading di Orbi Trade dan melakukan perdagangan di pair BTC/USD. Yuk! Trading bersama Orbi Trade. Orbi Trade “Trading with Guarantee”.

 

REKOMENDASI TRADING

Gambar BTC/USD H4 Chart

Sumber: Orbi Trade

       Halo traders! Price Action BTC/USD pada time frame H4 hari ini terlihat berpotensi membentuk Bullish Continuation, yang didukung dengan adanya potensi rejection pada area harmonic support dan middle band dari indikator Bollinger Band namun histogram MACD bergerak turun, karenanya harga berpotensi melemah dalam koreksi terbatas sebelum menguat kembali sampai dengan area harmonic resistance. Maka berpeluang untuk mencari posisi Buy.

Trading yang disarankan bisa mencari entry saat breakout atau pullback pada time frame yang lebih kecil.

 

KESIMPULAN:

      Melihat dari tanggal halving yang sudah semakin dekat, harga yang berpotensi naik signifikan pasca halving dalam satu tahun ke depan, serta tips-tips yang bermanfaat untuk trading di Bitcoin, trader dihimbau untuk memanfaatkan peluang ini dengan melakukan perdagangan di market Bitcoin (BTC/USD). Tetap atur risk dan money management dengan baik untuk menghindari kerugian besar di trading. Gunakan teknik dan strategi yang terbukti menghasilkan profit konsisten. Selalu “do your own research”.

 

DISCLAIMER

       Pendapat, penelitian, analisis, atau informasi lain apa pun yang diberikan hanya untuk tujuan pendidikan dan bukan merupakan nasihat investasi atau keuangan, dan tidak dapat ditafsirkan sebagai rekomendasi untuk tindakan tertentu. Tidak ada pernyataan yang dibuat bahwa siapa pun yang menggunakan layanan ORBI TRADE akan mendapat untung atau tidak akan mengalami kerugian. ORBI TRADE tidak menjanjikan atau menjamin pendapatan atau hasil tertentu apa pun dari penggunaan Anda atas informasi yang terkandung di sini. Kinerja masa lalu belum tentu menunjukkan hasil di masa depan. Perdagangan dan investasi pada dasarnya adalah aktivitas yang berisiko dan hanya boleh dilakukan oleh orang-orang yang mampu menerima risiko tersebut dan kemungkinan kehilangan seluruh modal yang mereka investasikan untuk aktivitas tersebut, dan dalam beberapa kasus bahkan lebih besar lagi. Jangan berdagang dengan uang yang Anda tidak mampu kehilangannya. Anda bertanggung jawab penuh atas setiap keputusan investasi yang Anda buat, dan keputusan tersebut akan didasarkan sepenuhnya pada evaluasi Anda terhadap keadaan keuangan Anda, tujuan investasi, toleransi risiko, dan kebutuhan likuiditas.

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 


Artikel Terkait