SEMUA ARTIKEL

SEMUA ARTIKEL

BNB CETAK ATH BARU, MUNGKINKAH?

Story by : satrio
Category at: Berita
Published : December 29, 2023
Dilihat: 124 kali

Konsultan Perdagangan yang sudah berkiprah di dunia trading selama lebih dari 5 tahun di Pasar Modal yang membantu Trader dan Investor professional mendapatkan layanan, rekomendasi, dan strategi handal. Ia lulus dari Universitas Brawijaya dan memperoleh gelar Sarjana Ekonomi di bidang Manajemen Bisnis. Selain itu, juga memiliki pengetahuan dalam pasar forex dan cryptocurrency..


zoom

       Selama beberapa bulan belakangan ini, harga aset cryptocurrency Binance Coin atau BNB telah bergejolak, mengalami pergerakan naik turun yang sangat agresif, hingga diprediksi akan mencapai tingkat harga tertinggi tahun depan. Perjalanan harga yang mengalami turbulensi ini diawali dengan penurunan tajam harga BNB, terutama yang disebabkan oleh volatilitas pasar yang lebih luas dan gugatan hukum profil tinggi yang diajukan oleh Komisi Sekuritas dan Bursa Amerika (SEC) terhadap Binance dan pendirinya, Changpeng Zhao. Walaupun dihadapkan dengan masalah ini, BNB tetap menunjukkan taringnya yang mengesankan untuk rebound dan menampilkan pertumbuhan dan tren kenaikan harga yang kuat. 

 

HARGA BNB DIPREDIKSI CETAK ATH BARU

Foto: Grafik harga Binance Coin

Sumber: Trading View

       Dalam 24 jam terakhir, koin BNB telah meningkat 4,5 persen dalam nilainya. Selain itu, selama seminggu, dua minggu, dan bulan terakhir, BNB telah menunjukkan kenaikan yang konsisten sebesar 20,24, dan 38 persen secara berturut-turut. Kebangkitan ini adalah bukti dari dasar-dasar yang kuat dari Binance Coin dan kepercayaan yang berkembang di kalangan investor. Salah satu pendukung utama di balik kesuksesan BNB baru-baru ini adalah peningkatan penggunaan aplikasi terdesentralisasi (dApps) di Binance Smart Chain (BSC). Ada peningkatan yang sangat signifikan dalam volume dApps di BSC, yang kini nilainya $4,83 milyar. Seorang tokoh analis kripto terkenal, Faibik, baru-baru ini memprediksi bahwa harga BNB dapat mencapai puncak tahunan baru pada kuartal pertama tahun 2024. Hal ini didasari dari analisanya yang mengindikasikan adanya pola descending triangle. Pola ini menunjukkan akhir dari downtrend makro dan awal dari fase uptrend untuk BNB. Walaupun demikian, koin ini tetap perlu diamati karena pasar kripto terkenal akan volatilitasnya dan faktor-faktor eksternal seperti perkembangan regulasi, sentimen pasar, dan kemajuan teknologi dalam ekosistem BSC yang akan memainkan peran penting dalam menentukan lintasan BNB.

 

MENGENAL LEBIH DEKAT BINANCE DAN BNB

Foto: Changpeng Zhao, founder Binance

Sumber: Forbes

       Changpeng Zhao atau yang lebih dikenal CZ adalah pendiri dari bursa pertukarang mata uang kripto terbesar di dunia yang didirikan pada tahun 2017 di Hong Kong. Binance menjadi platform yang dikenal cukup cepat dan memiliki fitur yang lengkap. Hal ini memungkinkan pengguna untuk memiliki dan menukar aset kripto dengan mudah antar bursa yang semakin menjamur saat ini. Hanya dalam 5 tahun Binance sebagai newcomer dalam bisnis industry keuangan berhasil menjadi salah satu exchange terbesar di dunia, bahkan menyalip Coinbase secara peringkat di website coinmarketcap. Bahkan beberapa investor menjadikan Binance sebagai patokan untuk menilai seberapa layak dan bagus sebuah projek koin yang listing di pasar, yaitu dengan menunggu terdaftarnya token atau projek tertentu di bursa Binance. Selain cepat untuk trading crypto, Binance juga memiliki kelebihan lain misalnya tersedianya koin kripto terbanyak, biaya transaksi rendah, dan proses transaksi likuiditas tinggi.

       Setelah berbicara bursa, sekarang saatnya membahas BNB, atau tokennya. Binance Coin atau yang disingkat BNB dirilis pada tahun 2017 dan dibuat dengan tujuan awal sebagai pembayaran dalam ekosistem Binance. Koin ini berdiri di atas jaringan blockchain Ethereum. Koin ini berfungsi untuk pembayaran biaya perdagangan, biaya pertukaran, biaya pencatatan, dan biaya-biaya lain di bursa Binance. Sebagai tambahan, Binance akan melakukan proses pembakaran atau burning setiap empat bulan sekali dalam rangka mempertahankan nilai koin agar tetap kompetitif dan bisa bersaing di pasar kripto.

 

CZ MUNDUR SEBAGAI CEO HINGGA MASA DEPAN BINANCE

Sumber: Pintu

       Pendiri dan CEO Binance Changpeng Zhao mundur dari jabatannya. Ia mengaku bersalah atas tuduhan pelanggaran undang-undang anti pencucian uang Amerika Serikat. Tindakan ini merupakan aktivitas ilegal yang diputuskan oleh Departemen Kehakiman Amerika Serikat. Dalam kesepakatan tersebut, Binance harus membayar sekitar $4,3 milyar (Rp 66,6 triliun) termasuk $50 juta (Rp 770 miliar) dari kantong CZ. Setelah diputuskan oleh hakim bahwa CZ bersalah, Binance mengumumkan penggantinya yaitu Richard Teng. Sebagai penggiat kripto, tentunya tidak mudah bagi CZ untuk melepas jabatan ini. Pasalnya CZ dikenal juga sebagai tokoh kripto yang dihormati oleh masyarakat dunia. Tidak kenal CZ, tidak kenal kripto. Mungkin ini peribahasa yang tepat untuk kejadian ini. Tentunya kripto tidak akan seperti dahulu ketika komunitas kripto diperkuat dan digaungkan oleh CZ. Dari kejadian ini, tentunya banyak spekulatif akan masa depan Binance dan juga bahkan kripto itu sendiri. Berdasarkan analisis fundamental, sebenarnya ada atau tidak adanya CZ, algoritma kripto atau Bitcoin tetap akan selalu ada selama jaringan internet terus eksis. Namun yang menjadi masalah adalah apakah setelah lengsernya CZ, Binance tetap akan jadi yang nomor satu. Namun secara objektif, pengalaman Richard Teng sangat tidak bisa dianggap remeh. Pasalnya sebelum diangkat menjadi CEO Binance pusat, beliau pernah menjadi CEO dari Binance Singapura. Kita berharap saja agar Binance semakin baik dengan kepemimpinan pak RT (Richard Teng). Tentunya tidak baik jika kenaikan Binance akhir-akhir ini tidak kita manfaatkan untuk melakukan perdagangan, ya kan Traders. Kamu bisa bertransaksi di market futures melalui platform Orbi Trade “Trading with Guarantee

 

REKOMENDASI TRADING

Gambar BNBUSD H4 Chart

 

Sumber: Meta Trader 5 Orbi Trade

       Halo traders! Price Action BNB/USD pada timeframe H4 hari ini sedang membentuk Bullish Secondary Movement, didukung oleh rejection pada area resistance, karenanya harga berpotensi melemah sebelum menguat sampai dengan area harmonic resistance, maka peluang untuk melakukan order entry Buy bisa dilakukan.

Trading yang disarankan Bisa mencari entry saat breakout atau pullback pada timeframe yang lebih kecil.

 

KESIMPULAN:

        Jika dilihat dari data on-chain, marketcap Binance masih stabil cenderung meningkat seiring dengan peta harga Bitcoin, walaupun ketika kasus ini mencuat, harga Binance saat itu juga jatuh. Namun bagi para investor, selama kualitas dari projek dan valuasi koin itu masih reliabel, maka sentimen tetap akan positif sehingga traders tidak perlu khawatir. BNB memiliki probabilitas tinggi untuk mencapai ATH baru.

 

DISCLAIMER

       Pendapat, penelitian, analisis, atau informasi lain apa pun yang diberikan hanya untuk tujuan pendidikan dan bukan merupakan nasihat investasi atau keuangan, dan tidak dapat ditafsirkan sebagai rekomendasi untuk tindakan tertentu. Tidak ada pernyataan yang dibuat bahwa siapa pun yang menggunakan layanan ORBI TRADE akan mendapat untung atau tidak akan mengalami kerugian. ORBI TRADE tidak menjanjikan atau menjamin pendapatan atau hasil tertentu apa pun dari penggunaan Anda atas informasi yang terkandung di sini. Kinerja masa lalu belum tentu menunjukkan hasil di masa depan. Perdagangan dan investasi pada dasarnya adalah aktivitas yang berisiko dan hanya boleh dilakukan oleh orang-orang yang mampu menerima risiko tersebut dan kemungkinan kehilangan seluruh modal yang mereka investasikan untuk aktivitas tersebut, dan dalam beberapa kasus bahkan lebih besar lagi. Jangan berdagang dengan uang yang Anda tidak mampu kehilangannya. Anda bertanggung jawab penuh atas setiap keputusan investasi yang Anda buat, dan keputusan tersebut akan didasarkan sepenuhnya pada evaluasi Anda terhadap keadaan keuangan Anda, tujuan investasi, toleransi risiko, dan kebutuhan likuiditas.


Artikel Terkait