SEMUA ARTIKEL

SEMUA ARTIKEL

DITEKAN PUTIN, APPLE BONCOS BAYAR DENDA

Story by : satrio
Category at: Berita
Published : January 24, 2024
Dilihat: 109 kali

Konsultan Perdagangan yang sudah berkiprah di dunia trading selama lebih dari 5 tahun di Pasar Modal yang membantu Trader dan Investor professional mendapatkan layanan, rekomendasi, dan strategi handal. Ia lulus dari Universitas Brawijaya dan memperoleh gelar Sarjana Ekonomi di bidang Manajemen Bisnis. Selain itu, juga memiliki pengetahuan dalam pasar forex dan cryptocurrency..


zoom

Sumber: CNBC Indonesia

       Akibat kasus dugaan monopoli terkait pembayaran dalam aplikasi (in-app purchase). Federal Anti-Monopoly Service (FAS) atau Lembaga Anti Monopoli Rusia mengatakan Apple telah membayar denda pada tanggal 19 Januari dan telah ditransfer ke anggaran federal Rusia. Denda yang dikenakan Rusia kepada Apple ini berkaitan dengan dugaan penyalahgunaan dominasi perusahaan sebagai penyedia aplikasi mobile khususnya terkait aplikasi pembayaran. Apple sebelumnya menyatakan tidak setuju dengan tuduhan FAS tersebut. Menurut Apple, distribusi aplikasi melalui sistem operasi iOS tidak memberikan keunggulan kompetisi seperti yang dituduhkan. Denda yang dibayarkan oleh Apple senilai US$13,65 juta.

 

PERSELISIHAN DENGAN ZOOM

Foto: Logo Zoom Video Communications

Sumber: Google

       Perselisihan antara Rusia dengan perusahaan teknologi selama beberapa tahun terakhir. Perusahaan itu terjadi terutama terkait konten yang dianggap melanggar hukum oleh Moskow dan kegagalan menyimpan data pengguna secara lokal. Salah satu perusahaan yang sebelumnya berselisih dan membayar denda ke Rusia adalah Zoom Video Communications. Pengadilan Rusia pada 17 Oktober 2023 lalu, mendenda Zoom sebesar 115 juta rubel atau setara US$1,18 juta. Otoritas Rusia menilai bahwa Zoom beroperasi di negara kekuasaan Putin tersebut tanpa membuka kantor lokal. Zoom tidak menanggapi komentar atas peristiwa ini. Pemerintah Rusia telah berselisih dengan perusahaan teknologi asing terkait konten, sensor, data, dan representasi lokal dalam perselisihan yang semakin meningkat setelah Rusia mengirim angkatan bersenjatanya ke Ukraina pada Februari 2022. Hakim bernama Timur Vakhrameyev mengatakan bahwa denda tersebut ditetapkan sebesar 10% dari pendapatan Zoom pada tahun 2022 di Rusia.

 

PERSELISIHAN DENGAN FACEBOOK

Sumber: CNBC Indonesia

       Salah satu bos Meta (Facebook, Instagram, Whatsapp) masuk daftar pencarian Menteri Dalam Negeri Rusia sejak Februari 2023. Stone adalah Communications Director Meta yang dituduh sebagai pelaku terorisme tak terspesifikasi lebih lanjut. Kasus ini menambah daftar panjang upaya Rusia untuk menjatuhkan Meta. Sebelum perang Ukraina dan Rusia pecah, produk Meta seperti Facebook dan Instagram populer oleh masyarakat Rusia. Kini layanan tersebut telah diblokir di Rusia. Rusia mengunggat ke Meta dengan tuduhan mempromosikan aktivitas terorisme, setelah layanan itu mengganti aturan ujaran kebencian untuk pengguna Ukraina dan Polandia. Sekali lagi, Meta tidak mau menanggapi perihal pemblokiran beberapa aplikasinya di Rusia itu.

 

 

APA ITU FEDERAL ANTI MONOPOLY SERVICE

Foto: Logo Federal Anti-Monopoly Service Rusia

Sumber: Google

       Setelah sekian banyak perselisihan antara Rusia dan beberapa perusahaan raksasa Amerika, lantas yang menjadi pertanyaan mengenai siapa lembaga ini. The Federal Anti-Monopoly Service adalah sebuah lembaga eksekutif federal yang bertanggungjawab untuk mengadopsi peraturan dan melakukan kontrol dan pengawasan atas perlindungan hukum pasar produk dan persaingan pasar jasa keuangan, perlindungan aktivitas monopoli alami dan periklanan. Lembaga ini berperan sama seperti Komisi Pengawas Persaingan Usaha di negara kita, Negara Kesatuan Republik Indonesia. Tujuan lembaga ini mencegah adanya tindakan monopoli oleh suatu perusahaan swasta baik asing maupun lokal sehingga dapat mencegah persaingan yang tidak sehat dan kerugian bagi pelaku usaha lokal di negara Rusia. Oleh sebab itu, berdasarkan undang-undang setempat, Rusia memberikan denda kepada Apple karena perusahaan ini beroperasi secara resmi di negara tersebut. Namun peristiwa ini tidak memberikan dampak sama sekali terhadap market Apple, tidak terjadi penurunan pada hari itu maupun setelahnya. Jadi, meskipun insiden ini tidak berdampak bagi fluktuasi Apple, kamu tetap bisa berlatih trading futures saham US di Orbi Trade. Yuk! Trading bersama Orbi Trade. Orbi Trade “Trading with Guarantee”.

 

REKOMENDASI TRADING

Gambar APPLE.ORB D1 Chart

Sumber: Orbi Trade

       Halo traders! Price Action APPLE.ORB pada timeframe D1 hari ini terlihat membentuk Double Top, yang didukung dengan adanya rejection pada area support dan breakout middle band dari indikator Bollinger Band serta indikator MACD yang bergerak ke atas, karenanya harga berpotensi menguat sampai area Harmonic Resistance. Maka peluang untuk melakukan order entry Buy bisa dilakukan.

Trading yang disarankan bisa mencari entry saat breakout atau pullback pada timeframe yang lebih kecil.

 

KESIMPULAN:

       Melihat dari tidak ada dampak yang ditimbulkan pada market Apple. Traders disarankan untuk tetap menggunakan analisa teknikal sebagai panduan trading sehari-hari. Hal ini disebabkan karena insiden ini berdampak minor pada market. Traders bisa menjadikan rekomendasi trading di atas sebagai referensi dan pertimbangan keputusan dalam trading.

 

DISCLAIMER

       Pendapat, penelitian, analisis, atau informasi lain apa pun yang diberikan hanya untuk tujuan pendidikan dan bukan merupakan nasihat investasi atau keuangan, dan tidak dapat ditafsirkan sebagai rekomendasi untuk tindakan tertentu. Tidak ada pernyataan yang dibuat bahwa siapa pun yang menggunakan layanan ORBI TRADE akan mendapat untung atau tidak akan mengalami kerugian. ORBI TRADE tidak menjanjikan atau menjamin pendapatan atau hasil tertentu apa pun dari penggunaan Anda atas informasi yang terkandung di sini. Kinerja masa lalu belum tentu menunjukkan hasil di masa depan. Perdagangan dan investasi pada dasarnya adalah aktivitas yang berisiko dan hanya boleh dilakukan oleh orang-orang yang mampu menerima risiko tersebut dan kemungkinan kehilangan seluruh modal yang mereka investasikan untuk aktivitas tersebut, dan dalam beberapa kasus bahkan lebih besar lagi. Jangan berdagang dengan uang yang Anda tidak mampu kehilangannya. Anda bertanggung jawab penuh atas setiap keputusan investasi yang Anda buat, dan keputusan tersebut akan didasarkan sepenuhnya pada evaluasi Anda terhadap keadaan keuangan Anda, tujuan investasi, toleransi risiko, dan kebutuhan likuiditas.

 

 

 

 


Artikel Terkait