SEMUA ARTIKEL

SEMUA ARTIKEL

ETN ETHEREUM AKAN DIRILIS, SENTIMEN POSITIF BAGI ETHEREUM!

Story by : satrio
Category at: Berita
Published : March 27, 2024
Dilihat: 112 kali

Konsultan Perdagangan yang sudah berkiprah di dunia trading selama lebih dari 5 tahun di Pasar Modal yang membantu Trader dan Investor professional mendapatkan layanan, rekomendasi, dan strategi handal. Ia lulus dari Universitas Brawijaya dan memperoleh gelar Sarjana Ekonomi di bidang Manajemen Bisnis. Selain itu, juga memiliki pengetahuan dalam pasar forex dan cryptocurrency..


zoom

Sumber: Crypto Daily pada akun X

       Pada 28 Mei 2024 mendatang, Bursa Efek London (London Stock Exchange) berencana untuk meluncurkan Catatan Perdagangan Bursa (Exchange Traded Notes) mata uang kripto yang melacak kinerja Ethereum (ETH) dan juga Bitcoin (BTC). Penerimaan aplikasi untuk ETN kripto mulai 8 April 2024 dengan deadline paling lambat 15 April 2024. Keputusan ini menyusul dari pemberitahuan sebelumnya dari bursa tanggal 11 Maret lalu. Dengan persetujuan dari Otoritas Pengawas Jasa Keuangan (FCA) Inggris, langkah ini bertujuan untuk memastikan partisipasi penerbit maksimum pada hari perdagangan pertama dan memberikan waktu yang cukup kepada penerbit untuk mempersiapkan dokumen-dokumen mereka dan memenuhi persyaratan regulasi. Meskipun minat investor cukup besar, namun ETN hanya akan tersedia untuk investor profesional sesuai dengan larangan FCA Inggris atas penjualan derivatif kripto dan ETN yang diberlakukan pada Januari 2021.

 

TENTANG EXCHANGE TRADED NOTES

Gambar: Logo Bursa Efek London (London Stock Exchange)

Sumber: Kitco

       Exchange Traded Notes adalah catatan yang diterbitkan oleh bank atau lembaga keuangan dan menjanjikan pembayaran kembali kinerja indeks atau aset lain setelah jatuh tempo. Exchange Traded Notes (ETNs), Exchange Traded Fund (ETFs), dan Exchange Traded Commodities (ETCs) merupakan bagian dari Exchange Traded Product (ETPs). Seperti saham dan ETF, ETN juga diperdagangkan di bursa utama. ETN melacak kinerja dari pasar utama Ethereum. Tidak seperti ETF, ETN tidak menyediakan kepemilikan dari sekuritas tertentu namun hanya memberikan imbal hasil dari kinerja Ethereum tersebut. Investor harus yakin bahwa penerbit akan memberikan imbal hasil yang baik dari permintaan dan penawaran tersebut. Investor tidak mendapatkan pendapatan bunga apapun dari produk derivatif ini.

 

CARA KERJA ETN ETHEREUM

Gambar: Cara kerja Exchange Traded Notes

Sumber: Wall Street Mojo            

       Produk investasi ETN memerlukan dukungan fisik berupa aset kripto yang mendasarinya selain Bitcoin, yakni Ethereum dalam konteks ini. Aset kripto tersebut disimpan di dalam cold wallet yang dikelola kustodian teregulasi Inggris. ETN mirip seperti obligasi yang memberikan eksposur kepada instrumen keuangan tertentu seperti indeks saham, komoditas, mata uang, atau strategi perdagangan tertentu. ETN dianggap sebagai utang yang dikeluarkan oleh penerbit lembaga keuangan, memungkinkan para investor untuk membeli dan menjual ETN di bursa, seperti saham, dengan mendapatkan untung dari selisih nilai beli dan jual. Namun ETN merupakan aset berisiko karena jika aset ETN Ethereum mereka sedang tidak memiliki kinerja yang baik di pasar keuangan, investor tersebut berpotensi tidak menerima pendapatan apapun. Ketika bursa London meluncurkan ETN ke pasar, maka kinerja ETN Ethereum berdasarkan permintaan dan penawaran ETN di perdangangan bursa.

 

DAMPAK ETN ETHEREUM

Gambar: Ilustrasi Exchange Traded Notes (ETN) di Bursa Efek London (LSE)

Sumber: Cryptopolitan

          Keuntungan dari terbitnya ETN di bursa London adalah pemegang ETN mendapatkan akses ke aset komoditas Ethereum. Investor dengan dana kecil tidak akan bisa dengan mudah mengakses karena ada persyaratan investasi minimum dana serta harga komisinya yang tinggi. Selain itu, ETN adalah instrumen investasi yang likuid yang dapat dibeli dan dijual selama jam bursa. Perusahaan penerbit dapat buyback ETN setiap minggu dan pemegang ETN dapat memantau performa aset mereka di pasar keuangan layaknya performa harga saham. Terakhir, investor ETN tidak bertanggungjawab untuk membayar pajak setiap bulan karena mereka tidak menerima bunga bulanan apapun atau deviden. Untung atau rugi dan pendapatan di ETN ditunda hingga kematangan. Sehingga pemegang ETN menghemat pajak. Namun karena ini hanya zona bagi investor besar yang sedikit jumlahnya, maka permintaan dari ETN cenderung lebih rendah ketimbang ETF. Sehingga likuiditas ETN tidak cukup besar dibanding likuiditas aset lain seperti ETF dan saham. Namun dengan adanya ETN ini memungkinkan jalan masuk bagi investor besar yang semakin terbuka di pasar Ethereum. Sehingga adopsi mata uang kripto Ethereum akan semakin luas dan tinggi. Dengan ini, supply yang ada di sirkulasi Ethereum akan semakin cepat untuk berkurang yang akan meningkatkan nilai pasar Ethereum itu sendiri. Sehingga ini adalah berita baik bagi trader futures seperti CFD yang berdagang di pair ETHE/USD. Jadi, kamu dapat memanfaatkan fluktuasi harga Ethereum dengan trading di Orbi Trade dan melakukan perdagangan di pair ETHE/USD. Yuk! Trading bersama Orbi Trade. Orbi Trade “Trading with Guarantee”.

 

REKOMENDASI TRADING

Gambar ETHE/USD H4 Chart

Sumber: Orbi Trade

       Halo traders! Price Action ETHE/USD pada time frame H4 hari ini terlihat berpotensi membentuk Bullish Continuation, yang didukung dengan adanya potensi rejection pada area classic support dan middle band dari indikator Bollinger Band, karenanya harga berpotensi menguat sampai dengan area classic resistance. Maka peluang untuk melakukan order entry Buy bisa dilakukan.

Trading yang disarankan bisa mencari entry saat breakout atau pullback pada time frame yang lebih kecil.

 

KESIMPULAN:

      Melihat dari dampak positif dengan rencana peluncuran ETN terhadap adopsi pasar Ethereum secara global, berpotensi pasar Ethereum akan terkena eksposurnya dengan peluang lonjakan harga dan likuiditas yang tinggi. Sehingga, trader CFD dihimbau untuk melakukan perdagangan di pair ETHE/USD untuk memanfaatkan sentimen positif Ethereum ini. Tetap atur risk dan money management dengan baik untuk menghindari kerugian besar di trading. Gunakan teknik dan strategi yang terbukti menghasilkan profit konsisten. Selalu “do your own research”.

 

DISCLAIMER

       Pendapat, penelitian, analisis, atau informasi lain apa pun yang diberikan hanya untuk tujuan pendidikan dan bukan merupakan nasihat investasi atau keuangan, dan tidak dapat ditafsirkan sebagai rekomendasi untuk tindakan tertentu. Tidak ada pernyataan yang dibuat bahwa siapa pun yang menggunakan layanan ORBI TRADE akan mendapat untung atau tidak akan mengalami kerugian. ORBI TRADE tidak menjanjikan atau menjamin pendapatan atau hasil tertentu apa pun dari penggunaan Anda atas informasi yang terkandung di sini. Kinerja masa lalu belum tentu menunjukkan hasil di masa depan. Perdagangan dan investasi pada dasarnya adalah aktivitas yang berisiko dan hanya boleh dilakukan oleh orang-orang yang mampu menerima risiko tersebut dan kemungkinan kehilangan seluruh modal yang mereka investasikan untuk aktivitas tersebut, dan dalam beberapa kasus bahkan lebih besar lagi. Jangan berdagang dengan uang yang Anda tidak mampu kehilangannya. Anda bertanggung jawab penuh atas setiap keputusan investasi yang Anda buat, dan keputusan tersebut akan didasarkan sepenuhnya pada evaluasi Anda terhadap keadaan keuangan Anda, tujuan investasi, toleransi risiko, dan kebutuhan likuiditas.

 


Artikel Terkait