SEMUA ARTIKEL

SEMUA ARTIKEL

FAKTA MENAKJUBKAN TENTANG PASAR KEUANGAN

Story by : Debby Lukito Goeyardi
Category at: SEPUTAR FOREX
Published : December 17, 2020
Dilihat: 1642 kali

Debby Lukito Goeyardi adalah seorang penulis yang sudah menerbitkan belasan buku. Dengan bekal ilmu dari jurusan Business Administration di Kennedy-Western University, Debby siap memasuki dunia pasar keuangan bersama PT. Astronacci International.


zoom

Berbicara tentang financial market atau pasar keuangan tentunya tak terlepas dari investasi. Sebagai gambaran sederhana, kita biasanya menghabiskan sebagian dari pendapatan bulanan atau uang yang kita peroleh untuk pengeluaran bulanan dan sisanya akan disimpan dalam bentuk tabungan untuk memenuhi pengeluaran di masa depan. Alih-alih membiarkan tabungan tersebut menganggur, seseorang harus menanamkan tabungan tersebut menjadi suatu modal untuk mengalahkan inflasi serta mendapatkan keuntungan yang baik di masa depan. Inilah yang dikenal dengan istilah ‘investasi’.

Ada banyak alasan mengapa seseorang melakukan investasi. Beberapa di antaranya adalah:

  • Untuk mendapatkan keuntungan sehingga uang tersebut bertumbuh
  • Sebagai tabungan untuk masa pensiun
  • Untuk mencapai tujuan keuangan yang telah ditentukan
  • Untuk memenuhi kebutuhan di masa depan yang tidak pasti
  • Untuk memenuhi biaya inflasi

 

Investasi tersebut bisa dilakukan di pasar keuangan. Sebagai info, pasar keuangan merupakan tempat di mana individu dan pihak lain dapat membeli atau menjual instrumen keuangan, seperti saham dan obligasi hingga komoditas seperti sekuritas keuangan (saham dan obligasi) serta komoditas (logam mulia atau hasil pertanian). 

Ada beberapa jenis financial market (pasar keuangan), yaitu:

Capital market atau pasar modal:

Pasar modal merupakan pasar di mana pembeli dan penjual berpartisipasi untuk memperdagangkan sekuritas keuangan, seperti ekuitas, obligasi dan sebagainya. Pasar modal juga menjadi media untuk menyalurkan dana surplus dari penabung ke lembaga keuangan yang pada akhirnya akan menginvestasikan dana tersebut untuk suatu penggunaan produktif.

Pasar modal dibagi menjadi dua jenis, yaitu:

  • Primary market (pasar primer atau pasar perdana), yaitu salah satu jenis pasar modal di mana berbagai perusahaan menerbitkan saham dan obligasi untuk pertama kali dengan tujuan menghimpun dana dari masyarakat. Inilah yang disebut sebagai IPO (Initial Public Offering atau penawaran umum perdana)
  • Secondary market (pasar sekunder), yaitu salah satu jenis pasar modal di mana surat berharga yang diterbitkan di pasar ini nantinya diperjualbelikan.

  

Commodity market atau pasar komoditas:

Pasar komoditas merupakan tempat yang memfasilitasi platforum perdagangan untuk memperdagangkan berbagai komoditas, bisa berupa pasar spot atau pasar derivatif. Di pasar spot (spot market), komoditas dibeli dan dijual untuk pengiriman segera, sedangkan di pasar derivatif (derivative market), berbagai instrumen keuangan diperdagangkan berdasarkan komoditas yang diperdagangkan di pasar spot. 

 

Money market atau pasar uang:

Pasar uang merupakan bagian dari pasar keuangan yang berurusan dengan pinjam-meminjam atas suatu pinjaman jangka pendek yang biasanya untuk jangka waktu kurang dari atau sama dengan 365 hari. Hal ini merupakan mekanisme untuk menyelesaikan transaksi moneter jangka pendek.

 

Foreign exchange market atau pasar valuta asing:

Pasar valuta asing merupakan pasar operasi global yang berhubungan dengan kegiatan jual-beli mata uang asing. Pasar ini tidak memiliki lokasi fisik serta beroperasi dalam 24 jam sehari dan tujuh hari seminggu. Pasar valuta asing juga bertugas menetapkan nilai tukar mata uang. Pasar yang dioperasikan secara global ini memiliki dua tingkatan, yaitu interbank market atau pasar antar bank di mana bank-bank terbesar saling bertukar mata uang, dan OTC market (Over the Counter) sebagai tempat individu berdagang. 

Insurance market atau pasar asuransi:

Pasar asuransi merupakan tempat di mana individu dan kelompok membeli dan menjual asuransi. Para kustomer dan group membeli asuransi untuk manajemen risiko atas risiko tertentu.

 

Derivative market atau pasar derivatif:

Pasar derivatif merupakan suatu jenis pasar keuangan di mana instrumen derivatif diperdagangkan, seperti kontrak berjangka (futures contract) dan opsi. Pasar derivatif dibagi menjadi dua bagian, yaitu derivatif yang diperdagangkan di bursa dan derivatif over-the-counter

  Ini berasal dari bentuk aset lain. Pasar derivatif selanjutnya dibagi menjadi dua bagian yaitu derivatif yang diperdagangkan di bursa (exchange traded derivative) dan derivatif over-the-counter (over-the-counter derivative).

 

Happy investing!


Artikel Terkait