SEMUA ARTIKEL

SEMUA ARTIKEL

KEMARIN BITCOIN ETF, SEKARANG GILIRAN ETHEREUM ETF

Story by : satrio
Category at: Berita
Published : January 15, 2024
Dilihat: 98 kali

Konsultan Perdagangan yang sudah berkiprah di dunia trading selama lebih dari 5 tahun di Pasar Modal yang membantu Trader dan Investor professional mendapatkan layanan, rekomendasi, dan strategi handal. Ia lulus dari Universitas Brawijaya dan memperoleh gelar Sarjana Ekonomi di bidang Manajemen Bisnis. Selain itu, juga memiliki pengetahuan dalam pasar forex dan cryptocurrency..


zoom

       Setelah SEC menyetujui Bitcoin ETF pada 11 Januari kemarin, produk keuangan tersebut sudah bisa diperdagangkan. Pada kamis waktu Amerika Serikat, total Bitcoin ETF yang diperdagangkan senilai US$ 4,6 Miliar menurut data LSEG. Perdagangan hari itu berjalan dengan baik. Tingginya volume perdagangan dinilai tidak ada masalah selama perdagangan itu berjalan. Diharapkan volume hari pertama konsisten sampai beberapa waktu ke depan. Menurut analis Bernstein Research, diprediksi marketcap koin kripto bisa sampai US$ 3 Triliun pada pertengahan 2025. 

 

TOTAL DANA KELOLAAN

Sumber: Forbes

       Bitcoin adalah pendatang baru aset komoditas yang diperdagangkan di bursa. Bitcoin ETF memungkinkan investor mendapatkan paparan terhadap potensi Bitcoin yang menarik tanpa harus memilikinya secara langsung atau menyimpannya dengan aman di pialang masing-masing. Sebelumnya, Bitcoin ETF hanya dapat menampung kontrak berjangka Bitcoin atau saham perusahaan dan ETF lain yang memiliki eksposur terhadap mata uang kripto. Namun, pada 10 Januari waktu setempat, Komisi Sekuritas dan Bursa Amerika Serikat menyetujui 11 spot Bitcoin ETF untuk diperdagangkan di Amerika Serikat. Penasihat Forbes telah meninjau Bitcoin ETF yang saat ini tersedia untuk diperdagangkan di Amerika Serikat bersanding bersama ticker saham lainnya di Nasdaq dan menyaringnya berdasarkan total aset yang dikelola (AUM). Pada hari pertama persetujuan tanggal 10 Januari total dana kelola tertinggi di dunia dipegang oleh Perusahaan ProShares Bitcoin Strategy ETF (BITO) dengan total US$ 1,4 Miliar. Namun yang tertinggi saat ini, 15 Januari 2024 adalah Grayscale dengan total AUM (Asset Under Management) sebanyak lebih dari US$ 28 Miliar.  

 

MASA DEPAN BITCOIN 

Sumber: Coindesk

       Persetujuan dari Bitcoin ETF Spot berdampak positif terhadap masa depan aset digital ini. Dengan Bitcoin ETF masuk ke bursa Amerika Serikat, membuat investor yang memiliki dana jumbo tidak takut dan ragu untuk menyuntikkan dana segar ke pasar kripto. Hal ini diharapkan dapat meningkatkan nilai dari Bitcoin dalam beberapa tahun ke depan. Dengan meningkatnya adopsi Bitcoin di dunia, berpotensi akan membuat kapitalisasi pasar Bitcoin di pasar kripto meningkat. Begitu juga akan membuat snowball effect ke aset kripto lain yang disebut sebagai koin alternatif altcoin seperti Ethereum, BNB, Cardano, Solana, XRP, dan lain-lain.  

 

RUMOR ETHEREUM ETF AKAN HADIR

Sumber: Google

       Pasca disetujui Bitcoin ETF, tiba-tiba harga Ethereum melonjak hingga US$ 2400. Tersebar rumor bahwa Ethereum ETF Spot akan hadir. Nama-nama besar seperti Fidelity dan Blackrock juga telah mendaftarkan Ethereum ETF Spot selama beberapa bulan belakangan. Block.co mengklaim institusi keuangan saat ini memiliki total dana kelolaan sebesar US$ 100 Triliun. Hal ini akan berdampak pada potensi kenaikan harga Ethereum jika Ethereum ETF Spot hadir, sehinggga akan menaikkan nilai dari Ethereum itu sendiri dan akan bersaing dengan Bitcoin. Untuk dapat menyetujui klaim pengajuan Ethereum ETF Spot tadi, SEC tidak ada alasan lagi untuk menolak. Pasalnya, pasca kemenangan Grayscale di pengadilan beberapa waktu lalu. Dan juga mengingat animo masyarakat global akan hadirnya Bitcoin ETF sebagai awal adopsi jenis aset keuangan baru di dunia. Nah, bagi kamu traders jangan melewatkan kesempatan akan harga Ethereum yang sedang bullish. Yuk! Trading di pair ETH/USD bersama Orbi Trade. Orbi Trade "Trading with Guarantee".

 

REKOMENDASI TRADING

Sumber: Orbi Trade 

       Halo Traders! Price action ETH/USD pada timeframe H4 hari ini sedang berpotensi mengembangkan pola Bullish Continuation, yang didukung dengan adanya rejection pada area support dan middle band dari indikator Bollinger Band, karenanya harga berpotensi menguat sampai dengan area Harmonic Resistance. Maka peluang untuk melakukan order entry Buy bisa dilakukan.

Trading yang disarankan bisa mencari entry saat breakout atau pullback pada timeframe yang lebih kecil.

 

KESIMPULAN

       Melihat dari berita rumor ETF Ethereum akan segera hadir, sebagai traders atau investor kamu patutnya mewaspadai akan hoaks. Kamu perlu mencari berita-berita dari sumber terpercaya agar informasinya valid dan agar tidak salah dalam mengambil keputusan. Jangan mudah terpengaruh oleh berita pom-pom dari oknum tidak bertanggungjawab dan kredibel. Namun direkomendasikan untuk melakukan perdagangan Ethereum saat ini melihat dari fluktuasi yang tinggi.

 

DISCLAIMER

       Pendapat, penelitian, analisis, atau informasi lain apapun yang diberikan hanya untuk tujuan pendidikan dan bukan merupakan nasihat investasi atau keuangan, dan tidak dapat ditafsirkan  sebagai rekomendasi untuk tindakan tertentu. Tidak ada pernyataan yang dibuat bahwa siapa pun yang menggunakan layanan ORBI TRADE akan mendapat untung atau tidak akan mengalami kerugian. ORBI TRADE tidak menjanjikan atau menjamin pendapatan atau hasil tertentu apapun dari penggunaan Anda atas informasi yang terkandung di sini. Kinerja masa lalu belum tentu menunjukkan hasil di masa depan. Perdagangan dan investasi pada dasarnya adalah aktivitas yang berisiko dan hanya boleh dilakukan oleh orang-orang yang mampu menerima risiko tersebut dan kemungkinan kehilangan seluruh modal yang mereka investasikan untuk aktivitas tersebut, dan dalam beberapa kasus bahkan lebih besar lagi. Jangan berdagang dengan uang yang Anda tidak mampu kehilangannya. Anda bertanggungjawab  penuh atas setiap keputusan investasi yang Anda buat, dan keputusan tersebut akan didasarkan sepenuhnya pada evaluasi Anda terhadap keadaan keuangan Anda, tujuan investasi, toleransi risiko, dan kebutuhan likuiditas.

 

 

 


Artikel Terkait