SEMUA ARTIKEL

SEMUA ARTIKEL

KOIN KRIPTO CARDANO NAIK 10 PERSEN!

Story by : satrio
Category at: Berita
Published : December 22, 2023
Dilihat: 185 kali

Konsultan Perdagangan yang sudah berkiprah di dunia trading selama lebih dari 5 tahun di Pasar Modal yang membantu Trader dan Investor professional mendapatkan layanan, rekomendasi, dan strategi handal. Ia lulus dari Universitas Brawijaya dan memperoleh gelar Sarjana Ekonomi di bidang Manajemen Bisnis. Selain itu, juga memiliki pengetahuan dalam pasar forex dan cryptocurrency..


zoom

       Cardano dengan ticker ADA, merupakan salah satu mata uang kripto global yang pada hari Jumat ini pada pukul 07:33 (00:33) GMT melonjak 10.01 %. Ini merupakan keuntungan terbesar sejak 13 Desember. Kenaikan ini mendorong penambahan kapitalisasi pasar Cardano menjadi $22,8103B, atau 1,38% dari total kapitalisasi pasar cryptocurrency. Sedangkan level tertinggi marketcap Cardano yang pernah dicapai adalah $94,8001B. Cardano telah diperdagangkan pada kisaran $0,6354 hingga $0,6481 dalam 24 jam sebelumnya. Sedangkan selama tujuh hari terakhir, Cardano tetap tidak berubah, dan hanya bergerak 0,31%. Volume perdagangan selama 24 jam terakhir hingga waktu berita ini dimuat  adalah $835,8001M atau 1,27% dari total volume seluruh mata uang kripto. Angka ini terbilang cukup besar bila dibandingkan sejauh ini. Pada harga saat ini, Cardano masih turun 79,19% dari level tertinggi sepanjang masa di $3,10 pada 2 September 2021.

 

MENGENAL LEBIH DEKAT CARDANO

Foto: Charles Hoskinson

Sumber: Harvard International Review

       Cardano adalah salah satu mata uang kripto yang terdaftar di pasar kripto pada tahun 2015 yang diciptakan oleh Charles Hoskinson, seorang pegiat bidang matematika yang juga merupakan co-founder dari mata uang kripto Ethereum Bersama Vitalik Buterin. Orang-orang yang bertanggungjawab di bawah bendera Cardano adalah seorang akademisi dan saintis yang aktif dalam mereview protokol blockchain ini sebelum ia dirilis. Cardano menggunakan teknologi Proof of Stake (PoS). Proof of Stake adalah salah satu dari dua mekanisme regulasi proses transaksi mata uang kripto. Proof of Stake merupakan hasil perbaikan dan pengembangan dari teknologi sebelumnya yaitu Proof of Work (PoW). Dengan mekanisme ini, protokol ini memungkinkan penambangan berdasarkan jumlah koin yang ia miliki. Jadi secara garis besar mekanisme ini memiliki keunggulan dalam hal efisiensi. Saat ini Cardano tersisa supply 31 miliar koin dari jumlah total 45 miliar. Sejak pertama dikenalkan kepada publik terjadi kenaikan harga sebesar 8423%.

 

CARDANO SEBAGAI GENERASI KETIGA BLOCKCHAIN


Sumber: Finansialku.com

       Dunia blockchain dalam sepak terjangnya, telah menciptakan tiga generasi teknologi hingga saat ini. Bitcoin sebagai blockchain generasi pertama, Ethereum sebagai blockchain generasi kedua, dan Cardano sebagai blockchain generasi ketiga. Blockchain generasi pertama memungkinkan transfer uang tanpa adanya campur tangan pihak ketiga. Masalahnya, blockchain generasi pertama ini, sistemnya memungkinkan untuk transfer tanpa syarat tertentu. Idealnya, transfer bisa dilakukan setelah suatu syarat terpenuhi. Akan tetapi pada generasi ini, hal itu belum dapat dilakukan. Sedangkan teknologi cryptocurrency generasi kedua ada pada koin Ethereum dan smart contractnya yang membuat persyaratan itu dapat diimplementasikan dalam proses transaksi. Hal ini bisa meminimalkan konflik dan transparansi transaksi dapat secara nyata bekerja. Namun, generasi kedua ini mempunyai masalah kritis yaitu, tidak adanya ketentuan untuk skalabilitas. Ditambah lagi, sistem peraturan blockchain juga belum terencana dengan baik. Terakhir, Cardano sebagai mata uang kripto dengan teknologi generasi ketiga. Dengan melihat kekurangan-kekurangan pada generasi-generasi sebelumnya, Cardano hadir sebagai solusi dari permasalahan mekanisme tadi. Kelebihan pertama Cardano adalah kemampuan untuk beroperasi dalam perluasan lingkup (skalabilitas). Cakupan operasional Cardano lebih luas dibandingkan mata uang kripto yang lain. Lalu, interoperabilitas. Interoperabilitas adalah kemampuan aplikasi dan sistem untuk secara aman dan otomatis bertukar data tanpa memandang batas-batas geografis, politik, atau organisasi. Interoperabilitas memungkinkan sistem yang beragam untuk dapat mengembangkan pemahaman yang tumpang tindih tentang data yang spesifik untuk domain tertentu. Tanpa ini, sistem tidak dapat menafsirkan dan memanfaatkan data untuk memenuhi tujuan bersama. Selanjutnya keberlanjutan. Teknologi Cardano mempunyai keunggulan untuk dapat menjadi ekosistem yang berkelanjutan dalam aset mata uang kripto. Kemampuannya yang mutakhir memungkinkan untuk menyesuaikan secara dinamis sesuai perkembangan teknologi atau timeless. Selanjutnya adalah telah memenuhi proses peer-review dan dinyatakan aman. Tentunya untuk meyakinkan investor dalam menyuntikkan dana dalam projek ini, perlu ada jaminan keamanan dalam setiap transaksi dilakukan. Cardano menjamin itu setelah melalui berbagai macam quality control. Kemudian, proses staking dalam Cardano lebih mudah dibanding dengan koin Big Cap lainnya berkat improvement dan belajar dari kesalahan generasi sebelumnya. Terakhir dan yang paling jadi pertimbangan investor dan user. Adalah harga gas fee yang lebih murah.
 

CARA KERJA CARDANO  

Sumber: Coinvestasi

       Platform Cardano terdiri dari dua lapisan atau sering disebut sebagai second layer blockchain, yaitu Cardano Settlement Layer (CSL) dan Control Layer. CSL dalam sistem Cardano adalah lapisan yang digunakan untuk mengatur transaksinya. Sementara, Control Layer-nya digunakan untuk mengatur kontrak sehingga transaksi lebih aman. Di pusat sistem operasi Cardano, terdapat Ouroboros, yaitu algoritma yang menjalankan protokol Proof of Stake yang sudah dijelaskan sebelumnya. Dengan ini, penggunaan energi dan waktu untuk membuat koin baru bisa lebih efisien. Seperti diketahui bersama, bahwa generasi sebelumnya sangat bekerja tidak efisien, sehingga dinilai tidak ramah lingkungan. Hal ini disebabkan setiap ingin membuat koin baru, membutuhkan pasokan listrik yang sangat besar. Sedangkan listrik dihasilkan dari batubara. Secara tidak langsung, dengan berjalannya mata uang kripto generasi lama ini menyebabkan sumber energi menjadi boros dan membuat polusi dari hasil penambangan batubara. Hal ini sangat dikecam oleh organisasi internasional yang mengurus lingkungan. Oleh karena itu, yang bisa dapat kamu lakukan adalah dengan memanfaatkan kehadiran Cardano sebagai sebuah wadah berinvestasi. Karena Cardano merupakan sebuah aset yang dapat diperdagangkan secara spot maupun futures. Per Oktober 2021, Cardano masuk ke dalam jajaran 10 besar aset kripto di dunia. Salah satunya di pasar Contract for Differences (CFD). Tidak lain dan tidak bukan adalah platform kesayangan kamu, yaitu Orbi Trade “Trading with Guarantee”.

 

REKOMENDASI TRADING

Sumber: Meta Trader 5 Orbi Trade

       Halo traders! Price Action ADA/USD pada timeframe H4 hari ini telah membentuk pola Bullish Reversal Pattern, didukung oleh rejection pada area resistance, karenanya harga berpotensi melemah sampai dengan area harmonic support, maka peluang untuk melakukan order entry Sell bisa dilakukan.

Trading yang disarankan Bisa mencari entry saat breakout atau pullback pada timeframe yang lebih kecil.

 

KESIMPULAN

       Kenaikan mata uang kripto Cardano hari ini dipengaruhi oleh kepercayaan investor terhadap teknologi yang diusung oleh Charles Hoskinson sebagai founder. Cardano memiliki probabilitas dan diprediksi akan mencapai level tertinggi baru pada saat bull-run 2025 dan 2026. Untuk itu traders disarankan untuk bersiap-siap menyongsong momen Bullish yang langka ini. Karena ketika Bitcoin naik, maka rata-rata seluruh koin yang memiliki fundamental baik akan mengikuti sejajar dengan kenaikan harganya.


Artikel Terkait