SEMUA ARTIKEL

SEMUA ARTIKEL

MENGKONFIRMASI MARKET DENGAN ON BALANCE VOLUME

Story by : Geraldo Kofit
Category at: Analisa Teknikal
Published : September 04, 2020
Dilihat: 4619 kali

Geraldo Kofit adalah Seorang Profesional Trader yang sudah lama berkecimpung di dunia trading kurang lebih 2 tahun. Dengan 2 teknik sederhana Trend Line dan Moving Average, Gerald siap untuk membantu anda sebagai Trading Advisor handal..


zoom

Artikel saya kali ini akan membahas suatu indikator yang dinamakan On Balance Volume, Nah, seperti kebanyakan indikator lain, indikator ini juga ada penemunya yaitu Woods dan Vignolia pada tahun 1940 serta dipresentasikan oleh mereka pada tahun 1946. Mereka menyebutnya "volume kumulatif", yang kemudian dinamakan "on-balance volume" oleh Joseph Granville dan memopulerkan teknik tersebut pada tahun 1963 dalam bukunya yang berjudul Granville's New Key to Stock Market Profits. Metode ini dapat dipalikasikan secara baik pada dunia financial market, dan yang kita pelajari hari ini adalah khsusu di futures market

Apakah Anda Sudah Pernah Mendengar Indikator On Balance Volume?
Apakah Anda Sudah Sering Menggunakanya?

Nah, Yuk Kite Belajar Lagi, Never Stop or Bored to Learn ya!

Artikel saya kali ini akan membahas suatu indikator yang dinamakan On Balance Volume, Nah, seperti kebanyakan indikator lain, indikator ini juga ada penemunya yaitu Woods dan Vignolia pada tahun 1940 serta dipresentasikan oleh mereka pada tahun 1946. Mereka menyebutnya "volume kumulatif", yang kemudian dinamakan "on-balance volume" oleh Joseph Granville dan memopulerkan teknik tersebut pada tahun 1963 dalam bukunya yang berjudul Granville's New Key to Stock Market Profits. Metode ini dapat dipalikasikan secara baik pada dunia financial market, dan yang kita pelajari hari ini adalah khsusu di futures market.

OBV umumnya digunakan untuk mengkonfirmasikan pergerakan harga, apakah sedang downtrend ataupun uptrend. Inti dati indikator analisa teknikal ini adalah apabila volume lebih tinggi pada hari di mana harga bergerak pada arah yang dominan, misalnya pada tren kenaikan harga yang kuat maka akan volume akan lebih tinggi dibandingkan pada saat harga menurun. Poin penting pula yang trader wajib ketahui adalah On Balance Volume atau yang sering disebut dengan OBV ini bukanlah indikator yang berdiri sendiri. Tetapi dapat dikombinasikan dengan dasar analisis pola atau mengorfimasi sinyal dari indikator lainya seperti EMA 90.

Jadi apabila harga mengalami kenaikan maka OBV akan mengalami kenaikan juga dan apabila tercipta rali kenaikan harga maka OBV juga akan mengalami hal yang sama dan berdinamika dengan indikator lain yang dipasangkan dengan OBV. Apabila OBV gagal mencapai titik rali harga tertinggi sebelumnya maka itu berarti terjadi konverjensi negatif yang menandakan melemahnya pergerakan harga. Jadi, Indikator On Balance Volume (OBV) digunakan dalam analisa teknikal berfungsi untuk mengukur tekanan beli dan jual. Volume On Volume keseimbangan ini utamanya digunakan untuk mengkonfirmasi atau mengidentifikasi tren harga keseluruhan atau untuk mengantisipasi pergerakan harga setelah terjadinya raly yang ada di market.

Yuk Praktekan! Menggunakan Indikator On Balance Volume dari MT4

Klik Menu Indikator Pilih Indikator, Pilih Volume dan Pilih On Balance Volume

Pada Menu Bar Setting Disesuaikan

Muncul Tampilan On Balance Volume dengan Warna Merah (ini bisa dipilih di menu bar sebelumnya)

Muncul Tampilan On Balance Volume yang Digabungkan dengan EMA 90

Berikut adalah Beberapa Tips untuk Menggunakan Indikator On Balance Volume dan Perhatikan Gambar Di Bawah :

Biasanya OBV mendahului pergerakan harga, sehingga pada saat investor kemudian membeli secara masif, OBV juga ikut melonjak. Demikian pula sebaliknya OBV turun saat harga juga turun. Dengan demikian OBV seperti memiliki trend tersendiri. Anda dapat menggunakan teknik breakout dan breakdown padagrafik OBV untuk meramalkan pergerakan harga.
Liat EMA 90 yang digabungkan pada OBV saat turun bersamaan dan harga otomatis akan terkonfirmasi turun pula. Sebagai catatan, tutup posisi bila OBV berbalik arah atau menjadi datar. Bila OBV bergerak datar, berarti saat itu pasar juga sedang sideways. Trend tidak terbentuk. Saat ini sebaiknya Anda menunggu sampai terbentuk trend yang lebih jelas.

RECOMMENDATION FROM EXPERT :

  • Jadi, diharapkan artikel ini dapat memberikan kemudahan anda dalam trading. Temukan informasi mengenai analisa fundamental dan teknikal yang lain yang mudah dan cocok untuk anda dalam segala kondisi market.
  • Share artikel ini ke temanmu dan DAPATKAN FREE KONSULTASI TRADING ini langsung dengan Saya untuk memaksimalkan profit anda.
  • CALL atau whatsapp dan cari GERALD silahkan hubungi di SINI

Artikel Terkait