SEMUA ARTIKEL

SEMUA ARTIKEL

RAHASIA ALGORITMA SATOSHI TERUNGKAP!

Story by : satrio
Category at: Berita
Published : April 12, 2024
Dilihat: 197 kali

Konsultan Perdagangan yang sudah berkiprah di dunia trading selama lebih dari 5 tahun di Pasar Modal yang membantu Trader dan Investor professional mendapatkan layanan, rekomendasi, dan strategi handal. Ia lulus dari Universitas Brawijaya dan memperoleh gelar Sarjana Ekonomi di bidang Manajemen Bisnis. Selain itu, juga memiliki pengetahuan dalam pasar forex dan cryptocurrency..


zoom

Gambar: Ilustrasi Satoshi Nakamoto, Pencipta Bitcoin yang menghilang

Sumber: Google

       15 tahun lebih Bitcoin hadir membuat decak kagum pada warga dunia, akibat performa aset yang melampaui seluruh jenis aset di dunia, bahkan sekelas S&P dan Nasdaq. Bahkan tidak heran, akibat kecanggihan teknologi ini, membuat industri perbankan saat ini mulai was-was akan ancaman disrupsi yang dapat timbul dengan kehadiran Bitcoin. Di balik kesuksesan penyempurnaan teknologi kriptografi oleh Satoshi Nakamoto, menimbulkan tanda tanya pada sebagian besar orang yang telah lama melakukan perdagangan market kripto. Pertanyaannya yang pasti adalah apakah apa rahasia dari kesuksesan Bitcoin selama ini. Setelah menggeluti dunia kripto lebih dari 5 tahun, analis menemukan fakta menarik bahwa ternyata kuncinya ada pada algoritma dalam codingan Bitcoin yang diciptakan Satoshi. Berikut adalah beberapa easter egg Bitcoin.

 

SATOSHI ITU JENIUS

Gambar: Whitepaper Bitcoin  

Sumber: Bitcoin.org

       Untuk menjaga keamanan dalam program komputasi Bitcoin, Satoshi menciptakan sebuah konsensus yang dinamakan rantai blok (blockchain). Dengan metode ini, keamanan transaksi tidak akan mampu diretas oleh oknum yang bertanggungjawab (cracker). Teknologi ini dinamakan SHA-256 (Secure Hash Algorithm 256-bit). SHA 256 bekerja dengan melakukan transformasi data yang menggunakan fungsi hash. Penerapan SHA secara umum dengan melakukan enkripsi kata sandi menggunakan pengacakan hash pada pengiriman data tertentu yang berdasarkan kata sandi sebenarnya. Ketika terjadi peretasan, SHA akan melindungi melalui hash yang tidak bisa dibaca tanpa adanya deskripsi maupun kata sandi asli. Pada intinya dengan SHA-256, seseorang tidak akan dapat membuka private key yang muncul dari transaksi seseorang karena untuk meretas suatu transaksi, membutuhkan kode terenkripsi dari blok transaksi sebelumnya dan membutuhkan kesepakatan konsensus (komunitas) untuk validasi. Sementara kode antar blok transaksi saling terhubung dan harus bersifat runtut. Sehingga mustahil seorang hacker ternama sekalipun untuk mengubah, meretas, atau membobol transaksi maupun sistem jaringan Bitcoin. Informasi tambahannya adalah teknologi SHA-256 ini merupakan penyempurnaan dari projek Amerika Serikat yang sebelumnya adalah SHA-1 dan SHA-2. 

 

HALVING ITU NYATA

Gambar: Isi algoritma Bitcoin yang diciptakan oleh Satoshi

Sumber: Github Bitcoin

       Berdasarkan validasi dari beberapa ahli jaringan dan komputasi di lapangan serta dikonfirmasi melalui pembacaan otomatis dari Chat GPT, terpampang jelas bahwa ini adalah salah satu algoritma yang menunjukkan bahwa halving itu nyata. Dari algoritma ini menunjukkan bahwa Satoshi membuat sebuah perintah komputasi dalam jaringan Bitcoin untuk melakukan pemotongan distribusi bonus blok kepada penambang Bitcoin atas jasa validasi transaksi yang mereka lakukan. Algoritma ini menunjukkan bahwa Bitcoin akan mengalami halving setiap 210,000 blok transaksi berhasil divalidasi oleh konsensus. Dan ini sudah dijalankan dari 1 Januari 2008. Sementara dari 3 halving sebelumnya hingga hari ini sudah terbentuk sekitar 839,000 blok dari total keseluruhan 840,000 blok. Yang artinya benar bahwa Halving tinggal hitungan hari lagi.

 

DISTRIBUSI POISSON, INSPIRASI HALVING

Gambar: Whitepaper Bitcoin

Sumber: Bitcoin.org

       Satoshi memperkenalkan Bitcoin pada tahun 2008 pada sebuah forum kriptografi rahasia. Di dalam forum ini berusaha menciptakan sebuah teknologi sistem pembayaran generasi terbaru yang diharapkan dapat menjadi solusi dari krisis moneter yang terjadi pada tahun itu. Forum ini sudah lahir dari tahun 1970, namun Satoshi baru muncul pada tahun 2008 dan langsung menyempurnakan teknologi ini dan menamainya Bitcoin. Setelah itu ia menghilang dari dunia seakan lenyap ditelan bumi. Mungkin sebagian besar masyarakat dunia sudah mengenal mekanisme halving pada Bitcoin. Ternyata, Satoshi mendapat inspirasi mekanisme halving untuk menjaga kecepatan masuknya supply Bitcoin baru ke dalam sirkulasi dari rumus matematika saat kita SMP (Sekolah Menengah Pertama), yaitu Distribusi Poisson. Satoshi mengkonversikan rumus matematika ini ke dalam bahasa pemrograman C untuk dapat berjalan dalam sistem jaringan Bitcoin. Yang dapat diasumsikan bahwa Satoshi ini bukanlah orang sembarangan. Satoshi entah individu maupun kelompok, adalah orang jenius. Jadi, kamu dapat memanfaatkan sinyal positif pasar Bitcoin ini dengan trading di Orbi Trade dan melakukan perdagangan di pair BTC/USD. Yuk! Trading bersama Orbi Trade. Orbi Trade “Trading with Guarantee”.

 

REKOMENDASI TRADING

Gambar BTC/USD H4 Chart

Sumber: Orbi Trade

       Halo traders! Price Action BTC/USD pada time frame H4 hari ini terlihat berpotensi membentuk Bullish Continuation, yang didukung dengan adanya rejection pada area classic support dan middle band dari indikator Bollinger Band serta histogram MACD bergerak naik, karenanya harga berpotensi menguat sampai dengan area harmonic resistance. Maka berpeluang untuk mencari posisi Buy.

Trading yang disarankan bisa mencari entry saat breakout atau pullback pada time frame yang lebih kecil.

 

KESIMPULAN:

      Melihat dari fakta kebenaran bahwa Bitcoin Halving itu adalah real yang terlihat dari algoritma Satoshi, trader dihimbau untuk memanfaatkan peluang menyongsong Bitcoin Halving 2024 ini, dengan melakukan perdagangan di market Bitcoin (BTC/USD). Tetap atur risk dan money management dengan baik untuk menghindari kerugian besar di trading. Gunakan teknik dan strategi yang terbukti menghasilkan profit konsisten. Selalu “do your own research”.

 

DISCLAIMER

       Pendapat, penelitian, analisis, atau informasi lain apa pun yang diberikan hanya untuk tujuan pendidikan dan bukan merupakan nasihat investasi atau keuangan, dan tidak dapat ditafsirkan sebagai rekomendasi untuk tindakan tertentu. Tidak ada pernyataan yang dibuat bahwa siapa pun yang menggunakan layanan ORBI TRADE akan mendapat untung atau tidak akan mengalami kerugian. ORBI TRADE tidak menjanjikan atau menjamin pendapatan atau hasil tertentu apa pun dari penggunaan Anda atas informasi yang terkandung di sini. Kinerja masa lalu belum tentu menunjukkan hasil di masa depan. Perdagangan dan investasi pada dasarnya adalah aktivitas yang berisiko dan hanya boleh dilakukan oleh orang-orang yang mampu menerima risiko tersebut dan kemungkinan kehilangan seluruh modal yang mereka investasikan untuk aktivitas tersebut, dan dalam beberapa kasus bahkan lebih besar lagi. Jangan berdagang dengan uang yang Anda tidak mampu kehilangannya. Anda bertanggung jawab penuh atas setiap keputusan investasi yang Anda buat, dan keputusan tersebut akan didasarkan sepenuhnya pada evaluasi Anda terhadap keadaan keuangan Anda, tujuan investasi, toleransi risiko, dan kebutuhan likuiditas.

 


Artikel Terkait