SEMUA ARTIKEL

SEMUA ARTIKEL

SEMUA TENTANG FRANC SWISS

Story by : Debby Lukito Goeyardi
Category at: SEPUTAR FOREX
Published : October 20, 2020
Dilihat: 3905 kali

Debby Lukito Goeyardi adalah seorang penulis yang sudah menerbitkan belasan buku. Dengan bekal ilmu dari jurusan Business Administration di Kennedy-Western University, Debby siap memasuki dunia pasar keuangan bersama PT. Astronacci International.


zoom

Begitu mendengar nama Swiss atau Switzerland, Anda mungkin langsung teringat pada jam tangan buatan negara Swiss yang mendominasi industri pembuatan jam tangan di dunia. Merk-merk jam tangan terkenal buatan Swiss, seperti Rolex, Tag Heuer, Omega, Rado dan sebagainya.

Secara resmi, Switzerland atau negara Swiss disebut sebagai Konfederasi Swiss (Swiss Confederation) merupakan negara federal yang terdiri dari 26 wilayah di Eropa Tengah. Negara dengan nama Latin ‘Confoederatio Helvetica’ ini berbatasan dengan Perancis di sebelah Barat, Liechtenstein dan Austria di sebelah Timur, Jerman di sebelah Utara serta Jerman di sebelah Utara. 

Negara yang merupakan salah satu negara paling aman di seluruh Eropa ini memiliki mata uang bernama Franc Swiss. Berikut beberapa fakta mengenai Franc Swiss yang perlu dipahami oleh seorang trader:

  • Mata uang Franc Swiss digunakan di negara Swiss dan Liechtenstein sejak tahun 18798.
  • Franc Swiss merupakan mata uang resmi di negara Swiss yang disimbolkan sebagai CHF (Confederatio Helvetica Franc).
  • Setiap satuan mata uang Franc Swiss dibagi menjadi 100 Rappen, Centime dan Centesimi. Mata uang Franc Swiss terbagi menjadi 10, 20, 50, 100 200 dan 1.000 franc. 
  • Federal Coinage Act pertama yang disahkan oleh Majelis Federal pada tanggal 7 Mei 1850 ini memperkenalkan Franc sebagai unit moneter Swiss. Franc Swiss diperkenalkan setara dengan Franc Perancis. 
  • Nama "franc" berasal dari bahasa Latin: "Francorum rex". Kata-kata ini bermakna  Raja Franc dan ditemukan terukir di koin Perancis kuno.
  • Franc Swiss memiliki beberapa nama julukan, seperti Stutz, Amiese, Liber, Stei dan Frankler. 
  • Setoran bank dalam Franc Swiss dikenakan suku bunga negatif sejak tahun 2014. Suku bunga negatif merupakan suku bunga dengan persentase di bawah angka nol per tahunnya. Suku bunga negatif ini diterapkan oleh bank sentral. Penerapan ini memiliki tujuan supaya bank-bank komersial menyalurkan dananya ke masyarakat dan tidak hanya menyimpan di bank sentral saja. 
  • Tidak hanya di negara Swiss, CHF juga merupakan mata uang resmi di Lichtenstein, Campione d’Italia di negara Italia serta Bussingen yang merupakan sebuah kota di Jerman. 
  • Dengan penilaian didasarkan pada nilai yang dimiliki dari cadangan, CHF berada di peringkat ke-5 atau ke-6 setelah dolar AS, Euro, Yen Jepang dan Pound sterling Inggris.
  • Uang kertas 1'000 franc adalah denominasi yang paling banyak beredar dengan lebih dari 60% sirkulasi. Namun, uang kertas 1.000 franc ini tidak bisa diterima untuk pembayaran tunai di hampir semua toko. Rupanya, uang kertas tersebut terutama digunakan sebagai media pelestarian nilai. 
  • Uang kertas 1.000 CHF adalah uang kertas dengan nilai peredaran tertinggi di seluruh dunia. Hingga tahun 2014, hanya ada satu uang kertas yang diterbitkan dengan nilai yang lebih tinggi dari CHF tersebut yaitu 10.000 Dolar Singapura. 
  • Franc Swiss merupakan mata uang ‘safe haven’ di mana mata uang tersebut tetap stabil selama masa volatilitas, ketidakpastian pasar serta krisis ekonomi.   
  • CHFmasuk dalam daftar mata uang yang paling populer. CHF memiliki nama lain, yaitu Swissy.
  • Mata uang resmi negara Swiss yaitu Franc Swiss dan baru-baru ini disebut sebagai ‘Kepala’ atau Chief di antara investor valas ritel.
  • Swiss memiliki Produk Domestik Bruto (PDB) per kapita tertinggi kedua di dunia. Pada akhir tahun 2015, PDB Swiss per kapita berada di CHF 77.943 (sekitar EUR 73.000 atau USD 81.000).

 


Artikel Terkait