SEMUA ARTIKEL

SEMUA ARTIKEL

SUKU BUNGA DIUMUMKAN MINGGU INI!

Story by : satrio
Category at: Berita
Published : March 18, 2024
Dilihat: 214 kali

Konsultan Perdagangan yang sudah berkiprah di dunia trading selama lebih dari 5 tahun di Pasar Modal yang membantu Trader dan Investor professional mendapatkan layanan, rekomendasi, dan strategi handal. Ia lulus dari Universitas Brawijaya dan memperoleh gelar Sarjana Ekonomi di bidang Manajemen Bisnis. Selain itu, juga memiliki pengetahuan dalam pasar forex dan cryptocurrency..


zoom

Foto: Jerome Powell, Chairman of Federal Reserve

Sumber: New York Times

       Jelang rapat The Fed, emas terpantau turun hingga 2% dari harga tertingginya di US$2,195.2. Pengumuman ini tentunya menjadi momen terpenting tahun ini, pasca reli emas selama lebih dari 1 bulan sejak menginjak harga kisaran US$1900. Tidak dapat disangka bahwa emas mampu menembus harga tertinggi baru sepanjang sejarah kembali hanya dalam hitungan bulan. Keputusan The Fed pada minggu ini merupakan yang ditunggu-tunggu para pelaku ekonomi, khususnya trader gold (XAU/USD). Pasalnya dampak keputusan suku bunga sangat berpengaruh pada pergerakan harga emas jangka panjang. Suku bunga diturunkan, dipertahankan, ataupun dinaikkan akan menjadi perhatian investor dan trader emas. Secara data ekonomi, kita dapat memprediksi keputusan The Fed nanti.

 

INFLASI AS MENJADI PENENTU

Foto: Tingkat Inflasi AS

Sumber: Trading Economics

       Tingkat inflasi suatu negara menjadi indikator kunci penilaian kondisi perekonomian suatu negara. Inflasi mata uang dollar Amerika Serikat sangat berdampak pada ekonomi dunia. Hal ini disebabkan karena Amerika Serikat mendominasi seluruh sektor perekonomian dunia. Saat ini, data inflasi terakhir Amerika Serikat menunjukkan inflasi sebesar 3.1%, tampak lebih besar dari ekspektasi dan cenderung sideways dari bulan ke bulan. Pada bulan sebelumnya juga menunjukkan negatif. Jika merujuk pada target Federal Reserve sendiri, diarahkan menuju 2%. Sehingga hingga bulan Februari kemarin, target belum tercapai. Sehingga untuk menstabilkan ekonomi, besar potensi bahwa The Fed minimal akan mempertahankan suku bunga sampai di level target mereka.

 

INDEKS HARGA KONSUMEN

Foto: Consumer Price Index Amerika Serikat

Sumber: Investing.com

       Indeks Harga Konsumen (CPI) merupakan mengukur perubahan harga barang dan jasa dari perspektif konsumen. Apabila terdapat perubahan harga yang cenderung naik, maka itu akan menjadi mimpi buruk bagi perekonomian AS. Data CPI ini juga akan menjadi data acuan bagi The Fed selain inflasi. Kenaikan harga barang merupakan sinyal inflasi juga. Pada bulan Februari lalu tampak, datanya menunjukkan hasil positif dan optimis terhadap nilai mata uang USD. Sehingga diprediksi bahwa harga barang di Amerika saat ini cenderung stabil dibandingkan tahun lalu saat pandemic COVID-19. Hal ini menjadi pertanda baik bahwa inflasi lebih baik dibanding tahun lalu. Dari data ini, kita dapat berspekulasi bahwa The Fed minimal mempertahankan suku bunga.

 

DAMPAK SUKU BUNGA TERHADAP EMAS

Sumber: Okezone

          The Federal Reserve akan mengumumkan suku bunganya pada hari Kamis, 21 Maret 2024 minggu ini pada jam 01 pagi WIB. Jadi apabila suku bunga nanti turun, maka pergerakan harga emas akan mengalami kenaikan. Sebaliknya, jika suku bunga dinaikkan, maka harga emas akan cenderung turun. Jika dikaitkan dengan data pendukung inflasi dan CPI tadi, maka ada potensi besar suku bunga akan dinaikkan, mengingat target The Fed di angka normal 2% belum tercapai, walaupun data CPI menunjukkan hasil positif. Namun, ini hanya bersifat prediksi berdasarkan data pendukung. Semua keputusan berada di rapat The Fed nanti. Untuk itu selalu pantau berita pengumuman suku bunga pada Kamis mendatang. Jadi saat ini, sembari menunggu keputusan, trader dapat memanfaatkannya dengan trading di Orbi Trade dengan melakukan perdagangan di pair XAU/USD. Yuk! Trading bersama Orbi Trade. Orbi Trade “Trading with Guarantee”.

 

REKOMENDASI TRADING

Gambar XAU/USD H4 Chart

Sumber: Orbi Trade

       Halo traders! Price Action XAU/USD pada timeframe H4 hari ini terlihat berpotensi membentuk pola Falling Wedge, yang didukung dengan adanya rejection pada area support dan lower band dari indikator Bollinger Band, karenanya harga berpotensi menguat sampai area Classic Resistance. Maka peluang untuk melakukan order entry Buy bisa dilakukan.

Trading yang disarankan bisa mencari entry saat breakout atau pullback pada timeframe yang lebih kecil.

 

KESIMPULAN:

      Melihat pengumuman suku bunga oleh The Fed yang hanya menghitung hari, maka traders dihimbau untuk memantau hasil keputusan nanti dikarenakan dampaknya yang sangat besar pada market gold. Tetap atur risk dan money management dengan baik untuk menghindari kerugian besar di trading. Gunakan teknik dan strategi yang terbukti menghasilkan profit konsisten. Selalu do your own research.

 

DISCLAIMER

       Pendapat, penelitian, analisis, atau informasi lain apa pun yang diberikan hanya untuk tujuan pendidikan dan bukan merupakan nasihat investasi atau keuangan, dan tidak dapat ditafsirkan sebagai rekomendasi untuk tindakan tertentu. Tidak ada pernyataan yang dibuat bahwa siapa pun yang menggunakan layanan ORBI TRADE akan mendapat untung atau tidak akan mengalami kerugian. ORBI TRADE tidak menjanjikan atau menjamin pendapatan atau hasil tertentu apa pun dari penggunaan Anda atas informasi yang terkandung di sini. Kinerja masa lalu belum tentu menunjukkan hasil di masa depan. Perdagangan dan investasi pada dasarnya adalah aktivitas yang berisiko dan hanya boleh dilakukan oleh orang-orang yang mampu menerima risiko tersebut dan kemungkinan kehilangan seluruh modal yang mereka investasikan untuk aktivitas tersebut, dan dalam beberapa kasus bahkan lebih besar lagi. Jangan berdagang dengan uang yang Anda tidak mampu kehilangannya. Anda bertanggung jawab penuh atas setiap keputusan investasi yang Anda buat, dan keputusan tersebut akan didasarkan sepenuhnya pada evaluasi Anda terhadap keadaan keuangan Anda, tujuan investasi, toleransi risiko, dan kebutuhan likuiditas.

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 


Artikel Terkait