STRATEGI TRADING

STRATEGI TRADING

Keuangan Amburadul? Ini 5 Langkah Mengelola Keuangan Tahun 2023 Agar Lebih Terorganisir dan Terkontrol 

Story by : Hadi J
Category at: STRATEGI TRADING
Published : December 21, 2022
Dilihat: 238 kali

Hadi adalah penasihat perdagangan di pasar berjangka sebagai pedagang valas dan komoditas. Sebagai seorang trader scalper, Dia menggunakan strategi Trendline dan Indikator Aligator untuk trading. Dia akan membantu Anda mempelajari cara menghasilkan uang dari 'zero' menjadi 'hero'.


zoom

Ingin keuangan kamu selamat saat menghadapi resesi tahun 2023? Saya ingin membagikan 5 langkah mengelola keuangan tahun 2023.

Setiap orang pasti berharap memiliki keuangan yang sehat. Namun, sayangnya banyak orang justru sebaliknya. Pengelolaan keuangan mereka justru amburadul.

Nah, mumpung kita baru menginjakan kaki di awal tahun 2023, sebaiknya kamu mulai menata kondisi finansial. Belajarlah jadi lebih terorganisir dan terkontrol dalam mengelola uang. 

Lalu bagaimana cara mengelola keuangan? Berikut 5 langkah mengelola keuangan di tahun 2023. 

5 Langkah Mengelola Keuangan Tahun 2023

Berikut adalah beberapa tips yang bisa kamu lakukan untuk mengelola keuanganmu di awal tahun:

1. Buat rencana mengelola uang setahun

Tetapkan rencana keuanganmu selama setahun. Sebelum mengelola keuangan, kamu tentu perlu perencanaan keuangan. Nah, awal tahun jadi waktu yang paling tepat untuk menyusun rencana keuangan selama setahun.

Contoh rencana keuangan seperti menabung, membeli rumah, membeli kendaraan, dana pendidikan, dan lainnya.

Mumpung awal tahun, kamu bisa mengevaluasi kembali keuanganmu tahun lalu. Cek kembali pemasukan dan pengeluaran kamu selama tahun 2022. Dengan melakukan evaluasi maka kamu akan menemukan perbaikan kondisi keuanganmu. 

2. Mengatur ulang anggaran bulanan

Setelah membuat rencana keuangan selama satu tahun, langkah berikutnya kamu perlu membuat anggaran bulanan. Caranya, dengan mencatat semua pengeluaran selama satu bulan.

Setelah dicatat, kamu kelompokan ke dalam beberapa kategori. Misalnya kategori pengeluaran rutin, pengeluaran cicilan, pengeluaran huburan, pengeluaran tidak terduga, dan lainnya. 

Dengan membuat kategorisasi ini, kamu bisa menetapkan batasan pada masing-masing kategori. Jikalau kamu menemukan satu kategori yang overbudget, kamu bisa menetapkan penghematan.

3. Buat daftar prioritas pengeluaran

Langkah lmengelola keuangan tahun 2023 berikutnya adalah membuat daftar prioritas pengeluaran. 

Setelah kamu mengatur ulang anggaran bulanan, langkah selanjutnya adalah membuat daftar prioritas pengeluaran. 

Daftar ini bisa membantu kamu menentukan pengeluaran yang paling penting dan harus dilakukan di awal tahun, seperti pembayaran tagihan utilitas, cicilan kredit, dan lainnya.

4. Gunakan aplikasi pengelola keuangan

Puyeng membuat pengelola keuangan harian? Lupa mencatat pengeluaran harian? Kamu tidak perlu pusing. 

Sekarang ada banyak aplikasi pengelolaan keuangan yang bisa kamu gunakan dari perangkat mobile. Aplikasi ini bisa kamu unduh dari Play Store atau IOS Store. Dari aplikasi berbayar hingga gratis tersedia. 

Nah, aplikasi ini membantu kamu untuk mencatat pemasukan bulanan, mencatat pengeluaran tiap hari, hingga sisa uang bulanan.

Jadi dengan aplikasi ini cashflow bulanan kamu akan terlihat. Tak hanya itu, di beberapa aplikasi juga menyediakan analsis dan reporting. 

5. Hindari membuat hutang baru

Stop berhutang! Stop menggunakan kartu kredit! Stop menggunakan PayLater! Hutang cuma menambah beban baru dicahflow keuangan kamu.

Saya tidak merokomendasikan kamu mengambil hutang demi bisnis. Sebisa mungkin untuk bikin bisnis mulailah dari nol. Secara bertahap kembangkan bisnis kamu. Jangan langsung ambil hutang besar di awal-awal usaha. Resikonya sangat besar. 

Pun jikalau keuangan kamu siap berhutang, jangan ambil hutang dengan bunga yang sangat besar. Sebagai contoh hutang pinjaman online. Kamu pasti pernah mendengar berita beberapa orang terjebak pinjaman online dengan bunga yang mencekik leher.

Saya juga sangat menentang berhutan demi keperluan konsumtif. Salah satu kesalahan yang membuat tujuan finansial kamu sulit tercapai yaitu menimbun hutang konsumtif. 

Itulah lima langkah mengelola keuangan tahun 2023 agar lebih terorganisir dan terkontrol. Semangat mencoba. Semoga tujuan finansial kamu tercapai tahun ini.


Artikel Terkait