STRATEGI TRADING

STRATEGI TRADING

MARKET SIDEWAYS TIDAK BISA TRADING? KATA SIAPA!

Story by : Indri Dwi
Category at: STRATEGI TRADING
Published : February 17, 2020
Dilihat: 3203 kali

Indri Dwi adalah Seorang Trading Coach dan Profesional trader yang memiliki lebih dari 8 tahun pengalaman dalam perdagangan Emas & Forex. Keahliannya dalam trading khususnya saat menggunakan Exponential Moving Average. Indri ada disini untuk membimbing Anda dalam trading dan membantu Anda menemukan broker yang tepat dan terpercaya..


zoom

Ketika sedang bersemangat trading, mungkin Anda sering menemui kenyataan bahwa pasar bergerak sideways, atau sebagian trader menyebutnya flat. Ada pula yang menyebutnya dengan istilah yang lebih kejam, yaitu pasar mati. Dalam market futures, harga memiliki kecenderungan untuk bergerak mengarah ke atas (Uptrend) atau ke bawah (Downtrend). Ada kalanya juga harga bergerak Sideways atau bergerak dalam range (ranging) setelah trending. 

Dalam kondisi sideways kita tidak akan pernah tahu kapan akan berakhir, yang bisa kita lakukan adalah menunggu atau keluar dari pasar seperti ini sampai kondisi trend benar- benar jelas. Dalam kondisi ini area sideways dari sebuah market juga bisa disebut area supply dan demand, area supply artinya banyaknya candlestick yang berjajar yang posisinya di atas atau resistance sedangkan area demand artinya banyaknya candlestick yang berjajar di area support.

Kondisi market sideways disebabkan karena antara bullish (pembeli) dan bearish (penjual) sama kuat. Ada juga yang menyebutnya dengan kondisi market yang stagnan atau jalan ditempat. Nah, Namun tidak semua kondisi Sideways selalu sama, ada yang bisa ditradingkan dan ada yang harus dihindari.

Oleh Karenanya, Berikut ini Kami Sarankan untuk Anda yang Trading dalam Kondisi Sideways:

  1. Anda Harus Menentukan Kondisi Sideways Yang Bisa Ditradingkan

    Kondisi Sideways dalam market bisa ditradingkan jika dibatasi oleh range harga yang jelas. Dalam hal ini, harga berosilasi atau bergerak di dalam range yang tetap di antara level Support Resistance. Untuk mengetahui apakah kondisi Sideways layak ditradingkan atau tidak, bisa dilihat dengan melakukan zoom out, atau melihat pergerakan harga pada Time Frame yang lebih tinggi. Apakah pasar tampak jelas bergerak trending, baik Uptrend atau Downtrend? Jika tidak tampak trending, itu tandanya market sedang dalam kondisi Sideways. Apabila Sideways maka tentukan apakah pergerakannya dalam range yang jelas atau cenderung choppy (tidak beraturan). Berikut Contoh Kondisi Sideways dalam Chart dengan Range Trading yang Jelas: 



    Tampak pada chart di atas, harga berada dalam trading range yang jelas di antara level Resistance kunci (Key Resistance) dan Support kunci (Key Support). Level-level tersebut merupakan patokan untuk Entry dan Exit serta tempat kita melihat kemungkinan adanya sinyal trading yang valid. Dengan range yang jelas, kita juga bisa menentukan Risk Reward Ratio yang memadai, karena kemungkinan pergerakan harga dari level Support ke Resistance dan sebaliknya cukup besar.
     
  2. Kondisi Choppy: Tidak Layak Trading

    Kondisi choppy adalah istilah yang dipergunakan untuk menggambarkan kondisi pasar yang berkonsolidasi dalam range yang sempit. Anda tidak bisa melihat gelombang-gelombang yang terjadi dengan jelas. Kondisi seperti ini tidak layak trading karena jarak antara titik balik yang terjadi tidak cukup lebar sehingga tidak memungkinkan untuk menerapkan risk-to-reward ratio yang baik. Kondisi choppy lebih kurang bentuknya seperti gambar di bawah ini:



    Perhatikan bahwa pada gambar di atas, price action yang berada dalam kotak bergerak sangat choppy dan bergerak dalam range yang sangat sempit. Perhatikan pula bahwa dua MA yang terpasang bergerak sangat rapat. Itulah tanda-tanda choppy market yang sebaiknya Anda jauhi. Trading saat choppy market sebenarnya lebih dekat kepada gambling. Apalagi secara psikologis kondisi seperti ini sulit untuk dihadapi dan Anda akan mudah terjebak dengan mengira akan terjadi breakout, padahal tidak.

RECOMMENDATION FROM EXPERT:

  • Jadi, cara ini dianggap ampuh dalam menyiasati market dalam kondisi sideways. Jangan menyerah untuk terus mencari informasi mengenai pembelajaran khususnya dalam teknikal analisa yang bisa membuat anda mencapai tujuan dalam trading.
  • Terus belajar dan jangan menyerah, dapatkan FREE Edukasi di Live Trading School MRG Premiere
  • Share artikel ini ke temanmu dan DAPATKAN FREE KONSULTASI ini langsung dengan Saya untuk memaksimalkan profit anda.
  • CALL atau Whatsapp ke SINI dan cari INDRI

Artikel Terkait