STRATEGI TRADING

STRATEGI TRADING

PENGERTIAN GAPS DALAM FOREX

Story by : Geraldo Kofit
Category at: STRATEGI TRADING
Published : February 18, 2022
Dilihat: 892 kali

Geraldo Kofit adalah Seorang Profesional Trader yang sudah lama berkecimpung di dunia trading kurang lebih 2 tahun. Dengan 2 teknik sederhana Trend Line dan Moving Average, Gerald siap untuk membantu anda sebagai Trading Advisor handal..


zoom

Celah atau GAPS yang terdapat pada harga disebut dengan area di dalam grafik, dimana tidak terdapat satu transaksi pun yang telah terjadi, pola ini terbentuk karena kekosongan, baik jual/beli dikarenakan oleh terlalu membanjirnya amanat jual/beli. Formasi Celah yang mengarah ke atas mencerminkan pasar yang kuat, sedangkan arah yang sebaliknya, Celah yang mengarah ke bawah mencerminkan pasar yang lemah. Akan tetapi keduanya mencerminkan potensi kekuatan pergerakan harga yang akan menyusul di kemudian hari. GAPS dapat dibagi menjadi beberapa bagian, yakni :

A. Common GAPS 

Common Gaps seperti ini sering kali kita jumpai, yaitu gaps yang langsung ditutup kemudian. Contoh kejadian gaps yang langsung ditutup atau closing windows. Common gaps biasanya muncul pada suasana kondisi harga mengalami pergerakan dalam range harga tertentu atau pada area yang tertahan yang kemudian mengalami tekanan yang sangat kuat untuk bergerak. Berhati-hati dengan tipe ini adalah sangat baik tetapi jika ragu-ragu pergerakan seperti ini juga memberikan kesempatan untuk mendapatkan peluang. 

B. Breakaway GAPS 

Breakaway gaps sangat menarik.Perihal ini terjadi ketika harga menembus trading range atau area yang tertahan. Untuk memahami gaps ini, seseorang harus memahami proses alami pada area yang tertahan. Yaitu harga yang bergerak dalam range harga tertentu dalam beberapa periode. Titik dimana harga mengalami breakout merupakan harga support begitu juga jika sedang mengalami breakout kebawah titik dimana harga baru yang di tempuh akan menjadi resistance. Konfirmasi yang baik dari trading gaps adalah sebaiknya anda melihat dari dekat bagaimana formasi yang terbentuk. Misalnya saja harga mengalami pressure pada titik dimana telah mendekati support, maka sebaiknya anda mulai memperhatikan kejadian ini. 

C. Runaway GAPS 

Runaway gaps mengambarkan dengan sangat jelas bahwa telah terjadi besarnya tekanan yang dapat mempengaruhi sebuah pergerakan harga pada saat harga sedang bergerak tajam. Suatu pernyataan dari seorang trader bahwa runaway gaps adalah sebuah ukuran untuk memutuskan sebarapa lama trend akan berhenti. Theory ini mengatakan bahwa ukuran gaps ini adalah setengan dari pergerakannya. Meskipun sulit untuk dibuktikan kata-kata ini, tetapi setidaknya membantu kita untuk lebih waspada saat menjalankan transaksi. 

D. Exhaustion 

Exhaustion gaps ialah sebuah pergerakan dimana harga yang terjadi hampir mendekati titik akhir dari sebuah pergerakan trend turun atau trend naik. Dimana terdapat beberapa kali signal yang menunjukkan bahwa trend akan berakhir, salah satunya adalah Exhaustion Gaps. Yang membedakan runaway gaps dengan exhaustion gaps ialah pengertian gaps ini adalalah euphoria dari pergerakan suatu harga yang teryata tidak mampu untuk dilanjutkan.

RECOMMENDATION FROM EXPERT :

  • Pastikan anda Mengetahuinya dengan BACA dan PAHAMI dalam artikel ini.
  • Share artikel ini ke temanmu dan DAPATKAN FREE KONSULTASI langsung dengan Saya untuk mengenal trading lebih detail.
  • CALL atau whatsapp dan cari GERALD silahkan hubungi di SINI

Artikel Terkait