STRATEGI TRADING

STRATEGI TRADING

STRATEGI TRADING DENGAN POLA ENGULFING

Story by : Hadi J
Category at: Artikel Baru
Published : June 22, 2022
Dilihat: 685 kali

Hadi adalah penasihat perdagangan di pasar berjangka sebagai pedagang valas dan komoditas. Sebagai seorang trader scalper, Dia menggunakan strategi Trendline dan Indikator Aligator untuk trading. Dia akan membantu Anda mempelajari cara menghasilkan uang dari 'zero' menjadi 'hero'.


zoom

Mengetahui pembalikan dan kelanjutan tren harga (price reversals and continuations) adalah skill yang sangat penting untuk dimiliki oleh trader. Melalui analisa price action, trader bisa mempelajari bagaimana menggunakan pola candlestick untuk beraksi di pasar. Pola-pola candle bisa memberi wawasan visual yang sangat berguna untuk digunakan dalam strategi trading apapun. Dan artikel ini akan fokus pada pengenalan trading dan salah satu sinyal reversal harga yang paling jelas, yaitu dengan memanfaatkan pola bullish engulfing candle.

Pola Bullish Engulfing

Pola bullish engulfing adalah pola candlestick yang biasanya bisa ditemukan pada akhir downtrend (lihat gambar diatas). Pola ini terdiri dari dua candle yang sudah terbentuk sempurna. Candle pertama menggambarkan akhir dari penurunan harga yang dialami suatu pair. Ukurannya bisa berbeda-beda dari waktu ke waktu, dan perbedaan ukuran itu tidak begitu relevan. Namun demikian, candle tunggal seperti doji dianggap bagus bila ada di posisi ini, karena bisa merefleksikan kebingungan pasar pada saat candle terbentuk.

Sementara candle kedua dianggap sebagai candle terpenting, yang mensinyalkan kembalinya bias bullish di pasar. Candle ini terdiri dari candle biru panjang yang menciptakan momentum harga. Idealnya, harga tertinggi (high) dari candle ini harus di atas harga tertinggi dari candle sebelumnya. Maka, semakin tinggi candle kedua ini, semakin kuat lah sinyalnya. Candle kedua tersebut menggambarkan jumlah buyer pada pair terkait yang mengungguli seller. Dan, jika bullish engulfing muncul saat harga sedang reli bullish, maka itu bisa menandakan para buyer akan memasuki pasar lagi dengan kekuatan lebih besar.

Pola Engulfing Bearish

Pola engulfing bearish sederhananya adalah kebalikan dari pola bullish. Ia memberikan sinyal terkuat ketika muncul di atas uptrend dan menunjukkan lonjakan selling pressure. Engulfing candle bearish sering memicu pembalikan trend yang ada karena lebih banyak seller yang memasuki pasar dan mendorong harga lebih turun. Pola ini melibatkan dua candle dengan candle kedua benar-benar menelan ‘tubuh’ candle hijau sebelumnya.

Interpretasi: price action harus menunjukkan uptrend yang jelas saat pola bearish muncul. Candle bearish yang besar menunjukkan bahwa seller menumpuk ke pasar secara agresif dan ini memberikan bias awal untuk momentum penuruan lebih lanjut. Trader kemudian akan mencari konfirmasi  bahwa trend benar-benar berbalik dengan menggunakan indikator, level support dan resistance, dan price action selanjutnya setelah pola engulfing.

POIN KUNCI

Pola bullish engulfing adalah pola grafik lilin yang terbentuk ketika lilin hitam kecil diikuti pada hari berikutnya oleh lilin putih besar, tubuh yang sepenuhnya tumpang tindih atau menelan tubuh lilin hari sebelumnya. Pola bullish engulfing lebih cenderung menandakan pembalikan ketika mereka didahului oleh empat atau lebih lilin hitam. Trader harus melihat tidak hanya pada dua lilin yang membentuk pola bullish engulfing tetapi juga ke lilin sebelumnya.

Strategi Pembalikan Engulfing Candle

Trader dapat trading dengan pola engulfing bearish dengan menunggu konfirmasi pergerakan dengan mengamati price action selanjutnya atau menunggu pullback sebelum memulai trading.

Lihat di bawah ini untuk panduan tentang cara trading pola engulfing candlestick yang diamati pada grafik empat jam chart berikut :

  • Entry: Carilah penutupan yang berhasil di bawah dasar engulfing candle bearish. Sebagai alternatif, trader dapat mencari retracement sesaat (menuju garis putus-putus) sebelum memasuki short trade.
  • Stop: Stop dapat ditempatkan di atas swing high dimana pola engulfing bearish muncul.
  • Target/take profit level: Targer dapat ditetapkan pada level support sebelumnya sambil memastikan rasio risk to reward yang positif. Rasio risk to reward digambarkan oleh persegi panjang hijau dan merah.

RECOMMENDATION FROM EXPERT:

  • Pastikan anda Mengetahuinya dengan BACA dan PAHAMI dalam artikel ini.
  • Share artikel ini ke temanmu dan DAPATKAN FREE KONSULTASI langsung dengan Saya untuk mengenal trading lebih detail.
  • CALL atau whatsapp dan cari HADI  silahkan hubungi di SINI

Artikel Terkait