ARTIKEL BARU

ARTIKEL BARU

3 KOMPONEN SISTEM KOMPUTER

Story by : Hadi J
Category at: PERANGKAT PEMBANTU
Published : July 22, 2021
Dilihat: 3008 kali

Hadi adalah penasihat perdagangan di pasar berjangka sebagai pedagang valas dan komoditas. Sebagai seorang trader scalper, Dia menggunakan strategi Trendline dan Indikator Aligator untuk trading. Dia akan membantu Anda mempelajari cara menghasilkan uang dari 'zero' menjadi 'hero'.


zoom

Sistem komputer tidak dapat berdiri sendiri. Agar dapat bekerja dengan baik, suatu perangkat komputer disusun oleh 3 komponen sistem komputer yakni software, hardware dan brainware. Berikut penjelasannya!

Komponen Software

Dalam bahasa Indonesia, software berarti perangkat lunak. Komponen ini disebut “lunak” sebab tidak dapat dilihat dan dipegang secara fisik oleh pengguna komputer. Software merupakan piranti yang dijalankan oleh user (pengguna) untuk mengatur dan mengontrol jalan kerja komponen hardware komputer agar dapat menghasilkan informasi yang diperlukan. Dengan kata lain, software merupakan alat yang digunakan oleh pengguna untuk menjalankan perintah kerja pada komputer. Jenis-Jenis Software:

Operating System
Dalam dunia komputer, sistem windows, macos, linux, dan lainnya ini dikenal sebagai operating system. Operating system atau sistem operasi komputer merupakan jenis software yang pertama. Operating system berperan sebagai pengendali sistem kerja dasar komputer, seperti proses pengolahan data menjadi informasi, input dan output.

Application Software
Application software adalah istilah lain dari program aplikasi yang biasa kita jumpai dikomputer. Contoh application software adalah microsoft office, adobe photoshop, mozilla firefox, dan lain sebagainya. Fungsi dari setiap application software memang berbeda tergantung tujuan pembuatannya. Namun secara umum, fungsi application software satu yakni untuk merampungkan pekerjaan dari user komputer.

Bahasa Program
Sebuah program memiliki bahasa tersendiri, seperti Java, PHP, C, python, dan lainnya. Bahasa program ini berfungsi untuk menerjemahkan beragam perintah atau instruksi agar dapat diterima oleh komputer. Ada pula yang mengartikan bahasa program sebagai bahasa khusus untuk user berkomunikasi dengan sistem komputer.

Utility Software
Jenis software terakhir adalah utility software. Ini adalah suatu program yang berfungsi membantu kelengkapan sistem kerja komputer. Contoh utility software yaitu CC cleaner, software anti-virus, firewall dan lainnya.

Komponen Hardware​​

Hardware adalah komponen sistem komputer yang kedua. Berbeda dengan software, hardware merupakan komponen dengan wujud fisik dan kasat mata. Oleh sebab itu, hardware juga dikenal sebagai perangkat keras. Contoh hardware yang akrab kita gunakan dalam aktivitas sehari-hari seperti memory, power supply, motherboard, hard disk, dan lainnya. Komponen hardware dapat dikelompokkan menjadi 4 bagian yakni CPU, input unit, output unit dan storage unit. Penjelasan dari setiap bagian adalah sebagai beriku:

Central Processing Unit (CPU)
Komponen hardware pertama adalah CPU. Peranan CPU adalah untuk menerima data dari input unit dan memprosesnya menjadi informasi. Semua proses pengolahan informasi di sistem komputer berlangsung di CPU ini. Jadi, bisa dikatakan bahwa CPU adalah “otak”nya komputer. Contoh dari Central Processing Unit ini adalah RAM, Northbride, Processor dan lainnya.

Input Unit
Input unit adalah komponen yang bertugas selayaknya gerbang masuk data, sebelum data diolah lebih lanjut oleh sistem komputer. Proses pengolahan data terjadi, pengguna pasti akan memasukkan data terlebih dahulu, bukan? Nah, disinilah input unit sistem komputer bekerja. Contoh input unit seperti mouse, scanner, USB, microphone, keyboard, dan lainnya. Setiap perangkat input nantinya akan memberikan bentuk data yang berbeda, tergantung pada jenisnya masing-masing.

Output Unit
Fungsi output unit berbanding terbalik dengan input unit. Output unit merupakan komponen yang memproduksi hasil olahan data atau informasi jadi untuk pengguna seperti tampilan suara, gambar, video dan dokumen. Contoh output unit adalah printer, monitor, proyektor, dan lainnya.

Storage Unit
Komponen hardware yang terakhir adalah storage unit yang dapat diartikan sebagai unit penyimpanan data. Sesuai namanya, bagian ini berfungsi untuk menyimpan data sebelum diproses lebih lanjut. Begitu juga dengan hasil proses data sebelum dipindahkan keunit output akhir, biasanya akan disimpan terlebih dahulu di storage unit.

Komponen Brainware

Komponen sistem komputer yang terakhir adalah brainware. Istilah brainware​​ merujuk pada sumber daya manusia yang memiliki kemampuan serta keahlian intelektual untuk mengoperasikan hardware dan software. Komponen brainware biasa disebut dengan user. Selanjutnya, user dapat dibedakan menjadi beberapa jenis yakni sebagai berikut.

Sistem Analis
Komponen brainware pertama adalah sistem analis. Untuk bisa menjadi seorang sistem analis, Anda harus menguasai cukup banyak skill mendasar seperti komunikasi interpersonal, manajerial, analisis dan teknis. Ini dikarenakan tugas dan kewajiban seorang sistem analis cukup beragam, mulai dari membuat rencana, meneliti, mengkoordinir hingga membuat rekomendasi terkait sistem komputer yang cocok untuk memenuhi kebutuhan penggunanya. Seorang sistem analis juga dituntut untuk mampu memahami sikap, fungsi dan tindak-tanduk perusahaan sekaligus merumuskan solusi untuk suatu permasalahan.

Administrator
Administrator bertanggung jawab mengelola program yang berjalan pada sistem operasi komputer agar dapat berjalan dengan baik. Ia juga berkewajiban untuk mengelola jaringan komputer dan sistem operasi lainnya yang tengah dijalankan oleh sebuah komputer.

Programmer
Selanjutnya adalah programmer. Seorang programmer memiliki keahlian khusus dibidang bahasa pemrograman seperti python, java, PHP, C, dan lainnya. Oleh sebab itu, programmer bertugas untuk membuat software guna memenuhi kebutuhan dari sistem komputer.

Operator
Pihak yang menjalankan program dan sistem operasi komputer disebut sebagai operator. Dalam melaksanakan pekerjaannya, operator bisa menggunakan aplikasi atau sistem komputer yang telah ada untuk mengerjakan proses pengolahan data.

 

RECOMMENDATION FROM EXPERT :

  • Pastikan anda Mengetahuinya dengan BACA dan PAHAMI dalam artikel ini.
  • Share artikel ini ke temanmu dan DAPATKAN FREE KONSULTASI langsung dengan Saya untuk mengenal trading lebih detail.
  • CALL atau whatsapp dan cari HADI silahkan hubungi di SINI

Artikel Terkait