ARTIKEL BARU

ARTIKEL BARU

5 Tips Mengatasi Emosi Ketika Trading

Story by : Citra Nuraini
Category at: Artikel Baru
Published : April 09, 2022
Dilihat: 464 kali

Seorang Blogger yang menyukai bidang jurnalistik, content writer, SEO, dan copywriting. Menyukai isu seputar dunia finansial, film, kebudayaan, dan human interest. Saat ini bergabung di belajartrading.co.id sebagai content writer.


zoom

Apa yang kamu rasakan saat trading? Emosi apa yang memenuhi dirimu? Perasaan penuh emosi saat trading merupakan hal yang wajar. Tapi kamu harus bisa mengontrolnya karena kegiatan trading dilakukan dengan kepala dingin. Kamu harus berpikir rasional ketika mulai open posisi. Berikut ini 5 tips mengatasi emosi ketika trading.

1. Petakan Emosi

Tips pertama untuk mengatasi emosi ketika trading yaitu kamu harus melakukan pemetaan emosi. Dalam satu momen, beberapa emosi sering muncul secara beriringan. Nah, kau harus bisa memetakannya. Apakah kamu merasakan emosi ketakutan, keserakahan, rasa tidak percaya diri, kena mental, nekat, dll. Setelah mengenali emosi diri, kamu bisa berfokus mengatasi yang muncul.

2. Hadapi Euforia Pasar 

Selain emosi dari dalam diri, langkah kedua yaitu hadapi euforia pasar. Para trader seringkali terjebak oleh kondisi market yang tidak menentu. Ketika pasar sedang bagus, para trader jadi optimis berlebihan. Mereka jadi lebih berani berlama-lama di pasar menunggu profit yang lebih besar. Sebaliknya, ketika kondisi pasar sedang lesu, para trader jadi dilanda ketakutan. Mereka tanpa ragu-ragu menjual posisinya agar segera merealisasikan profit yang masih kecil. 

3. Ciptakan Aturan Personal

Tetapkan batasan dan aturan kau sendiri. Aturan personal ini berguna untuk mengendalikan emosimu sendiri. Kamu bisa membuat batasan dan aturan personal seperti menetapkan tingkat toleransi risiko / imbalan untuk masuk dan keluar dari perdagangan, melalui target keuntungan dan/atau stop loss.

5. Buat jurnal trading

Catat setiap kegiatan trading kamu. Catat kegiatan trading kamu baik itu saat kamu profit maupun loss. Catat semua hal yang berhubungan seperti jumlah lot, titik entry, titik close, dan lainnya. Hal ini berguna untuk mengukur dan mengevaluasi proses trading kamu. Dari sini kamu juga bisa menganalisa metode dan strategi trading terbaik.

Bagaimana tips mengatasi emosi trading diatas? Mudah diterapkan bukan? Jika terasa berat, coba kamu terapkan satu-persatu.


Artikel Terkait