ARTIKEL BARU

ARTIKEL BARU

Akankah Bursa Kripto Hadir di Indonesia?

Story by : Citra Nuraini
Category at: Artikel Baru
Published : April 15, 2022
Dilihat: 484 kali

Seorang Blogger yang menyukai bidang jurnalistik, content writer, SEO, dan copywriting. Menyukai isu seputar dunia finansial, film, kebudayaan, dan human interest. Saat ini bergabung di belajartrading.co.id sebagai content writer.


zoom

Badan Pengawas Perdagangan Berjangka Komoditi (bappebti) memberikan sebuah pin up kabar gembira dalam perkembangan industri aset kripto di Indonesia. Pada awal 2022, jumlah investor dan nilai transaksi meningkat cukup signifikan.

Hingga Februari 2022, transaksi aset kripto telah mencapai Rp 83,8 triliun dengan jumlah pelanggan 12,4 juta investor. Peningkatan terjadi dibandingkan pencapaian pada akhir tahun 2021 sebanyak 11,2 juta.

Sayangnya di sisi lain, ekosistem kelembagaan aset kripto di Indonesia mulai dari bursa aset kripto, lembaga kliring berjangka, pengelola tempat penyimpanan, pedagang fisik aset kripto, dan bank penyimpan sebagai lembaga penyimpan dana pelanggan belum sepenuhnya ada. 

Balada Bursa Kripto yang Tak Kunjung Datang

Adanya beberapa kelembagaan aset kripto ini sedikit banyak akan berpengaruh pada pertumbuhan dan penguatan industri. Sayangnya, peluncuran bursa aset kripto (cryptocurrency) di Indonesia belum dapat dipastikan waktu pelaksanaannya, meskipun Bappebti selaku regulator mengklaim tidak ada kendala yang menghalangi.

Rencananya bursa kripto bisa diluncurkan pada kuartal I/2022. Namun, hingga saat ini, kabar peluncuran bursa aset kripto tak kunjung datang. Secara hukum, proses pembentukan bursa kripto, pemerintah mengacu pada Peraturan Bappebti No. 8/2021 tentang Pedoman Penyelenggaraan Perdagangan Pasar Fisik di Bursa Berjangka.

Bursa Kripto Hindari Monolopi Pasar

Lantas, apa sebenarnya fungsi dari Bursa kripto ini? Secara umum, bursa ini adalah platform untuk jual beli cryptocurrency atau mata uang kripto. Di bursa ini kamu juga bisa mengonversi satu jenis mata uang kripto ke mata uang kripto lainnya, misalnya mengkonversi bitcoin ke koin binance. 

Kamu bisa membeli mata uang kripto menggunakan mata uang biasa, seperti rupiah. Begitu sebaliknya, kamu juga bisa mengkonversi mata uang kripto ke rupiah. 

Namun, peran vital bursa kripto tak hanya itu. Hadirnya bursa kripto bakal menghindari adanya monopoli dari pelaku industri kripto.  Perlu diketahui bahwa bursa kripto merupakan wadah untuk mengawasi perdagangan mata uang kripto. Melalui bursa ini, nantinya kamu bisa mengetahui mata uang kripto jenis apa saja yang sedang untung atau rugi setiap saatnya. 

Kehadiran bursa ini sesungguhnya sangat penting demi memberikan perlindungan kepada masyarakat investor. Sebab, dalam ekosistem tersebut akan ada lembaga kliring yang memberikan jaminan atas transaksi yang dilakukan.


Artikel Terkait