ARTIKEL BARU

ARTIKEL BARU

ASPEK DASAR DALAM PSIKOLOGI TRADING : PATIENCE

Story by : Geraldo Kofit
Category at: Artikel Baru
Published : July 13, 2022
Dilihat: 614 kali

Geraldo Kofit adalah Seorang Profesional Trader yang sudah lama berkecimpung di dunia trading kurang lebih 2 tahun. Dengan 2 teknik sederhana Trend Line dan Moving Average, Gerald siap untuk membantu anda sebagai Trading Advisor handal..


zoom

Kesabaran yang dibutuhkan dalam trading, bukan hanya sabar menunggu waktu yang tepat untuk masuk pasar, sama halnya setiap orang yang harus bersabar dalam menjalankan proses-proses lainnya karena tidak akan ada sesuatu yang terjadi dengan cepat untuk mencapai sebuah kesuksesan. Seperti pada jenis usaha lainnya, kesabaran selalu dibutuhkan untuk membangun kegiatan usaha. Mungkin bisa dicontohkan seperti kesabaran menunggu konsumen yang akan membeli barang yang kita jajakan, sabar dalam menawarkan barang dagangan kita, sabar dalam mempertahankan harga yang sedang ditawar oleh konsumen, dan juga sabar dalam mengatur keuangan. Pendek kata, kesabaran selalu dibutuhkan dalam setiap kegiatan usaha. Namun sabar bukan perkara mudah, seperti tidak semudah kita menganalisis arah pergerakan market ke depan. Sabar tidak bisa dipelajari dengan perhitungan matematis. Sabar adalah watak, sikap, dan cerminan diri. Jadi, bagaimanakah kita dapat belajar untuk lebih sabar? 

  • Menyadari kalau kita tidak sabar
    Memang berat untuk menyadari kekurangan kita, tapi langkah pertama untuk mengatasi masalah adalah kita harus menyadari terlebih dahulu. 
     
  • Bersikap obyektif
    Saat kita mengamati posisi trading yang kita ambil,  berusahalah untuk obyektif. Jangan membuat analisa berdasar emosi kita.
     
  • Menyadari bahwa ketidaksabaran kita dapat menghasilkan serangkaian loss berturut-turut
    Dapatkah kita menerima serangkaian loss berturut-turut tersebut? Penting sekali untuk menyadari konsekuensi dari tindakan kita dan memutuskan apakah kita sanggup menerimanya. Jika kita tahu kita dapat menerimanya, maka kita akan lebih tenang dan dapat mengontrol trading kita. 
     
  • Telitilah situasi yang membuat Anda tidak sabar dan hindarilah
    Identifikasi saat-saat dimana kita menjadi tidak sabar. Apakah kita merisikokan terlalu banyak? Apakah kita lelah? Cara terbaik untuk mengontrol ketidaksabaran kita adalah dengan mengetahui kondisi atau situasi yang membuat kita tidak sabar dan menghindarinya.

Meningkatkan Sikap Sabar

Tiap trader umumnya sudah membuat strategi kapan masuk dan di mana lokasi masuk ke dalam trading. Strategi ini, jika diterapkan dengan benar, harusnya bisa memberi profit. Jika tidak, kenapa Anda selalu memakainya. Terdengar sangat sederhana, tapi kadang muncul beberapa masalah. Saat Anda melihat ada pergerakan naik secara cepat dari chart real-time dalam market secara langsung, otak seolah dikelabui dengan berpikir untuk segera masuk ke market mumpung pola tren naik belum terbentuk sempurna, padahal persiapan trading belum matang. Anda pasti tak mau melewatkan kesempatan besar ini, lalu masuk lebih cepat dan berakhir dengan kekalahan. Seperti itulah yang umum terjadi. Seharusnya, Anda tetap sabar dan selalu fokus pada strategi yang sudah disusun. Setidaknya, lihat hingga pola sedikit terbentuk dan tunggu sinyal masuk. Tak apa-apa jika hanya melewatkan satu kesempatan trading. Tapi jika Anda punya rencana untuk selalu profit di tiap trading yang Anda ikuti, coba lebih selektif. Hanya lakukan trading jika pergerakan dalam market sesuai dengan rencana, dan tunggu sinyal masuk sesuai yang sudah direncanakan.

RECOMMENDATION FROM EXPERT :

  • Pastikan anda Mengetahuinya dengan BACA dan PAHAMI dalam artikel ini.
  • Share artikel ini ke temanmu dan DAPATKAN FREE KONSULTASI langsung dengan Saya untuk mengenal trading lebih detail
  • CALL atau whatsapp dan cari GERALD silahkan hubungi di SINI

Artikel Terkait