ARTIKEL BARU

ARTIKEL BARU

BACKTESTING DAN STRATEGI TRADING ANDA

Story by : Debby Lukito Goeyardi
Category at: SEPUTAR FOREX
Published : February 19, 2021
Dilihat: 371 kali

Debby Lukito Goeyardi adalah seorang penulis yang sudah menerbitkan belasan buku. Dengan bekal ilmu dari jurusan Business Administration di Kennedy-Western University, Debby siap memasuki dunia pasar keuangan bersama PT. Astronacci International.


zoom

Trader pemula cenderung mengabaikan backtesting. Padahal backtesting bisa membawa hasil yang tidak terduga jika diterapkan dengan benar. Tentu saja, backtesting bukan sebuah ‘tongkat ajaib’ yang dapat secara otomatis menyelesaikan semua masalah yang Anda hadapi dalam situasi trading saat ini. Namun yang jelas, backtesting mampu meningkatkan peluang Anda di masa depan secara signifikan. Apalagi jika Anda pernah membuat beberapa kesalahan trading di masa lalu karena hal ini bisa menjadi suatu kesempatan belajar yang tepat yang dapat menjelaskan banyak hal mengenai kesalahan trading Anda sekaligus memberi Anda ide-ide untuk memperbaikinya. Seperti teknik lainnya, backtesting harus dimanfaatkan dengan benar untuk mendapatkan hasil yang tepat. Bagaimana backtesting bisa membantu strategi trading Anda?

Backtesting meminimalkan dampak dari variasi acak:

Tidak masuk akal jika Anda terus berharap bahwa pasar akan bergerak menuju kondisi stabil. Pahami bahwa keacakan terjadi di mana pun di pasar trading dan tidak ada cara untuk menghindarinya. Hal ini akan terus terjadi di masa mendatang. Dengan pendekatan backtesting yang baik, Anda tentunya bisa belajar banyak hal dari penyimpangan acak tersebut. Namun, terkadang Anda mungkin sedikit menyadari bahwa proses yang sekilas tampak acak tersebut sebenarnya dikendalikan oleh banyak hal. Tentu saja, Anda perlu menggabungkan pendekatan Anda dengan kemampuan analitis yang kuat untuk melihat hubungan tersebut dan mencari tahu di mana kesalahan Anda.

Memahami metrik utama Anda:

Masalah umum dalam trading yang sering kali dapat menyebabkan banyak masalah di masa mendatang adalah kurangnya pemahaman mengenai metrik utama yang mendorong keputusan Anda. Terkadang Anda mungkin berasumsi bahwa Anda benar-benar memahami metrik tersebut, padahal Anda hanya bekerja dengan data yang tidak akurat sejak awal. Menggunakan perangkat lunak backtesting dapat memberi Anda peluang bagus untuk mengevaluasi kembali perkembangan trading Anda sebelumnya dan melihatnya dari perspektif baru sekaligus memberi Anda pemahaman yang jauh lebih baik mengenai cara Anda seharusnya melihat data yang sedang Anda kerjakan. Dalam beberapa kasus, Anda bahkan mungkin menemukan titik data yang benar-benar baru yang mungkin selama ini Anda abaikan yang akan semakin meningkatkan potensi Anda untuk sukses. 

Menyederhanakan langkah pendekatan Anda:

Mungkin Anda selama ini menyia-nyiakan tenaga dan atau sumber daya yang ada. Namun, hal tersebut sulit dikonfirmasi tanpa melihat retrospektif pada trading Anda sebelumnya. Hal ini merupakan salah satu aspek backtesting yang paling kuat dan alasan yang bagus untuk menerapkannya pada trading Anda dengan sendirinya. Anda bisa mendapatkan pemahaman pemahaman yang lebih dalam mengenai cara Anda menjelajahi pasar sehingga Anda akan dapat membuat keputusan yang lebih tepat dengan informasi yang lebih sedikit tersedia dalam jangka panjang. Backtesting juga dapat mengajari Anda cara mendapatkan hasil yang diinginkan dengan lebih cepat, meskipun hal ini akan bervariasi sesuai dengan langkah-langkah Anda yang sebenarnya, dan mungkin memerlukan beberapa pengulangan sebelum Anda mulai melihat hasil yang tepat.

Mengembangkan metode yang sederhana namun efektif:

Jika Anda menggabungkan semua hal sebelumnya, Anda bisa dengan mudah menyederhanakan pendekatan Anda dan memastikan bahwa Anda menggunakan sumber daya Anda secara maksimal di setiap langkahnya. Anda harus melalui beberapa percobaan dan kesalahan agar Anda mampu benar-benar mempelajari cara menavigasi pasar secara efisien. Namun, hal ini tidak akan membawa perubahan apa pun selama Anda tidak mengevaluasi tindakan masa lalu untuk menyimpulkan ide-ide baru dari tindakan tersebut. Dengan bantuan backtesting, Anda bisa dengan mudah memastikan bahwa pendekatan Anda ke pasar tetap relevan dengan situasi saat ini. Jika Anda belum pernah menerapkan backtesting dalam trading Anda, Anda sebaiknya meluangkan waktu untuk mempelajari cara menggunakannya dengan benar dalam trading Anda sendiri. Pastikan Anda selalu memperbarui metode Anda secara teratur untuk memastikan bahwa semua itu tetap relevan dengan pasar. Anda pun bisa berkembang jauh lebih cepat daripada yang Anda lakukan di masa lalu.

 

Happy trading!

 


Artikel Terkait