ARTIKEL BARU

ARTIKEL BARU

BEBERAPA HAL MENARIK YANG TIDAK BOLEH KAMU LEWATKAN SOAL MATA UANG EURO

Story by : Geraldo Kofit
Category at: Artikel Baru
Published : May 06, 2022
Dilihat: 407 kali

Geraldo Kofit adalah Seorang Profesional Trader yang sudah lama berkecimpung di dunia trading kurang lebih 2 tahun. Dengan 2 teknik sederhana Trend Line dan Moving Average, Gerald siap untuk membantu anda sebagai Trading Advisor handal..


zoom

Euro adalah salah satu mata uang yang paling diminati oleh para pelaku pasar di dunia khususnya oleh para trader forex dunia. Sebagai mata uang resmi yang digunakan oleh 19 negara anggota Uni Eropa (UE), euro adalah salah satu mata uang utama yang banyak diperdagangkan oleh para pelaku pasar dan berpengaruh di pasar global. Secara fisik Euro baru dipakai pada tanggal 1 Januari 2002. Uang kertas Euro di mana-mana rupanya sama, tetapi uang logamnya di belakang berbeda-beda. Uang logam setiap negara diberi lambangnya sendiri. Simbol dari mata uang Euro ternyata berasal dari Yunani, yang mana negara ini adalah negara pertama yang berencana untuk “keluar” dari zona euro (Grexit), akan tetapi simbol dari euro sendiri (€) diambil dari huruf Yunani ‘epsilon’ ε. Kemudian simbol euro didesain dengan menambah dua garis horizontal di tengah. Euro secara resmi diluncurkan untuk pertama kalinya dalam bentuk mata uang elektronik pada Januari 1999. Pada akhir musim panas 2002, euro secara resmi telah menggantikan mata uang lama di beberapa negara anggota. Karena nilai tukarnya yang menguat dan stabil, maka negara-negara lain yang juga anggota UE ikut mengganti mata uang lama mereka dan mulai menggunakan euro.

Fakta Menarik Terkait Mata Uang Euro

  • Mata Uang yang Berpengaruh di Dunia



    Selain dolar AS, Euro juga merupakan mata uang yang paling berpengaruh di dunia khususnya di negara-negara Eropa. Bahkan dikatakan bahwa Euro lebih mahal harganya dibandingkan dengan dolar AS. Wajar jika hegemoni dolar AS bisa saja terusik dengan kehadiran Euro. Euro sendiri merupakan mata uang yang digunakan oleh negara-negara yang tergabung di benua Eropa. Walau dikatakan baru di panggung dunia, Euro nyatanya sudah mengikat para hati investor. Euro juga merupakan mata uang yang paling banyak diperdagangkan di level dunia. Selain itu, Euro juga dikatakan sebagai mata uang cadangan dunia terbesar kedua setelah dolar. Wajar saja jika banyak negara Eropa serta Afrika yang mematok mata uang lokal mereka dengan Euro. Disisi yang lain, negara-negara Eropa terbilang kumpulan negara maju dimana hal ini membuat Euro menjadi alat transaksi kedua setelah dolar AS.
     
  • Fakta Pengguna Euro di Uni Eropa



    Sejak awal diperkenalkan, dari sekian banyak anggota Uni eropa hanya 12 negara anggota yang langsung menggunakan euro sebagai mata uang resmi. keduabelas negara tersebut diantaranya Jerman, Luksemburg, Finlandia, Irlandia, Prancis, Belgia, Spanyol, Portugal, Yunani, Italia, Austria, dan Belanda. Dari sekian banyak negara anggota yang menggunakan euro, ada 9 negara yang masih menggunakan mata uang mereka sendiri. 9 negara itu diantaranya Polandia, Rumania, Swedia, Denmark, Bulgaria, Kroasia, Republik Ceko, Hongaria, dan Inggris. Mengingat Inggris sudah keluar dari UE dengan cara referendum Brexit, maka saat ini ada 8 negara anggota yang tidak menggunakan euro.
     
  • Bentuk dan Asal Muasal yang Unik



    Bentuk mata uang tunai Euro sendiri terbilang unik. Terdapat pola arsitektur, simbol-simbol persatuan Eropa dan motif keanggotaan negara. Mata uang Euro ini sendiri menggantikan beberapa mata uang sebelumnya, yakni schilling (Austria), franc (Belgia), markka (Finlandia), franc (Prancis), mark (Jerman), lira (Italia),  punt (Irlandia), franc (Luksemburg), guilder (Belanda), escudo (Portugal), dan peseta (Spanyol). Tak lama setelah beredar, sejumlah wilayang dan negara non-UE termasuk Monako dan Vatican City juga mengadopsi mata uang Euro. Mata uang Euro sendiri terdiri dari 8 koin dan 7 lembar uang kertas. Bang Sentral Euro (ECB) yang berbasis di Frankfurt mengelola Euro dan menetapkan suku bunga dan kebijakan moneter. Pada tahun 2004, sejumlah negara Eropa lainnya turut bergabung. Sebut saja Siprus, Republik Ceko, Estonia, Hungaria, Latvia, Lituania, Malta, Polandia, Slowakia dan Slovenia.

RECOMMENDATION FROM EXPERT:

  • Pastikan anda Mengetahuinya dengan BACA dan PAHAMI dalam artikel ini.
  • Share artikel ini ke temanmu dan DAPATKAN FREE KONSULTASI langsung dengan Saya untuk mengenal trading lebih detail.
  • CALL atau whatsapp dan cari GERALD silahkan hubungi di SINI

Artikel Terkait