ARTIKEL BARU

ARTIKEL BARU

BELAJAR SALAH SATU POLA CANDLESTICK YANG PALING TERKENAL

Story by : Geraldo Kofit
Category at: Artikel Baru
Published : July 27, 2022
Dilihat: 207 kali

Geraldo Kofit adalah Seorang Profesional Trader yang sudah lama berkecimpung di dunia trading kurang lebih 2 tahun. Dengan 2 teknik sederhana Trend Line dan Moving Average, Gerald siap untuk membantu anda sebagai Trading Advisor handal..


zoom

Harami adalah sepotong kata dalam bahasa Jepang yang bermakna "kehamilan". Kenapa bisa begitu? Karena pola candlestick Harami terbentuk dari dua bar (batang) candlestick di mana body (badan) bar kedua selalu berukuran lebih kecil dan berada di kandungan (dalam jangkauan) body bar pertama. Harami atau Pregnant juga merupakan bentuk candlestick yang sering dijumpai dalam candle chart market. Terdapat dua bentuk Harami yakni Bullish Harami dan Bearish Harami. Bullish Harami merupakan bentuk dari candlestick yang menandakan akan terjadi bullish (kenaikan) kedepannya. Sebaliknya, Bearish Harami menandakan akan terjadi penurunan atau bearish kedepannya.

Kebanyakan pola pembalikan (reversal patterns) merupakan indikasi pembalikan yang cukup kuat pada trend bullish seperti bullish engulfing, Morning star atau piercing. Pada trend bearish seperti bearish engulfing, evening star, atau dark cloud cover.

Pengaplikasian dalam Trading

Seperti biasa, selalu gunakan timeframe daily (D1) untuk memastikan bahwa sinyal dari si Harami ini legitimate alias valid. Gunakan paling tidak H4 setelah Anda terbiasa membaca pola candlestick. Di bawah timeframe tersebut tidak disarankan, karena pola terbentuk dalam frekuensi tinggi dan berpotensi menimbulkan fake signal. Perhatikan pula di mana garis support dan resistance. Pola candlestick Bullish Harami akurasinya lebih tinggi apabila mendekati atau menyentuh garis support. Sebaliknya, Bearish Harami valid saat bersentuhan atau mendekati garis resistansi. Jangan lupa untuk meletakkan Stop Loss beberapa pip di atas upper shadow candle pertama pada bearish Harami. Sedangkan pada bullish Harami Anda juga sebaiknya meletakkan SL beberapa pip di bawah lower shadow candle pertama.

Perhatikan pada gambar di bawah ini. Lingkaran biru no. 1 menunjukkan candle pertama telah menyentuh area Support, lalu candle kedua membentuk formasi Bullish Harami. Anda bisa menunggu konfirmasi dari bar ketiga untuk masuk pasar dengan instant order Buy atau menggunakan Pending Order beberapa pip di sekitar Upper shadow bar kedua Bullish Harami.

Bullish dan Bearish Harami

Harami atau pregnant, memiliki ciri body memanjang dengan kedua ujungnya terdapat ekor kecil dan terdiri dari dua candlestick yang membentuknya. Bullish Harami , didahului oleh downtrend kemudian terbentuk Harami pertama yang berwarna merah lalu disusul dengan Harami yang lebih kecil berwarna hijau dan berada dalam posisi lingkup candle pertama. Sebaliknya, Bearish Harami. Di dahului oleh pola uptrend kemudian diujung atas terbentuk candlestick Harami berwarna Hijau dan disusul Harami kedua berwarna merah yang lebih kecil sebagai konfirmasi  akan terjadi penurunan.

RECOMMENDATION FROM EXPERT :

  • Pastikan anda Mengetahuinya dengan BACA dan PAHAMI dalam artikel ini.
  • Share artikel ini ke temanmu dan DAPATKAN FREE KONSULTASI langsung dengan Saya untuk mengenal trading lebih detail
  • CALL atau whatsapp dan cari GERALD silahkan hubungi di SINI

Artikel Terkait