ARTIKEL BARU

ARTIKEL BARU

Memahami Apa Itu Suku Bunga

Story by : Danuh Nuraga
Category at: Analisa Fundamental
Published : April 19, 2021
Dilihat: 272 kali

Danuh Nuraga adalah Konsultan Perdagangan di Pasar Keuangan yang membantu Trader dan Investor profesional mendapatkan pengetahuan berharga dan strategi penting. Ia lulus dari California State University of Northridge di AS dan memperoleh gelar Bachelor of Science di bidang Manajemen Bisnis. Ia juga memiliki pengetahuan dalam dunia bisnis, namun memiliki pengetahuan yang sangat luas di bidang Penerbangan dan memiliki Lisensi Pilot.


zoom

Sumber: ruangmom.com

Suku bunga berfluktuasi dari waktu ke waktu, dan tarif spesifik yang mungkin kamu peroleh atau bayar ditentukan oleh berbagai faktor.

Salah satu pertimbangan penting adalah suku bunga saat ini, yang dipengaruhi oleh suku bunga Federal Reserve, bank sentral negara A.S yang membebankan biaya kepada bank lain untuk meminjam uang. Federal Reserve biasanya reaktif terhadap ekonomi dan lingkungan suku bunga.

Federal Reserve sering menurunkan suku bunga untuk memacu pertumbuhan ekonomi dan mencegah pengangguran, lalu menaikkannya kembali ketika ekonomi sudah berjalan baik. Dalam menentukan tingkat individual, pemberi pinjaman kamu juga akan mempertimbangkan seberapa berisiko kamu sebagai peminjam.

Hal itu melibatkan hal-hal seperti sejarah kredit, tingkat hutang kamu dibandingkan dengan pendapatan kamu, dan masalah finansial negatif di masa lalu kamu, seperti kebangkrutan (bankcruptcy).

Belajar trading Memahami Apa Itu Suku Bunga 2

Sumber: ruangmom.com

Suku bunga dapat dihitung dengan cara yang berbeda, tetapi tujuannya selalu sama, Untuk membuat pemberi pinjaman merasa nyaman telah meminjamkan uangnya kepadamu mengingat biaya peluang dan risiko yang ditimbulkan.

Ketika kamu meminjam uang, ada beberapa alasan mengapa pemberi pinjaman tidak ingin memberikannya secara gratis. Salah satu alasannya, jumlah yang sama hari ini mungkin akan berkurang nilainya di masa depan, karena harga cenderung naik akibat inflasi.

Pemberi pinjaman dapat memperoleh pengembalian uang dengan menginvestasikannya jika dia tidak meminjamkannya kepada kamu. Dan dia menghadapi risiko mungkin kamu tidak akan mengembalikannya.

Untuk menebus kerugian ini, pemberi pinjaman biasanya membebankan bunga – Bunga ini adalah biaya meminjam uang. Kamu dapat memperoleh bunga dengan memasukkan uang kamu ke dalam hal-hal seperti rekening tabungan atau sertifikat deposito (CD), kamu juga dapat membayar bunga pinjaman siswa, hipotek, atau saldo kartu kredit.

Bagaimana Cara Suku Bunga Bekerja?

Belajar trading Memahami Apa Itu Suku Bunga 1

Sumber: ruangmom.com

Jumlah bunga yang kamu bayar (atau hasilkan, jika kamu adalah pemberi pinjaman) tergantung pada empat faktor:

  • Jumlah uang yang dipinjam
  • Berapa lama uang dipinjam (lama pinjaman)
  • Seberapa sering bunga dihitung (harian, bulanan, tahunan, dll.)

Seperti Apa Itu Suku Bunga yang Baik

Tidak ada definisi yang jelas mengenai suku bunga “baik”. Secara umum, pemberi pinjaman menginginkan suku bunga setinggi mungkin, sementara peminjam menginginkan yang terendah. Nilai yang bisa kamu peroleh tergantung pada beberapa faktor, termasuk kelayakan kredit kamu dan harga pasar.

Jika kamu menawarkan suku bunga, bagaimana kamu tahu apakah itu baik? Tempat yang tepat untuk memulai adalah memeriksa rata – rata harga pasar. Misalnya, menggunakan Bankrate.com, kamu dapat menemukan tarif saat ini pada berbagai produk.

 

RECOMMENDATION FROM EXPERT :

- Pastikan anda Mengetahuinya dengan BACA dan PAHAMI dalam artikel ini.

- Share artikel ini ke temanmu dan DAPATKAN FREE KONSULTASI langsung dengan Saya untuk mengenal trading lebih detail.

- Untuk pembelajaran lebih intensif dan lebih dalam, silahkan ke Sekolah Forex Gratis

- CALL atau whatsapp dan cari DANUH silahkan hubungi di SINI

 


Artikel Terkait