ARTIKEL BARU

ARTIKEL BARU

CONFIDENCE DALAM TRADING

Story by : Hadi J
Category at: Psikologi
Published : January 29, 2020
Dilihat: 2357 kali

Hadi adalah penasihat perdagangan di pasar berjangka sebagai pedagang valas dan komoditas. Sebagai seorang trader scalper, Dia menggunakan strategi Trendline dan Indikator Aligator untuk trading. Dia akan membantu Anda mempelajari cara menghasilkan uang dari 'zero' menjadi 'hero'.


zoom

Percaya Diri (Self Confidence) yaitu meyakinkan pada kemampuan dan penilaian (judgement) diri sendiri dalam melakukan tugas dan memilih pendekatan yang dirasa cukup efektif. Hal ini termasuk kepercayaan atas kemampuannya menghadapi lingkungan yang semakin menantang dan kepercayaan atas keputusan atau pendapatnya.

Kepercayaan diri bisa dikatakan sebaai sika yang positif, dimana seroang individu mampu atau memampukan dirinya untuk mengembangkan penilaian positif baik terhadap diri sendiri maupun terhadap lingkungan ataupun situasi yang telah dihadapinya. Hal ini bukan berarti seorang individu itu bisa melakukan segala macamnya sendiri. Kepercayaan diri yang terlalu tinggi akan menyebabkan adanya degradasi sifat yang sesungguhnya atau yang ada dalam dirinya tanpa melihat baik dan buruk sifat tersebut.

Secara Umum Cara Meningkatkan Kepercaya Diri:

  • Lihat apa yang anda sudah capai.

    Sangat mudah kehilangan kepercayaan diri jika kita merasa belum mencapai apa – apa dalam hidup kita. Fokus lah kepada apa yag telah anda lakuan, besar ataun kecil itu dapat mmbantu anda mendapat pandangan tentang kemampuan yang anda miliki.
     
  • Pikirkan hal-hal yang anda mahir dalam melakukannya

    Mengetahui apa Yang anda Dapat lakukan dengan baik Dan mencoba untuk membangun atau meningkatkannya akan menjadi cara yang sangat berguna untuk membagun rasa percaya diri dalam kemampuan anda sendiri.
     
  • Tetapkan tujuan

    Menetapkan beberapa tujuan dan bertujuan untuk mencapainya. Dengan membuktikan kepada diri sendiri bahwa Anda bisa mencapaii tujuan tersebut, Anda akan membuktikan sendiri apa yang Anda mampu mencapai. Tidak harus tujuan besar; bias memulai dengan hal-hal kecil seperti membuat kue atau merencanakan malam dengan teman-teman. Degan hal-hal yang sederhana itu anda dapat memenuhi list tujuan anda dn otomatis dapat membangun rasa percaya diri anda.
     
  • Bicara dengan diri sendiri

    Jika anda sering mendapatkan komentar negative yang mempegaruhi diri anda, bicaralah pada diri sendiri untuk mempengaruhi kepercayaan diri anda dengan mencari hal-hal baik yang ada Dalam diri anda. Dalam dunia trading, Trader harus percaya diri agar bisa sukses. Tentu, setiap orang harus mempunyai kepercayaan diri yang tinggi jika ingin berhasil mencapai sesuatu termasuk juga dalam trading. Anggaplah pasar dan para trader lain adalah lawan Anda, bagaimana Anda akan bisa mengalahkan mereka jika merasa kurang percaya diri? Rendahnya kepercayaan diri akan berdampak serius pada kinerja trading. Anda akan cenderung ragu kerika hendak entry atau exit, merasa gelisah, stress atau mengalami tekanan mental lainnya. Dalam keadaan yang demikian, maka Anda akan sulit memperoleh keuntungan dalam jangka panjang.

Ada perbedaan antara percaya diri yang salah (false confidence) dan percaya diri yang sesungguhnya (real confidence) dalam trading. Rasa percaya diri yang salah mudah Anda peroleh. Anda masuk pasar dan kebetulan profit, kemudian Anda merasa seperti pakar dalam trading. Rasa percaya diri seperti ini akan cepat hilang karena kemudian Anda akan sering mengalami kerugian dari pada untung. Profit yang Anda peroleh sebelumnya adalah karena keberuntungan, bukan karena kemampuan dan kebiasaan trading yang dilakukan dengan disiplin.

Lalu, Tips Untuk Memperkuat Kepercayaan Diri Dalam Trading :

Membangun rasa percaya diri ketika profit, namun bukan rasa percaya diri yang berlebihan (over confident)

Lakukan evaluasi setiap kali profit, dan beri catatan pada jurnal trading mengenai setup yang telah Anda lakukan, mengapa Anda yakin setup tersebut adalah yang terbaik. Meski demikian tetaplah selalu ingat bahwa setup yang bagus sekalipun bisa gagal sehingga Anda bisa terhindar dari rasa percaya diri yang berlebihan. Setup yang bagus artinya mempunyai probabilitas profit tinggi, tetapi tidak harus pasti benar.

Selalu meningkatkan pengetahuan dan kemampuan dalam trading

Dengan selalu menambah pengetahuan dan kemampuan Anda dalam trading maka kepercayaan diri Anda akan bertambah. Menambah pengetahuan tidak berarti mencoba banyak strategi, melainkan meningkatkan kualitas strategi yang sedang Anda gunakan sesuai dengan pengetahuan yang Anda peroleh.

Menyadari bahwa kerugian adalah bagian dari keseluruhan hasil trading Anda.

Kerugian selalu akan terjadi dan tidak bisa dihindari. Jika menyadari hal ini maka Anda akan tahu bahwa kerugian sama sekali tidak ada hubungannya dengan kepercayaan diri.

  • RECOMMENDATION FROM EXPERT:
  • Jadi, Percaya Diri yaitu meyakinkan pada kemampuan dan penilaian diri sendiri dan Hal ini termasuk kepercayaan atas kemampuannya menghadapi lingkungan di dunia trading.
  • Pastikan anda Mengatahuinya dengan BACA dan PAHAMI dalam artikel ini.
  • Share artikel ini ke temanmu dan DAPATKAN FREE KONSULTASI langsung dengan Saya untuk mengenal trading lebih detail.
  • CALL atau Whatsapp dan cari HADI silahkan hubungi di SINI

Artikel Terkait