ARTIKEL BARU

ARTIKEL BARU

FAKTA SERU PASAR SAHAM (Bagian 2 / 2)

Story by : Debby Lukito Goeyardi
Category at: FOREX FOR FUN
Published : November 26, 2020

Debby Lukito Goeyardi adalah seorang penulis yang sudah menerbitkan belasan buku. Dengan bekal ilmu dari jurusan Business Administration di Kennedy-Western University, Debby siap memasuki dunia pasar keuangan bersama PT. Astronacci International


zoom

Pasar saham memang merupakan suatu tempat yang menarik di mana jutaan investor berkumpul setiap hari dan berharap dapat menghasilkan banyak uang. Banyak fakta seru yang akan menggugah Anda untuk menjelajahi jalan investasi yang menarik ini.   

 

Fakta seru tentang pasar saham yang perlu Anda ketahui:

  • Perusahaan Hindia Timur Belanda (Dutch East India Company) yang dikenal sebagai VOC (Vereenigde Oostindische Compagnie) merupakan perusahaan multinasional pertama yang didirikan pada tahun 1602. Perusahaan itu pertama kali menerbitkan saham dan merupakan cikal bakal dari semua perusahaan saat ini. Pemegang saham tidak memiliki banyak pengaruh dan perusahaan dikendalikan oleh direkturnya. Namun, pemegang saham mendapat banyak penghargaan. Dividen tahunan rata-rata 16% selama paruh pertama abad ke-17.
  • Bursa Efek New York dianggap paling tradisional karena para trader tidak dapat memasuki lantai bursa jika mereka tidak mengenakan jas dan dasi.
  • Pada tahun 1954, ekonom Armen Alchian dapat menemukan rahasia bahan bakar untuk bom hidrogen yang baru dikembangkan hanya dengan melihat harga saham pemasok bahan kimia di pasar saham.

 

  • Wall Street merupakan nama jalan yang sebenarnya yang terletak di Lower Manhattan di New York City. Jalan tersebut bertindak sebagai episentrum Distrik Keuangan di kota tersebut. Nama jalan ini berasal dari tembok asli yang dibangun pada abad ke-17 oleh Belanda, yang tinggal di tempat yang kemudian disebut sebagai Amsterdam Baru.
  • Seringkali investor yang naif cenderung menanyakan waktu yang dibutuhkan investasi untuk menggandakan dirinya. Hal ini dapat dihitung berdasarkan ‘The Rule of 72’. Aturan tersebut merupakan cara sederhana untuk menentukan berapa banyak waktu yang dibutuhkan suatu  investasi untuk menggandakan dengan suku bunga tahunan tetap. Dengan membagi 72 dengan tingkat pengembalian, seorang investor dapat memperkirakan berapa tahun yang dibutuhkan untuk investasi awal menggandakan dirinya. Sebagai contoh, Anda menginvestasikan $5.000 dengan pengembalian 8%. Sesuai ‘the Rule of 72’, maka investasi tersebut akan memakan waktu sembilan tahun agar jumlahnya bisa menjadi dua kali lipat (72 dibagi 8 = 9) 
  • Seorang pengusaha bernama Premchand Roychand mendirikan Bombay Stock Exchange (BSE) pada abad ke-19 yang mendapatkan keuntungan dari bisnis pialang saham dan kemudian menjadi terkenal sebagai Cotton King, the Bullion King dan the Big Bull. Awalnya, BSE dikenal sebagai ‘Native Share and Stock Brokers Association’.
  • Bombay Stock Exchange atau BSE merupakan bursa tertua di Asia dan memiliki lebih dari 5000 perusahaan yang terdaftar. Hal ini membuat BSE menjadi satu-satunya bursa dengan jumlah emiten tertinggi di dunia. Selain BSE, ada lebih dari 23 bursa lainnya di negara ini. Sebelum tahun 1995, hanya ada perdagangan fisik yang dilakukan di bursa. Setelah tahun 1995, pertukaran dimulai dengan proses dematerialisasi.

 

  • Ada 'bursa saham bajak laut' atau ‘pirate stock exchange’ di Somalia di mana penduduk setempat dapat berinvestasi dalam geng-geng bajak laut yang merencanakan misi pembajakan. Hal ini diliput oleh the Wall Street Journal pada tahun 2011 yang mengatakan: “Bursa saham bajak laut pertama di dunia didirikan pada tahun 2009 di Harardheere, sekitar 400 kilometer timur laut kota Mogadishu, Somalia. Buka 24 jam sehari, bursa ini memungkinkan para investor untuk mendapatkan keuntungan dari uang tebusan yang dikumpulkan di laut lepas, yang jumlahnya bisa mendekati angkat $10 juta untuk serangan yang berhasil terhadap kapal komersial Barat’. 

Happy trading!  

 

 

 


Artikel Terkait