ARTIKEL BARU

ARTIKEL BARU

FUNDAMENTAL ANALYSIS : APA ITU NFP

Story by : Danuh Nuraga
Category at: Analisa Fundamental
Published : January 11, 2020
Dilihat: 1897 kali

Danuh Nuraga adalah Konsultan Perdagangan di Pasar Keuangan yang membantu Trader dan Investor profesional mendapatkan pengetahuan berharga dan strategi penting. Ia lulus dari California State University of Northridge di AS dan memperoleh gelar Bachelor of Science di bidang Manajemen Bisnis. Ia juga memiliki pengetahuan dalam dunia bisnis, namun memiliki pengetahuan yang sangat luas di bidang Penerbangan dan memiliki Lisensi Pilot.


zoom

Data Non-Farm Payroll Amerika Serikat (NFP) adalah salah satu data ekonomi penting yang rilisnya kerap ditunggu oleh para pelaku pasar keuangan. Mendekati waktu dan setelah data NFP dirilis, pasar keuangan seketika menunjukkan reaksi yang signifikan. Dalam dunia forex, trader pengguna analisa fundamental tidak akan melewatkan rilis data ini, karena pasangan mata uang yang diperdagangkan versus Dolar AS bisa langsung melonjak kuat atau justru anjlok, tergantung pada bagus atau buruknya data.

Non-Farm Payroll (NFP)

Data Non-Farm Payroll (NFP) adalah sebuah data berisikan perubahan jumlah tenaga kerja Amerika Serikat di semua sektor dengan pengecualian pegawai pemerintah, pegawai rumah tangga, pegawai yang bekerja pada organisasi LSM (non-profit/nirlaba) dan karyawan sektor pertanian.

Data NFP AS mencerminkan kondisi ketenagakerjaan di sektor komersil dan industri di Amerika Serikat, sehingga digunakan sebagai bahan pengambilan keputusan oleh pemerintah, bank sentral, maupun investor. Perlu untuk diketahui bahwa dalam ilmu ekonomi, ketenagakerjaan memegang posisi penting karena semakin banyak warga bekerja maka akan semakin banyak gaji yang dibelanjakan dan bisa melumasi mesin-mesin ekonomi. Semakin tinggi pertambahan Non-Farm Payroll dapat diterjemahkan sebagai makin mantapnya kondisi perekonomian Amerika Serikat

Kapan & Siapa Yang Merilis NFP?

Data NFP AS merupakan bagian dari laporan "Employment Situation Report" yang dibuat dan dirilis oleh US Bureau Of Labor Statistics (BLS). Laporan ini dipublikasikan satu bulan sekali; biasanya pada hari Jumat minggu pertama setiap bulannya. Selain data NFP, laporan BLS juga mencakup Tingkat Pengangguran, Tingkat Partisipasi Angkatan Kerja, dan Pendapatan Rata-rata Per Jam. Semua data tersebut biasanya ikut dipertimbangkan oleh pelaku pasar dalam mengukur kesehatan ekonomi AS.

Efek dari Rilis Data Non-Farm Payroll Bagi Para Trader pasar Modal

Sektor-sektor yang dicakup oleh data Non-Farm Payroll menyumbang sekitar 80% dari Gross Domestic Product (GDP) Amerika Serikat. Dengan demikian, laporan Non-Farm Payroll berguna bagi pemerintah AS untuk menilai kondisi ekonomi saat ini, membuat kebijakan ekonomi, dan dapat dipakai sebagai acuan untuk memprediksi aktivitas ekonomi di masa mendatang.

Bank Sentral Amerika Serikat yang bernama Federal Reserve (FED) secara khusus selalu memberikan perhatian pada data NFP dengan membahasnya dalam rapat kebijakannya, yaitu pertemuan Federal Open Market Committee (FOMC).

Trading saat NFP bersama Astronacci

Terdapat banyak strategi trading NFP yang umum dipakai oleh trader. Ini karena pergerakan harga di sekitar momen pengumuman data NFP AS memang sangat tinggi, hingga menjadi incaran para News Trader yang berupaya mendapat untung hanya di waktu-waktu publikasi data fundamental penting saja. Salah satu cara yang paling ampuh adalah mengikuti rilis artikel NFP dari Astronacci (A-Club) yang akurasinya sudah tidak diragukan lagi. Tetapi, ada juga strategi trading NFP lain dengan menunggu hingga harga bergerak dulu.

RECOMMENDATION FROM EXPERT:

  • Jadi, Non-Farm Payroll adalah salah satu data ekonomi penting yang menjadi pertimbangan para trader untuk mengambil momentum dan memanfaatkanya dalam mengambil keuntungan di Futures Market. 
  • Share artikel ini ke temanmu dan DAPATKAN FREE KONSULTASI langsung dengan Saya untuk mengenal trading saham Indonesia secara  lebih detail.
  • CALL atau whatsapp dan cari HADI silahkan hubungi di +62 8788.42.50.484

Artikel Terkait