ARTIKEL BARU

ARTIKEL BARU

Kenapa Harus Mempelajari Analisa Fundamental? Berikut Alasannya

Story by : Indri Dwi
Category at: Artikel Baru
Published : November 24, 2022
Dilihat: 181 kali

Indri Dwi adalah Seorang Trading Coach dan Profesional trader yang memiliki lebih dari 8 tahun pengalaman dalam perdagangan Emas & Forex. Keahliannya dalam trading khususnya saat menggunakan Exponential Moving Average. Indri ada disini untuk membimbing Anda dalam trading dan membantu Anda menemukan broker yang tepat dan terpercaya..


zoom

Trading tidaklah mudah, apalagi bagi pemula yang memang baru saja terjun dalam dunia ini. Ada banyak sekali hal yang harus dipelajari agar tidak mengalami loss yang terlalu besar. Salah satunya adalah analisa fundamental yang merupakan salah satu teknik yang penting untuk diterapkan.

Banyak sekali trader yang sudah profesional menggunakan analisis ini sebagai acuan untuk menentukan langkah yang diperlukan. Namun, ada juga alasan lain yang menguatkan kenapa analisis fundamental sangat perlu sekali untuk digunakan dalam trading, dimana akan dijelaskan di bawah ini.

Alasan Penting Harus Belajar Analisis Fundamental

source image : google image

Bagi Anda yang masih ragu untuk menerapkan analisis fundamental ketika sedang menjalankan trading, lebih baik melihat beberapa alasan betapa pentingnya analisis ini dalam trading. Berikut ini adalah beberapa alasan penting kenapa harus memahami analisis fundamental:

Mendapatkan informasi secara keseluruhan

source image : google image

Alasan pertama kenapa Anda harus belajar analisis fundamental adalah bisa mendapatkan informasi secara keseluruhan. Dimana dengan mendapatkan informasi ini, Anda akan bisa melihat apakah saham sudah layak atau belum. Perlu Anda ketahui bahwa dalam analisis fundamental ini, kita akan menganalisis faktor eksternal perusahaan.

Dalam artian kondisi ekonomi, inflasi hingga politik bisa memberikan pengaruh terhadap saham. Maka daripada itu, dengan memahami teknik ini sendiri pun Anda akan mendapatkan kemudahan mencari saham yang tepat. Tidak hanya itu saja, Anda pun bisa mengambil keputusan yang tepat.

Menjalankan manajemen resiko dengan lebih baik

source image : google image

Alasan kedua kenapa Anda harus belajar analisis fundamental agar bisa menjalankan manajemen resiko dengan lebih baik. Trading sudah dikenal dengan high risk high return, dimana bisa dikatakan resiko yang akan Anda hadapi sangatlah tinggi. Apapun bisa terjadi dalam trading, namun dengan analisis ini resiko bisa berkurang.

Manajemen resiko sendiri jadi salah satu hal yang harus diperhatikan dengan baik. Dimana ketika Anda sedang membuat analisis fundamental sudah pasti akan melihat setiap resiko yang mungkin akan dihadapi. Sehingga Anda pun akhirnya bisa mengatur strategi yang tepat untuk mencegah terjadinya hal yang tidak diinginkan.

Membantu memilih saham yang tepat

source image : google image

Alasan utama yang membuat analisis fundamental ini sangat diperlukan dalam dunia trading adalah dapat membantu memilih saham yang tepat. Seperti yang sudah dijelaskan pada poin pertama, dimana analisis fundamental ini akan memberikan informasi keseluruhan akan saham yang akan dibeli atau dijual. Dari informasi yang didapatkan ini, maka Anda bisa menganalisa bagaimana perkembangan saham kedepannya.

Dengan informasi yang akurat, maka jelas Anda akan menemukan saham yang mampu memberikan profit dalam waktu jangka panjang. Analisis fundamental sendiri paling banyak diterapkan dalam strategi trading. Karena memang ada banyak jenis saham atau komoditi dalam trading yang sangat dipengaruhi oleh banyak situasi.

Dengan alasan yang sudah disebutkan, maka Anda bisa melihat bagaimana analisis fundamental ini bisa memberikan banyak sekali keuntungan. Tidak hanya melihat bagaimana pergerakan saham yang dipengaruhi kondisi di luar perusahaan, tapi juga bisa meminimalisir resiko.

Namun, perlu Anda perhatikan adalah jangan hanya fokus pada analisis fundamental saja. Karena ada banyak sekali hal yang berkaitan dengan trading, contohnya saja adalah psikologi. Dimana Anda pun juga harus melatih diri agar dapat menerima situasi apapun yang berhubungan dengan saham. Dengan begini, Anda bisa menjalankan trading dengan tenang dan terhindar dari resiko yang terlalu buruk.


Artikel Terkait