ARTIKEL BARU

ARTIKEL BARU

KIRA-KIRA APA YA DAMPAK DEFLASI UNTUK PASAR FOREX?

Story by : Hadi J
Category at: Artikel Baru
Published : March 25, 2021
Dilihat: 334 kali

Hadi adalah penasihat perdagangan di pasar berjangka sebagai pedagang valas dan komoditas. Sebagai seorang trader scalper, Dia menggunakan strategi Trendline dan Indikator Aligator untuk trading. Dia akan membantu Anda mempelajari cara menghasilkan uang dari 'zero' menjadi 'hero'.


zoom

Deflasi adalah suatu periode dimana tingkat harga-harga barang dan jasa merosot secara umum. Ini tidak termasuk dalam siklus ekonomi yang normal, dan dampak deflasi terhadap perekonomian tidak sesederhana yang diperkirakan masyarakat awam. Pada awalnya, ekonom memperkirakan deflasi akan cepat bisa diatasi, tetapi pada kenyataannya belum ada satu negara pun yang bisa mengatasi kerusakan akibat deflasi hingga ekonomi kembali berjalan normal. Sebagai contoh Hong Kong yang pernah mengalami periode deflasi pada tahun 2002 dan hingga kini belum bisa memperbaiki dampak akibat deflasi tersebut. Jepang yang mengalami masa deflasi panjang sejak awal tahun 1990, hingga kini masih berusaha memulihkan pertumbuhan ekonominya.

Mengapa banyak negara tak suka kalau harga-harga barang dan jasa merosot? Ini karena dampak deflasi amat buruk dan bisa berlangsung dalam waktu sangat lama.

Dampak Deflasi Terhadap Perekonomian

1. Merosotnya pendapatan berbagai perusahaan.

Agar bisa tetap kompetitif, perusahaan-perusahaan harus menurunkan harga. Padahal, jika keadaan ini berlangsung terus-menerus maka keuntungan sektor bisnis yang mencakup industri, manufaktur, perdagangan, bahkan perumahan dan jasa akan merosot tajam. Pada akhirnya, mereka juga bisa mengalami kerugian. Dalam keadaan normal, keuntungan sektor bisnis memang bisa turun, tetapi akan mengalami recovery. Berbeda halnya dalam perekonomian yang sedang mengalami deflasi. Pemulihan takkan terjadi meskipun mereka melakukan efisiensi dalam produksi atau mengurangi biaya belanja material yang harganya terus turun. Mereka akan mengalami kerugian besar bila keadaan deflasi terus berlangsung, hingga harus menghentikan aktivitasnya.

2. Pengurangan gaji dan pemutusan hubungan kerja (PHK).

Sebagai akibat dari poin pertama, banyak perusahaan yang akan mengurangi pengeluaran dengan berbagai cara. Diantaranya: menghentikan sebagian usaha, mengurangi gaji para karyawan, merumahkan sementara karyawan yang dianggap kurang produktif, bahkan melakukan pemutusan hubungan kerja. Dalam laporan ketenagakerjaan nasional, tingkat pengangguran meningkat dan lowongan kerja merosot. Dengan demikian, dampak deflasi ini jauh lebih buruk dari dampak inflasi.

3. Perubahan pola pengeluaran konsumen.

Hubungan antara deflasi dan pengeluaran konsumen relatif agak kompleks dan sulit diperkirakan. Namun, umumnya dalam keadaan deflasi pada mulanya mereka akan memanfaatkan turunnya harga-harga sehingga pengeluaran konsumen naik tajam. Setelah gaji mereka berkurang atau bahkan tidak bekerja lagi akibat dari poin kedua, mereka akan mengurangi pengeluarannya dengan tajam pula, sehingga angka pengeluaran konsumen akan berubah turun tajam. Penurunan belanja masyarakat, pada gilirannya, makin memperparah kemerosotan pendapatan perusahaan-perusahaan yang telah terjadi pada poin pertama. Sungguh tidak bisa dibayangkan bagaimana akibat jangka panjangnya bila deflasi tidak cepat ditanggulangi.

4. Anjloknya investasi dan harga-harga saham.

Akibat dari poin pertama, para investor tentu akan menahan dananya sambil menunggu peluang pasca deflasi. Karena banyak perusahaan merugi, tentu saja harga sahamnya merosot, dan efek domino ini akan berlangsung dengan cepat hingga indeks harga saham negara terkait anjlok. Para investor tentu tidak akan menahan portofolio-nya di saham negara tersebut, mengalihkan modalnya ke aset keuangan atau negara lainnya.

RECOMMENDATION FROM EXPERT :

  • Jadi, diharapkan artikel ini dapat memberikan kemudahan anda dalam trading. Temukan informasi mengenai analisa fundamental dan teknikal yang lain yang mudah dan cocok untuk anda dalam segala kondisi market.
  • Share artikel ini ke temanmu dan DAPATKAN FREE KONSULTASI TRADING ini langsung dengan Saya untuk memaksimalkan profit anda.
  • CALL atau whatsapp dan cari HADI silahkan hubungi di SINI

Artikel Terkait