ARTIKEL BARU

ARTIKEL BARU

LANGKAH SEDERHANA YANG BERGUNA UNTUK TRADING HARIAN ANDA (Bagian 2 / 2)

Story by : Debby Lukito Goeyardi
Category at: SEPUTAR FOREX
Published : December 11, 2020
Dilihat: 1400 kali

Debby Lukito Goeyardi adalah seorang penulis yang sudah menerbitkan belasan buku. Dengan bekal ilmu dari jurusan Business Administration di Kennedy-Western University, Debby siap memasuki dunia pasar keuangan bersama PT. Astronacci International.


zoom

Meninjau trading harian Anda:

Ketika Anda berlatih dan mengikuti rencana trading tertentu, berarti Anda sedang membuat kemajuan dengan tujuan menjadi trader yang menguntungkan secara konsisten. Proses peninjauan atau review adalah proses di mana Anda bisa mengkritik kemampuan Anda untuk mengikuti rencana apa yang perlu Anda kerjakan serta perubahan apa yang mungkin diperlukan dalam rencana tersebut.

Peninjauan mandiri sebaiknya dilakukan setiap hari, sedangkan peninjauan atas rencana perdagangan sebaiknya dilakukan secara mingguan dan bulanan.

Masalah muncul jika Anda melakukan banyak perdagangan yang bukan bagian dari rencana perdagangan Anda. Selain itu, carilah perdagangan di mana Anda mungkin telah menyimpang dari rencana exit Anda, seperti menahan kerugian terlalu lama, keluar dari kerugian terlalu dini hingga keluar pada harga yang berbeda dari target keuntungan Anda. Di masa mendatang, Anda harus memberi perhatian khusus untuk mengurangi atau menghapus masalah ini. 

Pada akhir setiap minggu atau setiap bulan, sebaiknya Anda menelusuru semua bagan Anda untuk jangka waktu tersebut. Cari masalah atau area perbaikan dalam strategi tersebut. Inilah yang disebut sebagai ulasan rencana perdagangan Anda.

Ajukan pertanyaan berikut pada diri Anda sendiri, seperti:

  • Apakah harga terus bergerak melewati target keuntungan saya secara teratur? Jawaban dari pertanyaan ini mungkin menunjukkan bahwa Anda bisa memperluas target keuntungan Anda atau mendapatkan lebih banyak keuntungan dari setiap perdagangan.
  • Apakah harga terhenti dan berbalik tepat sebelum target keuntungan saya? Jawaban dari pertanyaan ini berarti target keuntungan Anda mungkin terlalu besar. Anda sebenarnya dapat meningkatkan profitabilitas strategi Anda dengan mengurangi target tersebut.
  • Apakah harga sering bergerak melewati stop-loss Anda, lalu mulai bergerak menuju target keuntungan Anda lagi? Jawaban dari pertanyaan ini merupakan suatu masalah yang umum serta menunjukkan bahwa stop-loss Anda ditempatkan dengan tidak tepat atau kurangnya pengaturan waktu untuk perdagangan tersebut. Menyesuaikan stop-loss atau mencari pemicu perdagangan yang lebih lambat akan membantu mengurangi masalah ini. 
  • Apakah ada waktu tertentu dalam sehari berkolerasi dengan lebih banyak kerugian atau keuntungan? Keberhasilan suatu strategi perdagangan bervariasi. Lakukan trading hanya selama waktu untung tinggi dan rehatlah sejenak selama Anda melihat hasil yang buruk. 

Ketika Anda melakukan tinjauan harian, mingguan dan bulanan dari perdagangan Anda, Anda pasti akan mendapatkan ide lain mengenai bagaimana meningkatkan perdagangan serta sistem perdagangan Anda. 

Salah satu cara terbaik untuk meninjau trading Anda adalah dengan mengambil tangkapan layar sepanjang hari perdagangan.

Menyesuaikan rencana  trading Anda berdasarkan ulasan Anda:

Ingat, perubahan tidak boleh dilakukan pada rencana trading Anda sebelum periode satu bulan, karena mudah untuk membuat perubahan berdasarkan perdagangan individu dibandingkan dengan hasil keseluruhan.

Dengan peninjauan mandiri, satu-satunya tujuan Anda adalah mengikuti rencana perdagangan, apa pun itu. Rencana perdagangan bisa berubah dari waktu ke waktu, begitu juga perdagangan Anda, namun tujuan Anda tetap mengikuti rencana perdagangan Anda. Ulasan harian Anda tidak mengubah rencana perdagangan. Alih-alih Anda memperbaiki ciri-ciri kepribadian Anda sehingga Anda bisa mengikuti rencana tersebut. 

Berusahalah keras untuk menjaga perubahan kecil pada rencana perdagangan bulanan Anda. Hal ini memungkinkan Anda untuk mempraktikkan perubahan kecil secara efektif serta memantau bagaimana perubahan tersebut memengaruhi perdagangan Anda. Jika Anda membuat banyak perubahan pada rencana perdagangan Anda sekaligus, hal tersebut cenderung lebih sulit untuk memisahkan dengan tepat perubahan mana yang berhasil dan mana yang tidak berhasil pada sesi ulasan Anda berikutnya. 

Konsep yang sama berlaku untuk peninjauan diri harian Anda. Atasi masalah satu per satu. Menboca memperbaiki terlalu banyak masalah sekaligus berarti Anda tidak cukup fokus pada setiap masalah karena perhatian Anda terlalu tersebar luas.

 Lebih baik, Anda fokus pada satu masalah pada satu waktu saja dan Anda benar-benar membuat kemajuan di dalamnya, sebelum Anda menangani masalah berikutnya. 

Happy trading!

 


Artikel Terkait