ARTIKEL BARU

ARTIKEL BARU

MAKSIMALKAN PROFIT ANDA DENGAN ANALISA FUNDAMENTAL

Story by : Hadi J
Category at: Artikel Baru
Published : July 10, 2020

zoom

Analisa Fundamental adalah analisis yang didasarkan pada situasi dan kondisi ekonomi, politik dan keamanan secara global atau secara regional yang berbeda tergantung negara asal bursa Indeks Saham, perusahaan yang mengeluarkan saham, atau negara yang mata uangnya diperdagangkan. Salah satu contohnya adalah kenaikan suku bunga Bank Sentral oleh The Fed (bank sentralnya US) dapat berarti menguatnya Dollar.

Analisis Fundamental umumnya didefinisikan sebagai metode untuk mengevaluasi nilai intrinsik dengan menganalisa sejumlah data ekonomi dan keuangan. Pelaku pasar terus menganalisis informasi yang muncul dari suatu negara untuk menentukan nilai intrinsik mata uang yang bersangkutan. Ada beberapa indikator ekonomi yang menjadi kunci pemahaman di tingkat dasar. Secara umum, Fluktuasi data dari indikator-indikator kunci ini membuat nilai mata uang naik dan turun sangat cepat.

Faktor-Faktor Yang Mempengaruhi Analisa Fundamental 

DATA EKONOMI


Data ekonomi biasanya diumumkan oleh pemerintah dan institusi independen yang mengumpulkan serta menganalisanya. Ada beberapa data ekonomi yang bisa dimanfaatkan oleh trader untuk mengetahui apakah perekonomian suatu negara membaik atau sebaliknya: memburuk. Jika laporan data ekonomi suatu negara membaik, maka besar kemungkinan para investor (lokal maupun asing, baik itu korporat maupun perorangan) akan tertarik untuk berinvestasi di negara tersebut. Nah, untuk bisa berinvestasi di negara tersebut, mereka tentu membutuhkan mata uang lokal. Maka, jika kondisi ekonomi diyakini akan memberikan return on investment (ROI) yang bagus, permintaan akan mata uang domestik akan naik yang pada gilirannya akan mengapresiasi mata uang tersebut.
 
SUKU BUNGA & INFLASI


Ini adalah kekuatan penggerak market yang terbesar yang dihasilkan dari nilai suatu mata uang dalam jangka panjang. Sebagian besar Bank Sentral mengumumkan besarnya suku bunga setiap bulannya, dan informasi ini diawasi dengan sangat cermat oleh pelaku pasar. Alasannya, suku bunga bisa dimanipulasi oleh Bank Sentral untuk mengontrol jumlah uang beredar dalam perekonomian suatu negara. Secara sederhana dapat dikatakan jika Bank Sentral ingin menambah jumlah uang yang beredar, tindakan ini akan memicu turunnya suku bunga. Demikian pula sebaliknya, jika Bank Sentral ingin mengurangi jumlah uang yang beredar maka tindakan ini akan menaikkan suku bunga.

Inflasi menghancurkan daya beli riil dari mata uang, dan oleh karena itu, inflasi sangat buruk bagi perekonomian suatu negara. Setiap tahun, tingkat normal inflasi yang diharapkan sebesar 2%-3%, tetapi jika inflasi mulai bergerak melampaui target-atas yang telah ditetapkan oleh Bank Sentral, maka suku bunga akan langsung dinaikkan. Nilai suku bunga yang lebih tinggi dari ekspektasi menjadi senjata yang ampuh untuk melawan inflasi.
 
PENGANGGURAN


Besar kecilnya angka pengangguran sangat mempengaruhi pertumbuhan ekonomi. Ketika angka pengangguran meningkatkan tajam, ini langsung memberi dampak yang buruk bagi pertumbuhan perekonomian di suatu negara. Ketika pengangguran yang diikuti kontrak pasar tenaga kerja semakin meningkat, suku bunga menjadi sering dipangkas untuk meningkatkan jumlah uang yang beredar dalam perekonomian dan pada akhirnya diharapkan mampu merangsang pertumbuhan ekonomi.
 
PERMINTAAN KONSUMEN


Seperti yang tercantum pada poin sebelumnya, manusialah yang mendorong pertumbuhan ekonomi. Sebagai konsekuensinya, semakin sehat permintaan dari masyarakat semakin sehat pula perekonomian suatu negara. Dengan kata lain, ketika konsumen menuntut barang dan jasa, perekonomian cenderung untuk menjadi baik dan berdampak pada daya beli masyarakat yang meningkat.

Jadi, Analisa Fundamental adalah pengamatan dan penilaian atas kondisi-kondisi yang mendasari pergerakan harga suatu aset. Dalam perdagangan saham, ini berarti analisa fundamental mengacu pada laporan keuangan perusahaan, neraca, pendapatan, dan lain-lain yang bisa digunakan untuk mengetahui kesehatan perusahaan terkait.

RECOMMENDATION FROM EXPERT :

  • Jadi, diharapkan artikel ini dapat memberikan kemudahan anda dalam trading. Temukan informasi mengenai analisa fundamental dan teknikal yang lain yang mudah dan cocok untuk anda dalam segala kondisi market.
  • Share artikel ini ke temanmu dan DAPATKAN FREE KONSULTASI TRADING ini langsung dengan Saya untuk memaksimalkan profit anda.
  • CALL atau whatsapp dan cari HADI silahkan hubungi di SINI