ARTIKEL BARU

ARTIKEL BARU

MELENGKAPI PERBEKALAN DENGAN TRADING MANAGEMENT

Story by : Geraldo Kofit
Category at: STRATEGI TRADING
Published : August 26, 2020
Dilihat: 1824 kali

Geraldo Kofit adalah Seorang Profesional Trader yang sudah lama berkecimpung di dunia trading kurang lebih 2 tahun. Dengan 2 teknik sederhana Trend Line dan Moving Average, Gerald siap untuk membantu anda sebagai Trading Advisor handal..


zoom

Dear Traders, sampai saat ini dan seterusnya Trading Management adalah salah satu faktor penting dan bahkan mungkin yang paling penting dalam trading yang berkaitan dengan pengendalian resiko. Trading adalah bisnis dan dalam bisnis tentu ada resikonya. Berapapun besar modal kita, tentunya kita ingin membatasi besarnya resiko yang mungkin terjadi.

Belajar memahami pengendalian resiko dengan benar adalah kunci sukses untuk menghasilkan profit yang konsisten dalam jangka panjang. Banyak trader pemula yang account-nya habis karena tidak menerapkan Money Management dengan disiplin, bahkan ada yang tidak tahu sama sekali tentang money management. Pada artikel ini,  akan dibahas beberapa hal-hal pokok dalam belajar Money Management yang harus dipahami dan diterapkan dengan benar dan disiplin dalam trading di pasar modal.

Besarnya Resiko setiap Trade

Besar resiko per trade diukur dengan nilai uang, bukan dengan pips, atau bahkan lembar dalam stocks trading dan biasanya ditentukan dalam persentase dari modal atau balance dalam account trading kita. Anggap saja kita belum ada posisi trading dan balance dalam account kita masih utuh, maka besar resiko per trade adalah jumlah kerugian yang kita tentukan dalam membuka sebuah posisi trading. Tidak ada ketentuan baku untuk hal ini, dan bisa saja antara trader yang satu berbeda dengan trader lainnya, tergantung dari kondisi keuangan masing-masing. Yang jelas, gunakanlah dana yang benar-benar tidak akan dipakai dalam waktu dekat, dan hindari trading forex dengan menggunakan dana untuk hidup sehari-hari. Asumsikan bahwa alokasi dana Anda untuk trading adalah dana yang siap hilang, sehingga Anda tidak emosional ketika trading.

Nah, kenapa besar resiko diukur dengan nilai uang bukan dengan pip ataupun persentase? Hal ini berkaitan dengan besarnya ukuran lot atau volume per trade yang bakal kita gunakan sesuai dengan perhitungan resiko, atau lazim disebut position sizing yang akan dijelaskan di poin berikutnya.

Besarnya Risk/Reward Ratio

Risk/reward ratio adalah perbandingan antara besarnya resiko (Stop Loss) dan besarnya target profit (Reward) yang kita tetapkan. Jika pada pembahasan sebelumnya kita telah menentukan resiko dan ukuran lot, maka langkah selanjutnya adalah menetapkan besarnya target profit yang kita inginkan, dibandingkan dengan resiko yang telah kita tetapkan sebelumnya. Jika kita bisa menerapkan Risk/Reward Ratio dengan konsisten, dalam jangka panjang akan diperoleh return (keuntungan) yang memadai walaupun persentasi profit kita secara keseluruhan masih lebih kecil dibanding loss-nya. Misalnya, 70% dari total posisi seorang trader mengalami loss. Dilihat dari sisi menang kalahnya saja, hal itu tentu saja buruk. Namun setelah dihitung-hitung rasio keuntungan dan kerugiannya, ia ternyata masih menghasilkan return 15% dari total posisi tradingnya. Usut punya usut, ia ternyata menerapkan Risk/Reward Ratio minimal 1:2 pada setiap posisi.

Yang penting untuk dipahami dalam bagian belajar Money Management ini adalah: tentukan besarnya resiko terlebih dahulu sebelum menghitung profit yang mungkin kita peroleh.

Manajemen Psikologis

Di samping Money Management, faktor penting lainnya dalam trading adalah keterlibatan emosi. Kedua hal tersebut saling mempengaruhi dan jika tidak dipahami dengan benar, akan membawa efek negatif dalam trading. Money Management yang buruk bisa menghancurkan trading kita, demikian pula emosi yang tidak terkendali. Misalnya, jika kita kurang memahami Money Management sehingga selalu loss pada setiap posisi trading kita, maka akan sulit bagi kita untuk tidak melibatkan emosi saat trading. Sebaliknya, semakin baik kita bisa menerapkan Money Management dalam trading, akan semakin terkendali emosi kita dalam menyikapi hasil trading. Kita bisa dikatakan sukses belajar Money Management bila bisa mengelola dana dalam account trading dengan efektif dan tidak emosional.

RECOMMENDATION FROM EXPERT :

  • Jadi, diharapkan artikel ini dapat memberikan kemudahan anda dalam trading. Temukan informasi mengenai analisa fundamental dan teknikal yang lain yang mudah dan cocok untuk anda dalam segala kondisi market.
  • Share artikel ini ke temanmu dan DAPATKAN FREE KONSULTASI TRADING ini langsung dengan Saya untuk memaksimalkan profit anda.
  • CALL atau whatsapp dan cari GERALD silahkan hubungi di SINI

Artikel Terkait