ARTIKEL BARU

ARTIKEL BARU

MEMBENTUK KEPERCAYAAN DIRI DALAM TRADING

Story by : Hadi J
Category at: Psikologi
Published : January 03, 2022
Dilihat: 112 kali

Hadi adalah penasihat perdagangan di pasar berjangka sebagai pedagang valas dan komoditas. Sebagai seorang trader scalper, Dia menggunakan strategi Trendline dan Indikator Aligator untuk trading. Dia akan membantu Anda mempelajari cara menghasilkan uang dari 'zero' menjadi 'hero'.


zoom

Trader harus percaya diri agar bisa sukses. Tentu, setiap orang harus mempunyai kepercayaan diri yang tinggi jika ingin berhasil mencapai sesuatu termasuk juga dalam trading. Anggaplah pasar dan para trader lain adalah lawan Anda, bagaimana Anda akan bisa mengalahkan mereka jika merasa kurang percaya diri? Rendahnya kepercayaan diri akan berdampak serius pada kinerja trading. Anda akan cenderung ragu kerika hendak entry atau exit, merasa gelisah, stress atau mengalami tekanan mental lainnya. Dalam keadaan yang demikian, maka Anda akan sulit memperoleh keuntungan dalam jangka panjang.

Ada perbedaan antara percaya diri yang salah (false confidence) dan percaya diri yang sesungguhnya (real confidence) dalam trading. Rasa percaya diri yang salah mudah Anda peroleh. Anda masuk pasar dan kebetulan profit, kemudian Anda merasa seperti pakar dalam trading. Rasa percaya diri seperti ini akan cepat hilang karena kemudian Anda akan sering mengalami kerugian dari pada untung. Profit yang Anda peroleh sebelumnya adalah karena keberuntungan, bukan karena kemampuan dan kebiasaan trading yang dilakukan dengan disiplin. 

Rasa percaya diri yang sesungguhnya terbentuk dari kebiasaan trading yang baik. Semakin lama Anda trading sesuai dengan rencana, disiplin dan tidak emosional, maka akan semakin tampak kinerja trading Anda. Dari waktu ke waktu, trading yang disiplin dengan konsisten pada rencana trading akan memperkuat rasa percaya diri dan akan menjadi kebiasaan yang positif. Kebiasaan positif ini akan membentuk rasa percaya diri yang sesungguhnya dalam trading, yang tidak mudah goyah atau terpengaruh oleh emosi negatif. 

Tip Untuk Memperkuat Kepercayaan Diri Dalam Trading : 

1. Membangun rasa percaya diri ketika profit, namun bukan rasa percaya diri yang berlebihan (over confident) Lakukan evaluasi setiap kali profit, dan beri catatan pada jurnal trading mengenai setup yang telah Anda lakukan, mengapa Anda yakin setup tersebut adalah yang terbaik. Meski demikian tetaplah selalu ingat bahwa setup yang bagus sekalipun bisa gagal sehingga Anda bisa terhindar dari rasa percaya diri yang berlebihan. Setup yang bagus artinya mempunyai probabilitas profit tinggi, tetapi tidak harus pasti benar. 

2. Selalu meningkatkan pengetahuan dan kemampuan dalam trading. Dengan selalu menambah pengetahuan dan kemampuan Anda dalam trading maka kepercayaan diri Anda akan bertambah. Menambah pengetahuan tidak berarti mencoba banyak strategi, melainkan meningkatkan kualitas strategi yang sedang Anda gunakan sesuai dengan pengetahuan yang Anda peroleh. 

3. Menyadari bahwa kerugian adalah bagian dari keseluruhan hasil trading Anda. Kerugian selalu akan terjadi dan tidak bisa dihindari. Jika menyadari hal ini maka Anda akan tahu bahwa kerugian sama sekali tidak ada hubungannya dengan kepercayaan diri. 

Rasa percaya diri yang sesungguhnya dalam trading akan terbentuk seiring dengan kebiasaan positif yang Anda bangun.

RECOMMENDATION FROM EXPERT :

  • Pastikan anda Mengetahuinya dengan BACA dan PAHAMI dalam artikel ini.
  • Share artikel ini ke temanmu dan DAPATKAN FREE KONSULTASI langsung dengan Saya untuk mengenal trading lebih detail.
  • CALL atau whatsapp dan cari HADI silahkan hubungi di SINI

Artikel Terkait