ARTIKEL BARU

ARTIKEL BARU

Mengenal Teknik Chart Pattern Dan Cara Penggunaannya

Story by : Danuh Nuraga
Category at: Analisa Teknikal
Published : April 19, 2022
Dilihat: 1119 kali

Danuh Nuraga adalah Konsultan Perdagangan di Pasar Keuangan yang membantu Trader dan Investor profesional mendapatkan pengetahuan berharga dan strategi penting. Ia lulus dari California State University of Northridge di AS dan memperoleh gelar Bachelor of Science di bidang Manajemen Bisnis. Ia juga memiliki pengetahuan dalam dunia bisnis, namun memiliki pengetahuan yang sangat luas di bidang Penerbangan dan memiliki Lisensi Pilot..


zoom

Sumber: Freepik

Dalam artian dalam reversal pattern ada 2 kondisi yang mungkin bisa dilakukan. Yaitu trader dapat melihat terbentuknya pola yang terjadi secara berulang. Dengan analisa chart pattern ini nantinya trader dapat memprediksikan bagaimana pergerakan saham selanjutnya. Apakah akan menunjukkan tren bullish, atau sebaliknya menunjukkan trend bearish.

Chart pattern adalah penerapan prinsip Dow Theory. Yang mana dalam prinsip ini dijelaskan bahwa harga sebuah saham akan selalu berulang. Sehingga nantinya kan membentuk pola atau history repeats it self. Selain untuk mengetahui arah pergerakan saham, Chart pattern juga sangat penting bagi analisis teknikal karena bisa digunakan untuk menentukan titik masuk atau keluar. Ini dia Jenis pola harga dalam teknik chart pattern. 4rabet bangladesh

Continuation pattern

Chart pattern ini muncul sebagai sinyal penerusan harga dari trend sebelumnya. Teknik chart pattern dalam pola penerusan sangat bermanfaat untuk menyaring sinyal yang mengidentifikasikan ‘penyimpangan’ harga dari trend utama sebagai koreksi sementara. Artinya, setelah pola selesai terbentuk, maka harga kemungkinan besar akan kembali ke trend utama sebelumnya.

1. Pola ascending triangle

belajar trading Mengenal Teknik Chart Pattern Dan Cara Penggunaannya1
Sumber: Freepik

Ascending triangle ditandai dengan low price yang mengecil, sementara high nya cenderung stabil. Hal tersebut menandakan kekuatan seller namun posisi buyer masih kokoh. Dapat diartikan bahwa koreksi dari uptrend akan berakhir dan harga selanjutnya akan berlanjut dalam trend bullish.

2. Pola descending triangle

belajar trading Mengenal Teknik Chart Pattern Dan Cara Penggunaannya2
Sumber: Freepik

Sinyal pada pola ini cenderung mengalami penerusan downtrend. Berkebalikan dengan pola ascending triangle, descending triangle akan menggambarkan high yang terus menurun, dan low yang relatif stabil. Pada kondisi ini, kekuatan buyer melemah sehingga harga akan segera masuk ke dalam trend bearish.

3. Pola bullish flag

belajar trading Mengenal Teknik Chart Pattern Dan Cara Penggunaannya3
Sumber: Freepik

Sinyal dalam teknik ini cenderung mengalami penerusan uptrend. Pola chart yang menyerupai bendera ini mengalami lonjakan harga yang berperan sebagai ‘tiang’, dan koreksi yang terjadi setelahnya berfungsi sebagai ‘bendera’.

Teknik ini berfokus pada bullish flag, dan memperingatkan untuk mewaspadai pergerakan harga yang tampak turun di tengah kondisi uptrend. Jika pelemahan diawali dengan penguatan signifikan, maka harga tengah membentuk pola bullish flag dan penurunan bersifat koreksi sementara.

4. Pola bearish flag

belajar trading Mengenal Teknik Chart Pattern Dan Cara Penggunaannya4
Sumber: Freepik

Sinyal pada teknik ini mengalami penerusan downtrend. Memiliki dasar pemahaman yang mirip dengan bullish flag secara analisa teknikal, namun teknik ini menggunakan kemerosotan sebagai ‘tiang’ dan koreksi naik sebagai ‘bendera’. Pola ini mengindikasikan sinyal penerusan downtrend.

5. Pola bullish pennant

belajar trading Mengenal Teknik Chart Pattern Dan Cara Penggunaannya5
Sumber: Freepik

Sinyal dalam teknik ini cenderung mengalami penerusan uptrend. Pola ini menggabungkan unsur pola flag dan triangle. Bullish pennant memiliki ‘tiang’ akibat didahului penguatan harga yang kemudian diikuti koreksi dengan pola high low yang membentuk triangle.

6. Pola bearish pennant

belajar trading Mengenal Teknik Chart Pattern Dan Cara Penggunaannya6
Sumber: Freepik

Sinyal dalam teknik ini mengalami penerusan downtrend. Berkebalikan dengan bullish pennant, pola bearish pennant mengkombinasikan komponen pola triangle dan flag dari penurunan harga yang terjadi.

7. Pola bullish wedge

belajar trading Mengenal Teknik Chart Pattern Dan Cara Penggunaannya7
Sumber: Freepik

Sinyal dalam teknik ini mengalami penerusan uptrend. Mirip dengan kondisi pennant, wedge juga memiliki tiang dan diikuti pola korektif namun berbentuk seperti pola segitiga serta berlawanan arah dengan trend, sehingga pada analisa teknikal akan memperhatikan bullish wedge dengan koreksi harga yang bergerak ke arah bawah.

Teknik chart pattern dengan bullish wedge dilandasi oleh kondisi pasar berupa seller yang berupaya mendominasi namun gagal karena harga sedang dalam sentimen bullish.

8. Pola bearish wedge

Sinyal teknik chart pattern ini mengalami penerusan downtrend. Berkebalikan dengan pola bullish wedge, pola ini muncul ketika trend harga sedang didominasi sentimen bearish. Ditandai koreksi yang berupaya mengungkit kenaikan harga, namun gagal dan harga berlanjut downtrend.

 

Reversal Pattern

Pola chart yang menandakan pembalikan pada umumnya akan muncul di puncak (top) atau dasar (bottom) harga.

 

1. Pola head and shoulders

belajar trading Mengenal Teknik Chart Pattern Dan Cara Penggunaannya8
Sumber: Freepik

Sinyal pada teknik ini cenderung mengalami bearish reversal. Dikenal sebagai pola umum yang diandalkan para trader reversal, pola ini terdiri atas bahu kiri (left shoulder), kepala (head), dan bahu kanan (right shoulder), serta garis leher (neckline).

Pembentukan head menandakan upaya buyer yang berhasil mendorong harga lebih tinggi dari sebelumnya (left shoulder). Namun high tersebut justru gagak mengungguli head sehingga terkonfirmasi sebagai right shoulder.

Pola ini menandakan kekuatan buyer yang mulai melemah. Dan jika penurunan harga berikutnya sukses menembus neckline (garis bawah titik low), maka besar kemungkinan harga berlanjut dalam downtrend.

2. Pola inverted head and shoulders

belajar trading Mengenal Teknik Chart Pattern Dan Cara Penggunaannya9
Sumber: Freepik

Sinyal dalam teknik ini cenderung mengalami bullish reversal. Hampir mirip dengan pola head and shoulders, namun posisi pola low price menjadi dasar pengambilan formasi head dan kedua shoulder. Selain itu, titik-titik high dalam pola ini digunakan sebagai landasan penentuan neckline. Ketika harga sukses breakout dari neckline, makan kemungkinan bullish reversal tercipta.

3. Pola double top

belajar trading Mengenal Teknik Chart Pattern Dan Cara Penggunaannya9
Sumber: Freepik

Sinyal pada teknik ini cenderung mengalami bearish reversal. Pola double top teridentifikasi sebagai pola pembalikan yang dipicu kemunculan dua top di level yang sama. Top kedua yang tak mampu melewati batas top pertama menunjukkan sinyal ketidakmampuan buyer mengangkat harga melewati batas resistance. Jika harga turun menembus base (ditarik dari low price), maka bearish reversal terkonfirmasi.

4. Pola double bottom

belajar trading Mengenal Teknik Chart Pattern Dan Cara Penggunaannya10
Sumber: Freepik

Sinyal teknik ini mengalami bullish reversal. Terdiri atas dua bottom dengan level setara, pola ini bisa dianalisa lewat pemahaman yang mirip dengan teknik chart pattern double top. Anda bisa menggunakan high price sebagai base dan mewaspadai breakout dari garis tersebut sebagai sinyal pembalikan dari downtrend ke uptrend.

5. Pola triple top

belajar trading Mengenal Teknik Chart Pattern Dan Cara Penggunaannya11
Sumber: Freepik

Sinyal pada teknik ini mengalami bearish reversal. Sama dengan pola double top, namun mengandung 3 top yang tampak berdiri sejajar. Sebagai penanda bearish reversal, triple top akan muncul di puncak uptrend. Jenis pola ini lebih jarang ditemui daripada double top, namun dianggap lebih valid karena dapat memberikan konfirmasi lebih baik atas ketidakmampuan harga menembus resistance.

6. Pola triple bottom

belajar trading Mengenal Teknik Chart Pattern Dan Cara Penggunaannya12
Sumber: Freepik

Sinyal dalam teknik ini mengalami bullish reversal. Tak berbeda jauh dengan pola triple top, pola ini hanya perlu mengkonversi sinyal bullish reversal yang muncul ketika harga mendekati akhir downtrend.

Low price yang telah menguji suatu level atau support sebanyak 3 kali akan membentuk pola triple bottom. Kekuatan seller yang telah mencapai maksimum akan mengakibatkan harga memantul ke atas dan menciptakan pergerakan baru di arah uptrend. Hal tersebut akan terkonfirmasi setelah harga menembus base yang dibentuk titik-titik high harga.

 

Bilateral chart pattern

belajar trading Mengenal Teknik Chart Pattern Dan Cara Penggunaannya13
Sumber: Freepik

Jenis chart ini lebih rumit karena sinyal harganya dapat berpindah ke kedua arah sehingga disebut sinyal bilateral.

Untuk memainkan jenis pola chart ini sebaiknya pertimbangkan dua skenario (baik upside dan downside breakout) dan letakkan satu order di puncak formasi dan satunya di dasar formasi. Jika salah satu order mulai terancam, Anda dapat membatalkan order satunya.

Anda perlu berhati-hati pada false break jika Anda mengatur entry order terlalu dekar dengan pembentukan top atau bottom.

Chart pattern yang termasuk dalam kategori ini adalah:

1. Symmetrical chart pattern

2. Ascending chart patterns

3. Descending chart patterns

 

Cara mengenali pola dalam teknik chart pattern dan menggunakannya dalam strategi trading

Secara umum ada dua cara yang bisa digunakan untuk mengenali pola chart, yaitu manual dan otomatis. Cara manual dilakukan dengan mengamati chart dan menarik garis-garis pada pergerakan harga yang membentuk suatu pola penting. Objek analisa tersebut termasuk vertical line, horizontal line, dan trendline.

Sementara itu cara otomatis dapat digunakan dengan menggunakan jasa penyedia analisa pola chart yang menyediakan layanan analisa teknis.

 

RECOMMENDATION FROM EXPERT :

- Pastikan anda Mengetahuinya dengan BACA dan PAHAMI dalam artikel ini.
- Share artikel ini ke temanmu dan DAPATKAN FREE KONSULTASI langsung dengan
  Saya untuk mengenal trading lebih detail.
- Untuk pembelajaran lebih intensif dan lebih dalam, silahkan
  ke Sekolah Forex Gatis
- CALL atau whatsapp dan cari DANUH silahkan hubungi di SINI

 


Artikel Terkait