ARTIKEL BARU

ARTIKEL BARU

Seri Tokoh : George Soros, Awal Kisah sang Pesohor ‘Trader’ Dunia 

Story by : Citra Nuraini
Category at: Artikel Baru
Published : April 14, 2022
Dilihat: 574 kali

Seorang Blogger yang menyukai bidang jurnalistik, content writer, SEO, dan copywriting. Menyukai isu seputar dunia finansial, film, kebudayaan, dan human interest. Saat ini bergabung di belajartrading.co.id sebagai content writer.


zoom

Siapa tak mengenal George Soros? Trader kelas dunia ini punya banyak cerita. Keterlibatannya seringkali memicu kontroversial. 

Kehidupan ‘Sang Pesohor’ George Soros dimulai dari sebuah kota bernama Budapest, Hongaria. Sebelum menyandang nama Soros, dia lahir dengan nama belakang Schwartz. Sebuah nama yang identik dengan kelompok Yahudi.

Ayahnya mengubah namanya untuk menghindari masalah, nama Soros pun disematkan padanya. Tivadar, begitu nama sang ayah. Dia merupakan seorang tahanan Perang Dunia I selama Revolusi Rusia. Sang ayah berhasil melarikan diri dari Rusia untuk bergabung kembali dengan keluarganya di Budapest.

Selama pendudukan Nazi, Soros mengalami penganiayaan.  Bersama keluarganya dan sebagian kelompok Yahudi, dia mengambil langkah. Dia membantu ayahnya memalsukan ribuan dokumen untuk membantu rekan senegaranya melarikan diri dari Hongaria selama Holocaust.Soros mengasah keterampilan bertahan hidupnya selama masa-masa ini.

Langkah Awal Soros, Migrasi ke London School of Economics

Dibalik semua tekanan dari, Soros tetap mencoba untuk menghadapinya. Pada satu titik, dia mengambil langkah baru. Di Tahun 1947, Soros kabur ke Inggris. Dia mendaftar sebagai murid di London School of Economics. Tak disangka, langkah ini akan berpengaruh pada dirinya di masa depan. 

Di London School of Economics, dia bertemu dengan Karl Popper. seorang filsuf yang menciptakan istilah "masyarakat terbuka". Soros pun menganggap karl sebagai mentornya. Karl banyak mempengaruhi Soros. Pandangan filantropis dan filosofinya dibentuk selama masa ini.  Setelah empat tahun menimba ilmu di London School of Economics, Soros lulus pada tahun 1952. Pacsa kelulusannya, dia langsung di terima entry-level di bank investasi di sebuah bank London.

Amerika Serikat dan Awal Pencapain Seorang Soros

Tak berhenti di London, Soros memutuskan untuk mengambil langkah besar lagi. Dia kembali bermigrasi. Kali ini, dia menjajaki tanah Paman Sam. Pada tahun 1956, Soros diterima manajer investasi di FM Mayer, sebuah perusahaan Amerika Serikat.

Setelah itu, Soros pun bekerja di sejumlah perusahaan Wall Street sebagai pedagang dan analis. Ia juga berpindah kerja di Wertheim & Co dan Arnhold & S. Bleichroeder.

Pada tahun 1967, Soros mengalami titik kritisnya pertamanya. Dia mengelola dana luar negeri pertamanya, First Eagle Fund, di Arnold dan S. Bleichroeder. Dia dinyatakan berhasil mengelola dana tersebut. Berkat kesuksesan itu,  First Eagle Fund meluncurkan dana kedua bernama Double Eagle Fund pada tahun 1969.


Artikel Terkait