ARTIKEL BARU

ARTIKEL BARU

Strategi Trading Dengan Price Action Pin Bar, Fakey dan Inside Bar

Story by : Danuh Nuraga
Category at: STRATEGI TRADING
Published : July 05, 2021
Dilihat: 343 kali

Danuh Nuraga adalah Konsultan Perdagangan di Pasar Keuangan yang membantu Trader dan Investor profesional mendapatkan pengetahuan berharga dan strategi penting. Ia lulus dari California State University of Northridge di AS dan memperoleh gelar Bachelor of Science di bidang Manajemen Bisnis. Ia juga memiliki pengetahuan dalam dunia bisnis, namun memiliki pengetahuan yang sangat luas di bidang Penerbangan dan memiliki Lisensi Pilot.


zoom

Sumber: Freepik

Price action ini ada banyak versi dan variasinya, tetapi kali ini kita hanya akan fokus pada tiga formasi inti, yaitu pin bar, fakey (false/ palsu) dan inside bar.
(Note: yang dimaksud ‘bar’ disini adalah satuan pada keseluruhan sebuah candle stick, jadi body plus ekornya.)


Pin Bar

belajar trading Strategi Trading Dengan Price Action Pin Bar, Fakey dan Inside Bar 1

Sumber: Freepik

Pada trend pergerakan harga yang kuat (baik uptrend atau downtrend) formasi pin bar bisa sangat akurat, terutama pin bar yang terbentuk pada level-level support atau resistance yang signifikan. Ciri formasi pin bar adalah adanya sebuah bar yang ‘menonjol’ keluar diantara bar-bar lain yang menghimpit, yang menunjukkan terjadinya penolakan terhadap trend.

Untuk pasar yang downtrend analisanya sama, hanya pin bar yang terbentuk adalah bearish pin bar. Sangat dianjurkan untuk menggunakan strategi ini hanya pada time frame daily chart.


Fakey (false)

belajar trading Strategi Trading Dengan Price Action Pin Bar, Fakey dan Inside Bar 2

Sumber: Freepik

Formasi bar fakey (false) mengindikasikan penolakan pada level yang dianggap signifikan. Seolah-olah harga bergerak mengikuti trend yang sedang terjadi, tetapi kemudian berbalik arah. Acapkali setelah formasi fakey terbentuk, harga berbalik arah dengan kuat.

Ciri utama fakey terdiri dari inside bar, diikuti oleh bar false break yang terbentuk dan ditutup pada level range inside bar. Entry point adalah pada bar berikutnya saat bergerak melebihi level tertinggi inside bar (atau level terendah untuk fakey downtrend / bearish).

Inside Bar

Formasi inside bar mengindikasikan trend continuation, walau kadang bisa juga menunjukkan pembalikan. Tetapi cara mudah untuk penerapan dalam trading adalah pada trend continuation. Inside bar menunjukkan konsolidasi pasar yang singkat, sebelum akhirnya terjadi breakout pada arah trend yang sedang dominan. Strategi ini sangat bagus diterapkan pada daily dan weekly chart, dengan setup: risk kecil dan reward yang besar.

 

RECOMMENDATION FROM EXPERT :

- Pastikan anda Mengetahuinya dengan BACA dan PAHAMI dalam artikel ini.

- Share artikel ini ke temanmu dan DAPATKAN FREE KONSULTASI langsung dengan Saya untuk mengenal trading lebih detail.

- Untuk pembelajaran lebih intensif dan lebih dalam, silahkan ke Sekolah Forex Gratis

- CALL atau whatsapp dan cari DANUH silahkan hubungi di SINI


Artikel Terkait