ARTIKEL BARU

ARTIKEL BARU

THE BILLIONARE START : SUPPORT & RESISTANCE

Story by : Danuh Nuraga
Category at: Analisa Teknikal
Published : January 06, 2020
Dilihat: 2240 kali

Danuh Nuraga adalah Konsultan Perdagangan di Pasar Keuangan yang membantu Trader dan Investor profesional mendapatkan pengetahuan berharga dan strategi penting. Ia lulus dari California State University of Northridge di AS dan memperoleh gelar Bachelor of Science di bidang Manajemen Bisnis. Ia juga memiliki pengetahuan dalam dunia bisnis, namun memiliki pengetahuan yang sangat luas di bidang Penerbangan dan memiliki Lisensi Pilot..


zoom

Para trader teknikal (technicalist) biasanya akan fokus pada level-level resistance dan support sebelum memulai analisanya dengan indikator tertentu. Level resistance dan support bisa berubah setiap waktu, oleh karenanya para trader, terutama yang pemula, bisa menghabiskan waktu berjam-jam hanya untuk menentukan level-level resistance dan support untuk kemudian dipetakan pada chart trading. Nah, apakah sebenarnya level support dan level resistance tersebut, dan apakah sulit menentukan level-level tersebut?

Support dan resistance berhubungan dengan level permintaan dan penawaran di pasar. Pada level support pelaku pasar secara umum menganggap bahwa harga sudah terlalu murah, dan memprediksi permintaan akan melebihi penawaran hingga penurunan harga yang sedang terjadi akan terhenti. Sebaliknya pada level resistance pelaku pasar menganggap harga sudah terlalu mahal dan memperkirakan permintaan akan berkurang.

Permintaan juga dapat diartikan bullish atau buy. Pada saat harga mencapai level support aksi beli akan meningkat dan harga akan naik. Sebaliknya pada level resistance pelaku pasar menganggap harga sudah terlalu mahal dan memperkirakan permintaan akan berkurang. Saat harga mencapai level resistance, tekanan jual atau penawaran akan meningkat dan harga akan turun dan bisa diartikan sebagai bearish atau sell. Jika level support berhasil dilewati atau ditembus artinya pelaku pasar menganggap level harga masih cukup mahal untuk dibeli, maka level tersebut akan menjadi level resistance yang baru. Sebaliknya jika level resistance ditembus berarti pelaku pasar menganggap harga masih terlalu murah untuk dilepas (dijual), maka level resistance tersebut akan menjadi level support yang baru. Jadi setelah ditembus, resistance lama menjadi support baru, dan sebaliknya.

Berikut contoh hubungan resistance dan support dengan faktor pendukung level resistance lama dan channel trend:

Pada contoh diatas tampak harga menembus level resistance pada saat pergerakan trend berbalik (uptrend) sehingga level resistance lama tersebut menjadi support yang baru, dan dengan faktor pendukung tersebut membuat level support baru cukup valid. Faktor pendukung lain adalah lower channel uptrend (garis channel uptrend bagian bawah) yang tidak benar-benar ditembus.

Contoh dengan faktor pendukung level Fibonacci tretracement pada USD versus Chinese Yuan (CNH):

Pada contoh kedua ini level resistance tidak sekuat contoh sebelumnya karena belum lama terbentuk. Untuk menguji validitas pada keadaan seperti ini trader sering menggunakan level Fibonacci retracement sebagai faktor pendukung. Pada contoh ini jika level retracement 23.6% tidak ditembus, maka level support baru tersebut bisa dianggap cukup valid.

Dalam keadaan pasar yang sebenarnya level-level support dan resistance selalu akan berulang. Semakin lama dan semakin sering level-level tersebut ‘dikunjungi’, maka akan semakin kuat support atau resistance tersebut. Jika dikemudian hari harga bergerak mendekati level itu lagi, maka level support atau resistance lama tersebut bisa dianggap sebagai salah satu faktor pendukung validitas pergerakan harga. Semakin kuat level support atau resistance lama maka akan semakin valid sebagai faktor pendukung untuk konfirmasi level yang baru. Faktor pendukung lainnya seperti garis trend, channel trend dan level Fibonacci retracement.

ARTIKEL ASLI : SUPPORT AND RESISTANCE

RECOMMENDATION FROM EXPERT :

  • Pastikan anda Mengatahuinya dengan BACA dan PAHAMI dalam artikel ini.
  • Share artikel ini ke temanmu dan DAPATKAN FREE KONSULTASI langsung dengan Saya untuk mengenal trading lebih detail.
  • CALL atau whatsapp dan cari HADI J silahkan hubungi di SINI

Artikel Terkait