ARTIKEL BARU

ARTIKEL BARU

Tips menghindari Sindrom Kingkong Dalam Trading

Story by : Danuh Nuraga
Category at: Psikologi
Published : May 03, 2022
Dilihat: 28 kali

Danuh Nuraga adalah Konsultan Perdagangan di Pasar Keuangan yang membantu Trader dan Investor profesional mendapatkan pengetahuan berharga dan strategi penting. Ia lulus dari California State University of Northridge di AS dan memperoleh gelar Bachelor of Science di bidang Manajemen Bisnis. Ia juga memiliki pengetahuan dalam dunia bisnis, namun memiliki pengetahuan yang sangat luas di bidang Penerbangan dan memiliki Lisensi Pilot..


zoom

Sumber: Freepik

Nah, kondisi ini akhirnya membuat pedagang merasa percaya diri secara berlebihan. Mereka berasumsi akan selalu menghasilkan keuntungan terus-menerus, tanpa memperhatikan kemungkinan kerugian dalam perdagangan.

Kepercayaan diri yang berlebihan disebut sindrom King Kong. Sindrom ini didominasi oleh dua jenis sifat, yaitu rasa takut kehilangan keuntungan dan keserakahan.

Dalam kebanyakan kasus, sindrom King Kong menyerang pedagang pemula. Karena mereka tidak mempunyai pengetahuan sedikitpun tentang itu, mereka tidak lain hanyalah menduga-duga belaka. Sebagai contoh, mereka terlalu percaya diri untuk menempatkan banyak sangat besar tanpa mempertimbangkan faktor-faktor risiko.

Ketika Anda menuai profit, Anda akan berusaha untuk mendapatkan lebih banyak, seperti menambah jumlah lot ataupun menambah frekuensi open posisi. Keuntungan yang sudah Anda raih tersebut, bisa saja sekejap menjadi kerugian jika tidak dijalankan dengan manajemen risiko yang baik.

Ketika Anda rugi, Anda akan merasa bahwa tidak pantas menerima kerugian tersebut dan berusaha untuk membalikkan keadaan. Usaha untuk membalikkan keadaan ini justru akan menghabiskan uang Anda karena trading yang Anda lakukan terbawa dengan emosi.

 

Tips Mencegah Sindrom Kingkong

Tenang saja, Anda tak perlu takut. Sindrom kingkong tidak begitu menakutkan jika Anda dapat mempersiapkan aspek-aspek sederhana untuk mencegah sindrom kingkong seperti di bawah ini:

 

Atur Rencana Trading

belajar trading Tips menghindari Sindrom Kingkong Dalam Trading 1
Sumber: Freepik

Biasanya mereka yang terjebak dengan sindrom kingkong adalah mereka yang menjadikan trading seperti judi. Mereka hanya mengandalkan faktor keberuntungan tanpa membawa bekal pengetahuan atau rencana trading yang terorganisir.

Oleh karena itu, menjalankan strategi secara konsisten sangat penting. Rencanakan apa yang akan Anda jalankan. Jalankan apa yang sudah Anda rencanakan. Bersikap labil dan memikirkan segala alternatif strategi ketika merugi berpotensi membawa dirimu jatuh pada jurang kerugian yang dalam.

 

Kendalikan Emosi

Kita semua tahu bahwa Kingkong adalah salah satu binatang yang identik dengan tempramen tinggi. Oleh karena itu, sebagai manusia kita seharusnya bisa mengendalikan emosi ketika trading. Kelihatannya memang sulit, tetapi bisa dilakukan.

Sebaiknya tidak masuk ke pasar ketika kondisi pikiran sedang tidak baik. Jika untung, cobalah untuk tidak serakah serta tetap mematuhi rencana trading dan manajemen risiko yang sudah dibuat. Hal ini supaya Anda bisa menikmati profit yang telah didapatkan.

 

Introspeksi

Jika hasil trading membuat Anda merugi, janganlah terburu-buru untuk melakukan kompensasi kerugian (trade lagi dengan harapan untung). Sebaiknya Anda harus introspeksi dan kembali menyadari bahwa strategi yang Anda jalankan sudah termasuk nilai-nilai risiko Maka jika terjadi kerugian, ini adalah harga dari strategi tersebut.

Barangkali juga, Anda belum begitu disiplin dengan rencana trading yang Anda lakukan atau mungkin saja Anda belum begitu menguasai strategi yang Anda lakukan. Jika Anda terbawa emosi ketika rugi, itu hanya akan membawa Anda kepada kerugian yang beruntun.

 

Konsisten

belajar trading Tips menghindari Sindrom Kingkong Dalam Trading 2
Sumber: Freepik

Hal yang terpenting dalam trading adalah konsistensi. Sebagai contoh, jika Anda sudah menetapkan jumlah profit dan toleransi kerugian yang bisa Anda terima setiap harinya, cobalah untuk mematuhi hal tersebut.

Jangan hanya karena Anda mengalami keuntungan, Anda lupa akan tujuan dalam trading. Hal yang terpenting adalah konsistensinya, bukan jumlahnya. Cobalah untuk mensyukuri profit harian agar Anda mengalami profit konsisten di tiap harinya.

Nah, itulah pembahasan mengenai sindrom kingkong. Pada dasarnya, sindrom ini bisa dihindarkan dengan beberapa aspek-aspek sederhana. Jangan takut dengan kekalahan, karena kekalahan akan melahirkan pengalaman menuju kesuksesan jika Anda mau belajar dari pengalaman tersebut.

 

RECOMMENDATION FROM EXPERT :

- Pastikan anda Mengetahuinya dengan BACA dan PAHAMI dalam artikel ini.
- Share artikel ini ke temanmu dan DAPATKAN FREE KONSULTASI langsung dengan
  Saya untuk mengenal trading lebih detail.
- Untuk pembelajaran lebih intensif dan lebih dalam, silahkan
  ke Sekolah Forex Gatis
- CALL atau whatsapp dan cari DANUH silahkan hubungi di SINI


Artikel Terkait