ARTIKEL BARU

ARTIKEL BARU

Tips Trading di Bulan Ramadan

Story by : Citra Nuraini
Category at: Artikel Baru
Published : April 06, 2022
Dilihat: 813 kali

Seorang Blogger yang menyukai bidang jurnalistik, content writer, SEO, dan copywriting. Menyukai isu seputar dunia finansial, film, kebudayaan, dan human interest. Saat ini bergabung di belajartrading.co.id sebagai content writer.


zoom

Bulan ramadan membawa kebiasaan baru buat umat muslim. Begitu pula dengan pola trading kita. Bulan ramadhan ini juga membawa hikmah buat para trader. Apa saja hubungan bulan ramadhan dan trading.

1.  Bisa lebih sabar dan tidak greedy

Salah satu fakta trading di bulan ramadhan kamu bisa lebih sabar menghadapi volatilitas market. Di bulan ramadhan kamu terlatih menahan hawa nafsu dan bersikap sabar. Nah, bagi trader yang sering terjebak sikap greedy, ini saatnya kamu melatih diri.

2. Belajar Trading Plan 

Puasa mengajarkan kita untuk mengatur hawa nafsu. Kamu tidak cuma mengatur hawa nafsu selama berpuasa. Setelah berbuka puasa,  kamu juga diharapkan tidak balas dendam. 

Pelajaran ini bisa diterapkan di dunia trading. Kamu bisa terapkan hal ini untuk mengatur trading plan.  Trading plan merupakan perencanaan untuk mengatur transaksi trading. Perencanaan ini berguna untuk mengatur apa saja langkah yang perlu Anda lakukan saat membuka trading. 

3. Kurangi Scalping, Coba Intraday atau Swing Trading

Kamu punya kebiasaan scalping? Mungkin ini saatnya kamu mencoba swing ataupun intraday. Scalping sendiri merupakan cara trader untuk memperoleh keuntungan cepat dengan cara keluar masuk pasar dengan cepat pula. Teknik ini membutuhkan perhatian lebih.  Metode scalping mungkin akan terbatas oleh rutinitas bulan ramadhan, seperti seperti saur, buka puasa, hingga shalat tarawih di malam hari. Jangan sampai ibadah ramadhan kamu terganggu karena memantau chart.

Nah, ini saat yang tepat untuk kamu mencoba intraday ataupun swing trading. Intraday trading merupakan trading harian (day trading) yang dilakukan dengan cara membeli dan menjual saham di hari yang sama. Sedangkan swing trading merupakan salah satu strategi jual beli saham dalam dunia pasar.  saham dimana aset yang ingin diperjualbelikan akan ditahan (hold) selama beberapa hari atau beberapa minggu lalu akan dijual pada saat harga saham tersebut mencapai nilai yang tertinggi.

4.  Trading Berjamaah

Ramadan identik dengan kebersamaan. Momen ini bisa dimanfaatkan untuk trading bersama-sama. Kamu bisa trading bersama-sama selepas tarawih. Trading berjamaah ini berfungsi untuk meminimalkan kerugian. 

5. Manajemen waktu

Bulan puasa mengajarkanmu manajemen waktu. Pernah mencoba trading saat sahur? Ini saat yang tepat untuk kamu mencobanya. Dari pada kamu tidur kembali selepas imsyak, sebaiknya kamu gunakan untuk trading. Beberapa pair sudah bisa kamu tradingkan selepas sahur.


Artikel Terkait