ARTIKEL BARU

ARTIKEL BARU

TRADING BOREDOM DAN CARA MENGATASINYA

Story by : Debby Lukito Goeyardi
Category at: SEPUTAR FOREX
Published : February 10, 2021
Dilihat: 398 kali

Debby Lukito Goeyardi adalah seorang penulis yang sudah menerbitkan belasan buku. Dengan bekal ilmu dari jurusan Business Administration di Kennedy-Western University, Debby siap memasuki dunia pasar keuangan bersama PT. Astronacci International.


zoom

Tak dipungkiri bahwa banyak orang tertarik untuk memasuki dunia trading karena prospek dalam menghasilkan keuntungan dalam rentang waktu yang relatif singkat. Namun terkadang sistem trading Anda bahkan tidak menangkap pergerakan harga apa pun. Jika seorang trader tidak memiliki kesabaran, dia bisa saja melepaskan sistem trading yang telah disusunnya atau malah memaksakan diri untuk terus melakukan trading. 

Trader menghabiskan waktu dengan duduk di depan layar komputer sepanjang hari untuk mengamati pasar. Jika mereka tidak melihat ada pergerakan dalam perdagangan, maka mereka mungkin memaksakan diri hanya karena jenuh. Trader terkadang merasa mereka harus terus mengamati pasar dan hal itu malah memaksa mereka untuk melakukan trading yang seharusnya tidak mereka lakukan. Ini merupakan bentuk dari ‘trading boredom’ karena rasa jenuh atau bosan dan ‘trading boredom’ seperti ini jarang berhasil. 

Faktanya, dua jam pertama setelah pasar dibuka adalah saat sebagian besar pergerakan terbesar cenderung terjadi. Sebagai trader harian, itulah mengapa Anda harus memperhatikan hal ini dengan cermat. Kecuali terjadi berita terbaru (breaking news), volume perdagangan cenderung menurun dramatis lewat waktu dua jam pertama itu. 

Di sinilah trader pemula cenderung membuat kesalahan. Anda mungkin berasumsi bahwa jika hari itu tidak memberikan peluang besar setelah dua jam pertama tersebut, maka peluang besar itu pun tidak mungkin terjadi sepanjang hari. Masalahnya adalah banyak trader terjebak dalam ketergesa-gesaan untuk menghasilkan uang yang pada akhirnya mereka malah melakukan kesalahan. 

Ada beberapa cara untuk mengatasi ‘trading boredom’ tersebut dan membuat Anda fokus pada peningkatan trading Anda:

  • Tinjau dan periksalah metric trading Anda karena hal ini akan membantu Anda untuk lebih memahami diri Anda sendiri dalam hal sisi baik dan sisi kekurangan Anda, apa akurasi Anda, bagaimana strategi entri Anda sendiri hingga ukuran serta eksposur ideal Anda. Lakukan tinjauan dan pemeriksaan ini paling tidak setiap minggu. Jika memungkinkan, peninjauan setiap hari akan lebih baik. 
  • Buatlah jurnal harian untuk menghindari overtrading (trading berlebihan). Anda bisa menuliskan tahap perencanaan trading dan deskripsi menyeluruh tentang keadaan emosional yang Anda rasakan selama terjadinya berbagai fase pengelolaan perdagangan. 
  • Bacalah buku atau artikel mengenai trading untuk mendapatkan informasi terbaru tentang apa yang sedang terjadi serta membuat Anda tetap termotivasi untuk terus meraih keuntungan. 
  • Bergabunglah dengan komunitas trading dan berkontribusilah secara aktif melalui berbagi pemikiran serta ide ke dalam ruang chatting yang Anda ikuti. 
  • Tinjaulah kembali pelajaran dari edukasi trading yang Anda dapatkan. Hal ini akan membantu dalam menjaga informasi tetap segar dalam benak Anda ketika Anda menerapkannya dalam trading yang Anda lakukan. 
  • Biasakan diri untuk membaca aksi harga karena hal ini merupakan suatu keharusan untuk membaca mekanisme pasar serta memperoleh pengalaman yang dibutuhkan untuk tampil di tingkat professional. Jika Anda tidak mampu mengontrol keinginan Anda untuk trading, sebaiknya Anda mematikan perangkat lunak trading Anda untuk fokus pada mempelajari grafik ketika aksi berlangsung.

  • Dengarkan musik dengan latar lembut dan biarkan music membantu Anda untuk tetap tenang dan fokus. 
  • Beristirahatlah jika Anda merasa perlu. Jangan takut untuk menyeimbangkan sesi perdagangan rutin atau monoton dengan waktu istirahat yang melibatkan hal-hal yang memberi energi serta motivasi pada Anda. 
  • Tetaplah sesuai target yang Anda ingin capai. Jangan terpaku pada hal-hal yang merampas energi mental Anda yang berharga. 
  • Tetapkan tujuan trading Anda. Tanyakan pada diri Anda: apa arti trading tersebut bagi Anda ketika trading telah usai? Hasil seperti apa yang akan menjadi lebih baik bagi hidup Anda?

Tidak ada trader yang kebal terhadap ‘trading boredom’. Trader pemula dan trader ahli sama-sama bisa merasa jenuh dengan trading ketika ada pergerakan lemah di pasar atau ketika mereka merasa bahwa rutinitas trading mereka begitu monoton. 

 

Happy trading!


Artikel Terkait