ARTIKEL BARU

ARTIKEL BARU

TRIK UNIK DARI TRADER SUKSES

Story by : Debby Lukito Goeyardi
Category at: SEPUTAR FOREX
Published : February 10, 2021
Dilihat: 320 kali

Debby Lukito Goeyardi adalah seorang penulis yang sudah menerbitkan belasan buku. Dengan bekal ilmu dari jurusan Business Administration di Kennedy-Western University, Debby siap memasuki dunia pasar keuangan bersama PT. Astronacci International.


zoom

Mengapa seseorang bisa sukses sebagai seorang trader? Mengapa banyak yang gagal menjadi seorang trader? Selain edukasi dan pemahaman yang baik mengenai pasar keuangan, kesuksesan seorang trader ternyata juga didukung oleh beberapa trik unik berikut ini:

#1 – Trader sukses bangun lebih awal

Faktanya, menjadi orang yang berprestasi atau sukses di bidang apa pun tentunya dibutuhkan upaya luar biasa yang sebagian besar tidak banyak orang yang bersedia melakukan upaya luar biasa itu. Tidak ada yang salah jika Anda memutuskan untuk tetap menggunakan waktu dengan santai. Namun,  banyak bukti bahwa orang sukses biasanya bangun lebih awal dengan alasan-alasan sebagai berikut:

  • Hampir tanpa kecuali, orang paling sukses di dunia bangun sebelum pukul 06:00 pagi
  • Orang sukses memulai hari mereka dengan beberapa jenis rutinitas untuk pengembangan diri. Hal ini tentunya membutuhkan bangun pagi
  • Bangun lebih pagi untuk berolah raga akan menciptakan disiplin yang tidak bisa dilakukan oleh orang lain 

Jika Anda kurang disiplin untuk bangun pagi dan bekerja keras, jangan terkejut jika Anda kurang disiplin juga ketika melakukan trading. Jika Anda ingin sukses, pekerjaan yang menuntut kedisiplinan dan konsistensi harus didahulukan. 

#2 – Pemilihan makanan yang tepat

Bukankah kita sedang berbicara tentang trader sukses? Mengapa malah berbicara tentang makanan? Satu pertanyaan: apakah Anda menggunakan otak Anda saat melakukan trading? Sekitar 20 persen dari penggunaan kalori harian tubuh Anda berasal dari otak. Diet Anda juga memiliki dampak pada suasana hati Anda dan suasana hati berdampak besar pada  kemampuan pengambilan keputusan, cara berpikir yang rasional, berpikir jernih, kecepatan berpikir, motivasi, dorongan, keinginan hingga motivasi diri.  

#3 – Meditasi

Meditasi meningkatkan fokus, kesabaran, membentuk pola pikir yang positif, mengurangi stress hingga meningkatkan kemampuan untuk mempertahankan pemikiran rasional dalam situasi stress yang tinggi. 

#4 – Olah raga setidaknya 3 x per minggu

Trader sukses hampir selalu melakukan beberapa jenis latihan fisik sebagai bagian dari rutinitas pagi mereka.  Hal ini menunjukkan disiplin, kemampuan untuk menghadapi kesulitan serta kemampuan untuk mengelola stres dengan lebih efektif. Secara fisik, olah raga juga mendorong peningkatan kemampuan kognitif dan suasana hati Anda akan lebih baik. Ini sangat penting untuk trading yang positif.

#5 –  Teknik pernapasan

Salah satu cara tercepat untuk meretas sistem syaraf pusat Anda adalah melalui napas Anda. Rintangan terbesar yang harus diatasi oleh setiap orang sebelum menjadi trader sukses adalah dirinya sendiri. Anda tidak bisa berpikir rasional ketika marah. Itulah sebabnya kerugian terbesar biasanya selalu datang ketika emosi memuncak. Cara tercepat untuk membuat diri Anda kembali berpikir tenang adalah dengan duduk dan bernapas selama dua menit sebelum Anda membuat keputusan berikutnya. Caranya pun mudah, yaitu duduk dan pejamkan kedua mata Anda, lalu tarik napas melalui hidung hingga hitungan ke-5, diikuti dengan menghembuskan napas hingga hitungan ke-5 juta. Fokus pada hitungan dan ulangi hingga dua menit. Latihan pernapasan seperti ini akan mengurangi stress dan sangat meningkatkan kemampuan Anda untuk tetap menjadi trader yang disiplin dan sabar. Selain itu, teknik pernapasan seperti ini juga sesuai untuk menjaga kesehatan selama masa pandemi Covid-19 ini. 

#6 – Berhenti untuk multi-tasking

Trader sukses cenderung hanya fokus pada satu strategi trading tertentu dan mengurangi semua gangguan di luar trading itu sendiri. Otak tidak dapat melakukan beberapa tugas tingkat tinggi pada saat bersamaan. Sains telah membuktikan bahwa multitasking tidak mungkin dilakukan, namun otak hanya beralih di antara dua tugas dengan cepat. Secara keseluruhan, hal ini membawa akibat pada hilangnya produktivitas dalam tugas apa pun yang diberikan. Dalam hal trading, sebagian besar trader sukses mengurangi gangguan sebanyak mungkin seperti gangguan dari ponsel, Youtube, game dan sebagainya. Fokuslah pada satu pekerjaan tanpa gangguan apa pun selama 45 – 50 menit dan Anda pun akan terkejut betapa jauh lebih efektif daripada beberapa jam mencoba untuk melakukan banyak hal sekaligus. 

 

Happy trading!


Artikel Terkait