SEMUA ARTIKEL

SEMUA ARTIKEL

MAU JADI TRADER SUKSES? HINDARI RACUN SATU INI!

Story by : Danuh Nuraga
Category at: TIPS & TRICK TRADING
Published : January 13, 2020
Dilihat: 2791 kali

Danuh Nuraga adalah Konsultan Perdagangan di Pasar Keuangan yang membantu Trader dan Investor profesional mendapatkan pengetahuan berharga dan strategi penting. Ia lulus dari California State University of Northridge di AS dan memperoleh gelar Bachelor of Science di bidang Manajemen Bisnis. Ia juga memiliki pengetahuan dalam dunia bisnis, namun memiliki pengetahuan yang sangat luas di bidang Penerbangan dan memiliki Lisensi Pilot..


zoom

Trader yang sukses tidak akan terlibat atau terikat terlalu dalam terhadap satu posisi pada satu instrumen. Banyak trader masuk posisi tanpa alasan yang jelas dan tidak sesuai dengan rencana tradingnya. Tidak demikian halnya pada trader sukses, mereka masuk posisi dengan alasan yang jelas, sesuai dengan seluruh kriteria yang ada dalam rencana trading dan fokus pada keseluruhan rencana dan bukan hanya pada hasil posisi yang ada. Walaupun sebagian besar trader sudah mengetahui poin penting yang menentukan dalam keberhasilan trading, tapi sedikit dari mereka yang benar-benar mengaplikasikan apa yang telah di ketahui. Pelaksanaan inilah yang membedakan antara trader sukses dan gagal. Ya RACUN ITU ADALAH OVERTRADE!

Overtrade (berlebihan buka posisi)? Apakah kita semua pernah melakukannya? Saya pikir..ya. Berlebihan dalam membuka posisi sangat berpotensi untuk menghancurkan akun kita. Dalam keadaan sadar kita akan sangat menyukai aktifitas "membuka posisi", apalagi yang terus menerus menghasilkan profit.

Tanpa terasa, keasyikan terjerembab dalam keadaan sadar ini berubah menjadi tak sadar. Yang kita sadari hanya kenyataan bahwa kita telah berlebihan dalam membuka posisi. Selanjutnya, bagaimana seorang trader harus bersikap? Bagaimana gangguan "hantu gentayangan" overtrade ini, dapat diusir dari benak anda? Apakah ada cara yang bisa digunakan untuk menghindar dari jebakan overtrade? menghindari jebakan overtrade

Segeralah membuat trading plan (rencana bertransaksi). Kenapa harus membuat trading plan sebagai solusinya? Dengan trading plan, kondisi overtrade dapat dihindari. Di dalam trading plan terkandung, paling tidak, gambaran tentang kapan harus open posisi dan kapan harus tutup posisi (baik dalam keadaan profit ataupun loss). Trading plan juga digunakan untuk “rem” agar laju open posisi anda terbatasi Jika masih bertanya-tanya, dibawah ini saya sajikan konsep trading plan yang akan mencegah anda terperosok dalam lubang overtrade.

1. Tetapkan Jumlah Transaksi (Suatu Periode)

Banyak trader mempunyai kebiasaan untuk melakukan sebanyak-banyaknya open posisi dengan anggapan kebiasaan itu akan menghasilkan lebih banyak profit. Ketahuilah bahwa itu hanya sebuah mitos. Coba bayangkan anda hanya open posisi terhadap suatu trade dengan 2 kali sehari dan masing masing trade dengan 50 lot + akun standar + hanya 5 pip? Hitung totalnya dalam setahun..apakah jumlah tersebut masih kurang memuaskan? Atau malah anda berpikir itu terlalu besar untuk selevel anda? Silakan saja kecilkan lotnya. Jadi berapa kali anda harus open posisi dalam sehari? Kebanyakan trader menggunakan kebiasaan 2-4 kali sebagai jumlah yang wajar dan layak untuk membuka posisi. Pikirkan saja kualitas sinyal yang akan anda manfaatkan untuk open posisi dan bukannya memanfaatkan sebanyak-banyaknya sinyal yang muncul dalam sehari.

2. Selalu Dalam Ending yang Positif (Profit)

Jika dalam sekali periode (katakanlah sehari) anda telah merencanakan untuk membuka posisi 3 kali. Anda sudah menjalankan 2 kali open posisi dan mendapatkan untung $10 untuk masing-masing posisi. Jadi total anda mendapatkan $20. Karena trading plan anda sudah menggambarkan untuk 3 kali open posisi maka anda segera mencari kesempatan lagi di sinyal yang lain, namun ternyata kali ini anda mengalami loss $30. Anda mendapatkan 1 kali peluang untuk open posisi dan anda mendapatkan keuntungan $20. Maka total profit yang telah anda dapatkan dari ke-4 open posisi ini “hanya” $10. Mungkin anda hanya menganggap ini sebuah gurauan saja, masak sih dengan open 4 posisi hanya dapatkan sekian saja. Coba anda kembali ke logika di no 1. Anda tinggal tambahkan saja nilai lot per posisinya saja maka anda segera melihat hasil yang anda idam-idamkan bukan?

3. Siapkan Rencana Keluar dari Keadaan Buruk

Pergerakan pasar adalah hal yang mustahil untuk dipastikan arahnya. Ada kalanya hari anda benar-benar jauh dari harapan yang telah anda rencanakan. Hampir keseluruhan posisi anda berada dalam kondisi loss. Disini saya memcoba memberikan tips agar kondisi akun anda tetap dalam keadaan positif. Salah satu nya dengan menggunakan % dari nilai akun anda. Entah 2% atau 5%. Tetaplah jaga akun tersebut dalam keadaan positif. Atau anda bisa juga menggunakan akumulasi sinyal paling valid dari system anda yang “terpatahkan” oleh pergerakan pasar. Misal anda mendapatkan maksimal 3 kali sinyal paling valid dari system yang gagal maka anda akan berhenti open posisi hari itu.

Kata kunci yang ingin dicapai disini adalah keuntungan yang konsisten. Trader hanya perlu tetapkan kedisiplinan yang kuat dalam mengikuti trading plan sehingga kondisi overtrade yang akan mengarahkan anda pada ketidak konsistenan profit bisa dihindari.

RECOMMENDATION FROM EXPERT :

  • Trader sukses masuk posisi dengan alasan yang jelas, sesuai dengan seluruh kriteria yang ada dalam rencana trading.
  • Pastikan anda Mengatahuinya dengan BACA dan PAHAMI dalam artikel ini.
  • Share artikel ini ke temanmu dan DAPATKAN FREE KONSULTASI langsung dengan Saya untuk mengenal trading lebih detail.
  • CALL atau whatsapp dan cari HADI J silahkan hubungi di SINI

Artikel Terkait