PSIKOLOGI TRADING

PSIKOLOGI TRADING

25 Tips Ala Douglas Zalesky Dalam Menjaga Disiplin Trading

Story by : Danuh Nuraga
Category at: Psikologi
Published : September 14, 2023
Dilihat: 538 kali

Danuh Nuraga adalah Konsultan Perdagangan di Pasar Keuangan yang membantu Trader dan Investor profesional mendapatkan pengetahuan berharga dan strategi penting. Ia lulus dari California State University of Northridge di AS dan memperoleh gelar Bachelor of Science di bidang Manajemen Bisnis. Ia juga memiliki pengetahuan dalam dunia bisnis, namun memiliki pengetahuan yang sangat luas di bidang Penerbangan dan memiliki Lisensi Pilot..


zoom

Sumber: Freepik

Namun memang perlu diakui bahwa untuk bisa berperilaku disiplin, memerlukan pengkondisikan dan pembiasaan setiap hari. Seorang trader saham sukses bernama Douglas Zalesky mengatakan bahwa, kedisiplinan merupakan bagian dari menghormati pasar. Itu berarti, dengan memiliki kedisiplinan diri ketika trading, Anda akan menjadi tidak serakah dan bisa merasa puas pada apa yang sudah pasar berikan. Selain itu, kedisiplinan juga membuat Anda menjadi lebih mudah dan cepat memutuskan untuk cut loss, kemudian fokus ke posisi trading selanjutnya.

 

Disiplin Sama Dengan Meningkatkan Keuntungan

Zalesky mengatakan bahwa disiplin trading akan menambahkan uang lebih banyak ke dalam kantong, serta mengurangi arus keluar uang Anda. Salah satu kebenaran tetap di pasar keuangan adalah disiplin sama dengan meningkatkan keuntungan.

Ibarat orang yang klaim telah berhenti merokok, namun terkadang ia masih sesekali merokok, maka tidak bisa dikatakan bahwa dia benar-benar sudah berhenti merokok. Sama seperti trading, jika seorang trader hanya disiplin trading 9 dari 10 kali transaksi, maka ia tidak bisa dikatakan sudah benar-benar disiplin trading.

 

Kedisiplinan trading harus diterapkan dalam setiap transaksi

Menerapkan disiplin trading pada tiap transaksi, hal ini bisa mengurangi kerugian Anda dari posisi trading yang buruk.

 

Setiap dua kali kekalahan beruntun, ingatlah untuk mengecilkan ukuran transaksi Anda

Seluruh trader sukses mengikuti aturan ini. Setiap dua kali kekalahan beruntun, ingatlah untuk mengecilkan ukuran transaksi Anda hingga mendapatkan kemenangan dua kali beruntun kembali. Setelah mendapatkan kemenangan dua kali beruntun, Anda baru boleh menggunakan ukuran lot awal.

 

Berharap mendapat profit besar akan membuat Anda seperti menunggu untuk kalah dengan membiarkan harga berbalik arah

Ini adalah aturan yang paling sering dilanggar oleh para trader. Ketika harga di pasar telah bergerak sesuai dengan posisi terbuka Anda, buanglah perasaan tidak puas akan jumlah profit yang kecil. Berharap mendapat profit besar akan membuat Anda seperti menunggu untuk kalah dengan membiarkan harga berbalik arah.

Ingatlah bahwa Anda bisa menghasilkan lebih banyak dari transaksi berikutnya sepanjang sesi perdagangan. Jangan pernah membiarkan satu transaksi buruk menghancurkan seluruh keuntungan yang sudah diraih. Anda akan selalu bisa menemukan peluang profit di pasar sepanjang waktu, maka jangan pernah serakah.

 

Simpan seluruh catatan transaksi Anda di sepanjang sesi

Hal ini berguna sebagai pengingat seberapa besar keuntungan yang sudah didapatkan sepanjang sesi, sehingga bisa menjadi patokan bagi Anda ketika hendak cut loss tidak melebihi besar keuntungan tersebut.

 

Jangan mudah berganti metode trading

Tuliskan seluruh syarat dari teknik atau strategi trading Anda, kemudian cobalah untuk menguasai atau bahkan mengembangkannya. Dengan memiliki seperangkat teknik atau strategi trading yang jelas, Anda akan menjadi lebih siap untuk menghadapi volatilitas pasar. Selain itu, jangan mudah berganti metode trading, sebab itu merupakan salah satu bentuk ketidakdisiplinan trading.

 

Jangan pernah terpengaruh dengan cara ataupun hasil profit orang lain

Lakukan transaksi sesuai dengan kenyamananmu, jangan pernah terpengaruh dengan cara ataupun hasil profit orang lain. Setiap trader memiliki kemampuan dan cara trading masing-masing, maka trading dengan melihat hasil profit trader lain hanya akan membawa petaka bagi psikologi trading Anda.

 

Tentukan batas maksimal kerugian per hari

Douglas Zalesky selalu mengingatkan murid-muridnya untuk jangan pernah over trading. Perasaan terburuk yang kerap dialami para trader adalah keinginan untuk tetap trading, namun equity akunnya tidak mencukupi. Maka, yang harus Anda lakukan adalah tentukan batas maksimal kerugian per hari. Jangan pernah menempatkan diri Anda di posisi yang dapat membahayakan seluruh modal trading. Jika Anda telah mencapai batas maksimal kerugian, segera tinggalkan pasar dan kembalilah di esok hari.

Memiliki modal besar bukan berarti Anda dibenarkan untuk trading menggunakan ukuran lot yang besar juga. Jika transaksi dengan 0.1 lot saja belum bisa menghasilkan profit yang konsisten, lalu apa alasan Anda harus bertransaksi menggunakan 1 lot?

 

Cobalah bertransaksi menggunakan ukuran lot yang kecil

Cobalah bertransaksi menggunakan ukuran lot yang kecil dulu hingga bisa menghasilkan 10 profit beruntun, setelah itu baru coba naikkan ukuran lot Anda. Meski demikian, tetaplah ingat dengan aturan nomor 3 juga.

Anda bukanlah trader gagal hanya karena pernah mengalami kerugian dalam bertransaksi. Namun, ketika Anda tidak segera cut loss saat menyadari posisi trading tersebut buruk, itulah awal mula kegagalan Anda sebagai seorang trader.

 

Ketika Anda merasa bahwa posisi terbuka itu adalah keputusan yang salah, maka bisa jadi perasaan itu benar

Perlu diingat bahwa tidak ada satu indikator trading yang memiliki tingkat akurasi 100 persen. Menurut Zalesky, ketika Anda merasa bahwa posisi terbuka itu adalah keputusan yang salah, maka bisa jadi perasaan itu benar untuk segera menutup posisi tersebut dan fokus pada transaksi berikutnya.

 

Tegas untuk memutuskan cut loss

Ketika Anda bisa tegas untuk memutuskan cut loss dan tidak menyesalinya, maka Anda sudah siap untuk masuk kembali ke pasar dengan posisi yang baru. Ketegasan seperti itu termasuk dalam kedisiplinan dalam trading.

 

Pergerakan harga di pasar tidak dapat dipengaruhi oleh harapan dan doa Anda

Ini bukan berarti menyarankan Anda untuk tidak menjadi manusia yang religius, namun lebih pada untuk mengingatkan kembali bahwa pergerakan harga di pasar tidak dapat dipengaruhi oleh harapan dan doa Anda. Mengapa? Sebab di luar sana juga masih banyak trader yang memiliki posisi berlawan dengan Anda. Bayangkan bila harga pasar bisa dipengaruhi kedua hal itu dan semua trader dari dua posisi berlawanan melakukannya secara bersamaan.

 

Pemberitaan media massa tidak bisa dijadikan acuan untuk memahami kondisi pasar

Douglas Zalesky sering mempertanyakan manfaat dari membaca dan mendengarkan berita sepanjang hari dari media massa, seperti CNBC, MSN, Bloomberg, dan lain-lain. Baginya, pemberitaan media massa tersebut tidak bisa dijadikan acuan untuk memahami kondisi pasar.

Alasannya sederhana, karena sebelum berita tersebut diolah dan sampai kepada Anda, para pelaku pasar besar telah mendapatkan berita itu terlebih dulu serta membuat pergerakan di pasar, bahkan sebelum Anda menyadarinya. Jadi, pemberitaan yang dirilis oleh media massa mainstream bisa dianggap hanya sebagai masa lalu.

 

Menjadi seorang scalper bisa jauh lebih menguntungkan dan konsisten dibandingkan menjadi spekulator

Selama 20 tahun berpengalaman di dunia trading, Douglas Zalesky mengklaim tidak pernah menemukan spekulan yang bisa profit besar secara konsisten. Baginya, menjadi seorang scalper bisa jauh lebih menguntungkan dan konsisten dibandingkan menjadi spekulator.

 

Mudah menerima kerugian ketika trading

Ini adalah aturan Douglas Zalesky yang paling kontroversial dan sering dipertanyakan oleh para trader. Alasan mengapa Zalesky memiliki aturan ini adalah agar para trader dapat lebih mudah menerima kerugiannya ketika trading. Baginya, menyukai kerugian dapat membuat Anda lebih tegas dan cepat bertindak ketika salah buka posisi trading.

 

Pergerakan harga yang stagnan harus dihindari

Aturan ini berkaitan dengan teori capital flow atau aliran modal. Seperti yang kita ketahui bahwa pergerakan harga di pasar disebabkan oleh adanya ketidakseimbangan antara supply dan demand. Namun, ketika supply dan demand tersebut seimbang, maka harga di pasar cenderung akan stagnan. Pergerakan harga yang stagnan harus Anda hindari, sebab hanya akan membuang-buang waktu, tenaga, dan psikologis.

 

Kerugian dalam jumlah besar dapat membalikkan keadaan Anda dari menang menjadi kalah total

Jika Anda telah mengikuti salah satu aturan dari nomor 5, 8, 10, 11, dan 15, tentu aturan ini juga akan dapat Anda ikuti. Bagaimanapun, kerugian dalam jumlah besar dapat membalikkan keadaan Anda dari menang menjadi kalah total. Selain menghabiskan seluruh keuntungan kecil-kecilan sebelumnya, kerugian dalam jumlah besar juga bisa mengganggu psikologis dan emosi Anda.

 

Dengan target profit yang kecil, seorang trader tentu akan lebih mudah meraihnya secara konsisten

Zalesky bercerita, ia dilatih oleh David Goldberg untuk bisa menghasilkan $312.50 setiap hari dalam setahun. Mungkin target tersebut sangat kecil bagi sebagian trader bermodal besar, namun apabila diakumulasikan selama tahun, Douglas Zalesky bisa menghasilkan $72,500 dalam setahun. Cukup besar bukan?

 

Fokus pada profit kecil yang konsisten

Aturan ini bagus untuk diterapkan sebagai pola pikir. Dengan menganggap bahwa profit besar yang didapatkan hanyalah suatu keberuntungan, Anda bisa lebih fokus pada profit kecil yang konsisten. Ingat, Anda bukanlah penggerak harga di pasar. Jadi, kalau ada trader yang mendapatkan profit dalam jumlah besar, itu bukan karena kemampuan trading mereka, melainkan keberuntungan.

Salah satu hal yang paling susah untuk diterapkan dalam disiplin trading adalah membangun kepercayaan diri dan mengontrol ego. Seperti yang sudah dituliskan di atas, bahwa tidak ada indikator yang bisa memberikan sinyal 100 persen benar, sehingga teknik atau strategi trading yang dipakai pun tidak mungkin selalu memberikan profit, pasti ada kalanya Anda merugi.

 

Meski Anda merugi dalam satu hari ini, tetaplah percaya diri

Tetap kontrol ego Anda untuk tidak trading dengan teknik atau strategi yang berubah-ubah. Ingatlah aturan nomor 18 dan 19. Dalam dunia usaha atau bisnis, tentu seorang pengusaha ingin untuk bisa mengembangkan bisnisnya. Nah, untuk bisa mengembangkan usahannya, yang bisa dilakukan oleh para pengusaha adalah meningkatkan persentase keuntungannya sembari mempertahankan persentase pengeluarannya.

 

Untuk dapat mengembangkan akun trading, Anda harus bisa meningkatkan persentase keuntungan

Sama halnya dengan trading, untuk dapat mengembangkan akun trading, Anda harus bisa meningkatkan persentase keuntungan (ingat juga tentang aturan ukuran lot), sambil mempertahankan persentase kerugian. Jika bisa melakukan hal itu, niscaya saldo akun trading Anda dapat berkembang menjadi besar.

 

Douglas Zalesky mengaku bahwa dalam 20 tahun karir sebagai trader, ia mengeksekusi posisi tradingnya dengan metode yang sama

Zalesky tidak pernah sedikitpun mengganti atau mengubah gaya tradingnya. Silahkan lihat kembali aturan nomor 6 dan 20. Bagi Douglas Zalesky, analisa yang berlebihan hanya akan membuat Anda menjadi seorang analis saja, bukan trader. Bagaimanapun, seorang trader hanya akan mendapat keuntungan dari eksekusi transaksi yang dilakukan, bukan analisanya. Ketika Anda menganalisis pasar secara berlebihan, hal yang kerap dilakukan adalah menunda-nunda eksekusi trading.

 

Menggunakan banyak indikator bisa menyebabkan Anda menganalisis pasar berlebihan

Oleh karena itu, jangan menggunakan banyak indikator yang bisa menyebabkan Anda menganalisis pasar berlebihan, sehingga tidak mengeksekusi posisi trading karena selalu meragukannya. Masuklah ke pasar dengan analisis sederhana, bila posisi tersebut salah, segera keluar.

 

Hari yang sama, titik yang sama

Kita semua memulai di hari yang sama, di titik mulai yang sama pula. Begitu sesi perdagangan dimulai, pasar tidak akan peduli dengan Anda.

 

Pasar bergerak sesuai dengan kemauannya sendiri

Ingat, pasar bergerak sesuai dengan kemauannya sendiri. Jika Anda tidak mau mengikuti arah pergerakan pasar, maka bersiaplah untuk kalah. Menghormati pasar berarti Anda harus mengikuti arah pergerakan tren atau trading selaras dengan pasar.

Dari ke-25 aturan Douglas Zalesky disiplin trading di atas, ada beberapa hal yang perlu Anda perhatikan dan lakukan. Pertama, tentukan dan setialah pada strategi trading awal, mulai dari ukuran lot, cara analisa, dan batasan target profit maupun kerugian. Kedua, konsisten meningkatkan keuntungan secara bertahap dan menjaga rekor kerugian di bawah profit. Ketiga, jangan mudah terpengaruh oleh keadaan. Keempat, hormati pasar.

Zalesky juga mengatakan, Anda bisa belajar disiplin trading dengan membaca dan menghafalkan ke-25 aturannya di atas sebelum memulai aktivitas trading. Itulah yang kerap ia dan murid-muridnya lakukan di pagi hari.

 

RECOMMENDATION FROM EXPERT :

- Pastikan anda Mengetahuinya dengan BACA dan PAHAMI dalam artikel ini.
- Share artikel ini ke temanmu dan DAPATKAN FREE KONSULTASI langsung dengan
  Saya untuk mengenal trading lebih detail.
- Untuk pembelajaran lebih intensif dan lebih dalam, silahkan
  ke Sekolah Forex Gatis
- CALL atau whatsapp dan cari DANUH silahkan hubungi di SINI

 


Artikel Terkait