PSIKOLOGI TRADING

PSIKOLOGI TRADING

Belajar Psikologi Trading dari Buku Psychology of Money

Story by : Hadi J
Category at: Psikologi
Published : August 10, 2023
Dilihat: 249 kali

Hadi adalah penasihat perdagangan di pasar berjangka sebagai pedagang valas dan komoditas. Sebagai seorang trader scalper, Dia menggunakan strategi Trendline dan Indikator Aligator untuk trading. Dia akan membantu Anda mempelajari cara menghasilkan uang dari 'zero' menjadi 'hero'.


zoom

Mempelajari psikologi trading berrarti mempelajari dasar psikologi finansial atau psikologi uang itu sendiri. Nah, permasalahnya saya beru menenmukan beberapa literatur yang membahas lebih dalam mengenai hubungan psikologi manusia dan uang. 

Literatur paling populer yang membahas mengenai psikologi manusia terkait penggunaan uang itu yaitu buku Psikologi of Money karya Morgan Hausel. Buku ini sangat populer. Beberapa influencer juga membahasanya di social media mereka. kamu bisa menemukan buku ini di toko buku gramedia maupun toko buku online. Seperti apa sebenarnya isi buku Psikologi of Money?

Dalam artikel ini, saya  akan membahas buku "Psychology of Money" yang tidak hanya memberikan wawasan mendalam tentang psikologi uang, tetapi juga bagaimana hal ini berkaitan dengan aktivitas trading. Jika kamu ingin memahami bagaimana pola pikir memengaruhi keputusan tradingmu, mari kita simak ulasannya.

Sekilas Buku "Psychology of Money"

Ditulis oleh Morgan Housel, buku ini membuka jendela ke dalam kisah-kisah dan pemikiran unik tentang bagaimana manusia berhubungan dengan uang. Housel, seorang penulis berpengalaman dalam bidang keuangan, membahas aspek kompleks dari psikologi yang mempengaruhi setiap keputusan finansial yang kita buat. Namun, buku ini tidak hanya bercerita tentang uang itu sendiri, melainkan juga bagaimana persepsi kita terhadap uang mempengaruhi trading dan investasi.

Menghubungkan Dengan Aktivitas Trading Salah satu hal yang membuat "Psychology of Money" begitu relevan dengan aktivitas trading adalah karena banyaknya kesamaan antara pengelolaan keuangan pribadi dan trading. Psikologi yang terlibat dalam pengambilan keputusan finansial yang bijak juga berlaku dalam trading. Ketika kita memahami pola pikir yang memengaruhi keputusan kita tentang uang, kita juga akan memahami pola pikir yang memengaruhi keputusan trading.

1. Perjalanan Menjelajahi Psikologi Uang

Buku ini membawa pembaca pada perjalanan melalui kisah nyata dan pengalaman orang-orang dalam meraih kekayaan, mengalami kerugian, dan menjalani perjalanan finansial mereka. Melalui narasi yang ramah dan menyentuh hati, Housel mengungkapkan bagaimana persepsi dan emosi kita memainkan peran besar dalam pengelolaan uang. Ia menggali konsep tentang mengapa manusia cenderung mengambil risiko, mengapa kita sering kali tergoda oleh imbal hasil yang cepat, dan mengapa penting untuk memahami bahwa uang tidak hanya tentang angka, tetapi juga tentang makna pribadi.

2. Belajar Dari Kesalahan dan Keberhasilan

Buku ini menunjukkan bahwa kita semua rentan terhadap kesalahan dalam mengelola uang, tetapi melalui pemahaman yang lebih baik tentang faktor-faktor psikologis yang mempengaruhi keputusan finansial kita, kita dapat menghindari jebakan yang sering kali menghambat pertumbuhan finansial kita. Dari kesalahan dan keberhasilan orang lain, kita dapat belajar tentang pola pikir yang lebih bijak dalam menghadapi tantangan keuangan.

3. Menghubungkan Dengan Kehidupan Nyata

Salah satu kekuatan buku ini adalah kemampuannya untuk menghubungkan konsep-konsep yang kompleks dengan situasi nyata. Hal ini membuat pembaca merasa terhubung dan mampu menerapkan wawasan yang diberikan oleh penulis dalam kehidupan sehari-hari. Buku ini mengingatkan kita bahwa setiap keputusan finansial memiliki akar psikologis yang dalam, dan dengan memahaminya, kita dapat membuat keputusan yang lebih cerdas dan bijak.

Hubungan Buku Psikologi of Money dengan Trading

Buku ini menyoroti pentingnya pengendalian emosi dalam trading. Housel membahas bagaimana keserakahan, ketakutan, dan emosi-emosi lainnya dapat memengaruhi keputusan trading kita. Jika tidak diatur dengan baik, emosi ini dapat mengganggu strategi trading yang rasional dan berdampak negatif pada hasil trading kita. Oleh karena itu, buku ini menekankan pentingnya mengembangkan disiplin diri dan mengelola emosi dalam setiap langkah trading.

1. Belajar Dari Kesalahan

Buku ini juga menunjukkan bahwa kesalahan dalam pengambilan keputusan finansial adalah hal yang manusiawi. Sama halnya dalam trading, kesalahan bisa menjadi guru yang berharga. Setiap keputusan yang salah atau kerugian dalam trading bisa menjadi pelajaran berharga untuk masa depan. Melalui pemahaman mendalam tentang psikologi uang, kita dapat belajar untuk mengenali pola pikir yang mendorong kesalahan tersebut dan menghindarinya.

2. Mengoptimalkan Hasil Trading

Buku ini mengajarkan kita untuk mengenali dan memahami pola pikir yang dapat menghambat hasil trading kita. Dengan menyelami psikologi uang, kita dapat mengatasi kendala psikologis yang sering kali menghalangi kita dalam mengambil keputusan trading yang tepat. Dengan mengembangkan pemahaman yang lebih dalam tentang bagaimana cara pikir yang benar memengaruhi hasil trading, kita dapat mengoptimalkan keuntungan dalam jangka panjang.

Kesimpulan:

Buku yang Mengubah Paradigma "Psychology of Money" adalah bacaan yang dapat mengubah paradigma tentang hubungan antara psikologi uang dan trading. Dengan memahami bagaimana pola pikir memengaruhi setiap keputusan trading, kita dapat mengambil langkah yang lebih bijak dan rasional. Jika kamu ingin meningkatkan hasil trading dan mengatasi hambatan emosional dalam tradingmu, buku ini adalah sumber wawasan yang tak ternilai.

Dengan membaca buku ini, kamu akan memahami bahwa trading bukan hanya tentang angka-angka dan grafik, tetapi juga tentang bagaimana kita merespons pergerakan pasar dengan pikiran yang tenang dan bijak. Dapatkan buku ini dan buka jendela baru menuju kesuksesan dalam trading.

Untuk informasi lebih lanjut tentang psikologi trading, manajemen risiko, dan tips-tips lainnya, kunjungi situs web kami. Selamat belajar dan semoga sukses dalam tradingmu!


Artikel Terkait