PSIKOLOGI TRADING

PSIKOLOGI TRADING

MUSUH TERBESAR ANDA DALAM TRADING ADALAH….

Story by : Danuh Nuraga
Category at: Psikologi
Published : January 10, 2020
Dilihat: 2548 kali

Danuh Nuraga adalah Konsultan Perdagangan di Pasar Keuangan yang membantu Trader dan Investor profesional mendapatkan pengetahuan berharga dan strategi penting. Ia lulus dari California State University of Northridge di AS dan memperoleh gelar Bachelor of Science di bidang Manajemen Bisnis. Ia juga memiliki pengetahuan dalam dunia bisnis, namun memiliki pengetahuan yang sangat luas di bidang Penerbangan dan memiliki Lisensi Pilot..


zoom

Trading ibarat seni, kita juga harus terampil dalam memanage segala hal di dalamnya mulai dari teknik, komponen, resiko hingga aktivitas trading. Ingat, sehebat apapun teknik yang digunakan, namun yang menjalankan transaksi tetaplah manusia, yang sangat dipengaruhi oleh EMOSI dan yang paling penting adalah anda harus sadar, jika sebetulnya musuh utama seorang trader adalah DIRI SENDIRI.

Sering kali, ketika kita open posisi, melihat harga bergerak, dan ternyata kita berada dalam posisi yang benar, pada waktu itu profit yang akan kita peroleh cukup banyak. Namun, kita mengharap lebih dari yang kita dapatkan, sehingga tidak meng-close posisi. Kita berharap terus bergerak sesuai dengan keinginan kita, tiba-tiba harga bergerak reversal dan menyebabkan posisi kita yang semula beruntung menjadi merugi.

Emosi seorang trader sering kali dimainkan oleh rasa takut dan serakah diri trader itu sendiri, yang pada akhirnya seorang trader tersebut tidak dapat membuat sebuah keputusan trading yang objektif dan menjadi cenderung subjektif, misalkan ketika sudah floating profit banyak ia tidak mau segera merealisasikan keuntungannya dan beberapa saat kemudian keuntungan tersebut malah berkurang karena harga reversal (berbalik arah) dan ketika di posisi floating loss trader tersebut terus menahan dengan harapan harga akan berbalik dan kenyataannya harga malah makin turun tajam yang mendekatkannya pada Margin Call. Bagi sebagian trader berfikir mereka mendapatkan “formula emas” yang cukup dipelajari beberapa menit dan dapat membuat mereka menjadi jutawan dalam sekejap. Padahal itu semua tidak akan ada artinya jika anda tidak melawan diri anda sendiri, karena sesungguhnya musuh terbesar dalam trading adalah diri sendiri. Terkadang anda memang harus memperhatikan cara untuk mengendalikan diri saat trading. Biasakan diri untuk tidak fokus pada profit saja, melaikan management keuangan dalam strategi anda.

Lalu Bagaimana cara Menghindari Musuh Kita dalam Trading? Yuk Simak

Anda Harus Punya Strategi

Inti dari strategi adalah menyusun kekuatan dan perencanaan yang sudah terlintas dalam diri sendiri. Untuk bisa melawan musuh yang kuat, Anda tidak bisa mengerahkan seluruh pasukan untuk membumi hanguskan kerajaan. Namun melalui strategi yang terdiri dari kapan Anda harus menyerang (open position), dari mana penyerangan dimulai (buy or sell), lalu kapan harus menambah pasukan untuk membantu pertempuran (Average, Switch, atau Martingal). Hal ini juga tidak berhenti di situ. Bagaimana jika Anda mengalami kekalahan? Anda tetap tidak bisa menambah pasukan jika musuh lebih kuat. Anda akan terpaksa mundur dan mempertahankan diri di belakang pertandingan (cut loss). Bila strategi yang Anda berikan tepat, maka akan lebih mudah menaklukkan daerah musuh (take profit).

Ada pengalaman

Pernah ada pepatah yang mengatakan pengalaman adalah guru terbaik. Karena itu, banyak pelajaran yang dapat dipetik dari pengalaman seseorang, tidak terkecuali dalam dunia trading yang sedang anda rasakan sekarang, baik baru maupun sudah mempunyai history sebelumnya.

Percuma saja Anda membuat strategi tapi pengalaman di lapangan nol. Anda menyusun pertempuran tapi cara bertempur itu sendiri Anda tidak tahu. Sangat lucu jika Anda sedang ber-trading tapi tak tahu market itu seperti apa, indikator yang Anda gunakan memiliki kelemahan di mana, serta berapa persen kira-kira market masih kuat untuk meneruskan trend. Semua itu harus dipahami oleh trader. Jika Anda menginginkan pertempuran yang hebat, maka dibutuhkan latihan yang kuat. Jangan setengah-setengah dalam latihan.Latih terus analisa anda di akun demo dan berlatihlah terus. Jangan ada rasa pindah haluan ke riil bila di trading demo saja Anda masih sering gagal.

RECOMMENDATION FROM EXPERT:

  • Diharapkan artikel ini dapat membuat anda tersadar jika MUSUH TERBESAR DALAM TRADING ADALAH ANDA SENDIRI. Keep Spirit Up! 
  • So, pastikan anda Mengatahuinya dengan BACA dan PAHAMI dalam artikel ini.
  • Share artikel ini ke temanmu dan DAPATKAN FREE KONSULTASI langsung dengan Saya untuk mengenal trading lebih detail.
  • CALL atau WHATSAPP dan cari HADI silahkan hubungi di SINI

Artikel Terkait