TIPS & TRICK TRADING

TIPS & TRICK TRADING

5 Tips Trading Saham untuk Pemula di Tahun 2023

Story by : Hadi J
Category at: TIPS & TRICK TRADING
Published : December 19, 2022
Dilihat: 269 kali

Hadi adalah penasihat perdagangan di pasar berjangka sebagai pedagang valas dan komoditas. Sebagai seorang trader scalper, Dia menggunakan strategi Trendline dan Indikator Aligator untuk trading. Dia akan membantu Anda mempelajari cara menghasilkan uang dari 'zero' menjadi 'hero'.


zoom

5 tips trading saham untuk pemula di tahun 2023. Beberapa pakar memprediksi tahun 2023 sebagai tahun yang suram karena di hantui oleh ancaman resesi.

Para trader saham juga dilanda kecemasan. Apalagi untuk pera pemula yang baru mau nyemplung trading saham di tahun 2023 ini.

Lalu bagaimana cara menghadapi trading saham di tahun 2023 ini? Saya punya 5  tips sederhana buat kamu.

5 Tips trading saham di tahun 2023

Dibalik ancaman resesi atau krisis ekonomi, selalu ada peluang. Nah, kamu bisa memanfaatkan peluang sekecil apapun.

Perlu kamu ketahui, ketika pasar sedang merosot, harga-harga saham ikut terpangkas. Momen inilah yang seringkali dimanfaatkan masyarakat untuk membeli saham. Berikut ini 5 tips trading saham untuk pemula di tahun 2023,.

1. Tips pertama: pelajari prinsip dasar berinvestasi

Tips trading pertama. Menurut kamu apa saja prinsip dasar investasi? Sederhanya, peluang selalu diikuti resiko. Jadi semakin besar peluang, semakin besar pula resikonya.

Ada istilah ‘High Risk, High Return’. Prinsip dasar ini berlaku di semua instrumen investasi. Mulai dari deposito, reksadana, saham, forex, dan lain sebagainya. 

Terutama trading. Resiko trading sangatlah tinggi, meskipun peluang cuannya juga tinggi.  Oleh karena itu, cobalah berinvestasi yang sesuai profil resiko kamu. Apakah kamu termasuk tipe konservatif, agresif, atau moderat?

2. Tips kedua: gunakan dana khusus investasi

Tips investasi berikutnya ‘hanya gunakan uang dingin atau uang khusus untuk investasi’. Jangan gunakan dana pinjaman atau dana dari pos kebutuhan lainnya.

Ada beberapa kasus, gara-gara tergiur dengan keuntungan investasi, seseorang sampai rela membuka pinjaman. 

Misalnya kamu diajak patungan modal bersama temanmu sebesar 5 juta dengan imbal hasil 10%-15% selama 1 bulan. Sementara Kamu tidak punya uang nganggur, tapi kamu tertarik berinvestasi. 

Hasilnya kamu gadain emas, ke pegadaian. Meskipun biaya gadai murah, tapi kamu tidak boleh mengambil tindakan seperti ini. 

Coba bayangkan, bagaimana jika pengembalian imbal hasil dari temanmu molor. Alhasil, kamu membayar biaya pegadaian lebih besar kan dari nilai imbal hasil.

3. Tips ketiga: belajar analisa fundamental dan teknikal

Tingkatkan kemampuan kritikal thingking atau berpikir kritis. Pelajari analisa fundamental dan analisa teknikal. Analisis fundamental dan teknikal merupakan pengetahuan dasar bagi seorang trading. 

Analisis fundamental yaitu metode untuk menganalisa kondisi keuangan emiten, biasanya dilihat dari laporan neraca, rasio-rasio penting, dan lainnya. Sedangkan untuk analisis teknikal lebih fokus ke analisis pergerakan harga saham dengan sejumlah indikator.

Seorang trader wajib memiliki kemampuan analisa agar bisa memprediksi arah pergerakan saham. 

4. Tips keempat: abaikan saran tidak jelas 

Tips trading keempat yaitu: mengabaikan rekomendasi tidak jelas. 

Pernah lihat rekomendasi saham dari grup telegram? Pernah mendengar seorang publik figure merekomendasikan saham? Apapun bentuknya, jangan percaya rekomendasi seperti itu. 

Apakah kamu bisa memastikan kridibelitas grup telegram tersebut? Apakah kamu bisa memastikan tujuan publik figure tersebut membagikan rekomendasi saham? Mungkin saja tujuannya untuk pompom suatu saham.

Sebagai seorang trader, sebaiknya kamu jangan bergantung pada rekomendasi orang. Gunakan analisa kamu sendiri! 

5. Tips kelima: pelajari strategi trading

Tips trading terakhir, pelajari strategi trading saham. Trading saham menawarkan peluang mendapatkan cuan cukup besar.

Namun, trading saham bukan soal jual dan beli saham saja. Kamu perlu memperlajari bebereapa teknik atau strategi. Ada strategi yang menempatkan dana sekaligus di awal pada suatu saham. 

Strategi ini biasanya dilakukan oleh investor. Investor tersebut biasanya memiliki modal besar tetapi waktunya terbatas jika harus sering memantau pergerakan. Selain itu, strategi ini juga sangat berisiko jika diterapkan untuk trading.

Nah, kamu pelru eksplorasi sendiri strategi trading yang cocok. Memang kamu tidak bisa langsung menentukan strategi yang cocok. Perlu beberapa kali trial and error. 

Itulah 5 tips trading saham untuk pemula di tahun 2023 ini. Mau tips lainnya, pantau terus update artikel selanjutnya.


Artikel Terkait